Penyebab mobil distarter bunyi tek tek - OMBRO

Penyebab mobil distarter bunyi tek tek

Mobil distarter bunyi tek tek memang kerap kali dialami oleh para pengguna mobil. Kondisi ini umumnya terjadi setelah mobil diparkir cukup lama diparkiran. Namun tidak menutup kemungkinan masalah mobil distarter bunyi tek-tek ini bisa terjadi sesaat setelah mesin mobil dimatikan. Selain itu bunyi tek-tek saat distarter ini seringkali disertai dengan meredupnya lampu-lampu indikator di dashboard mobil.

Jika kunci kontak masih dalam posisi ON, lampu-lampu indikator ini masih terlihat terang seperti tidak ada masalah. Namun, ketika kunci kontak mulai diputar kearah ST (starter), mobil tidak bisa distarter dan hanya terdengar bunyi cetek-cetek. Saat ini, dinamo starter tidak berputar dengan semestinya disertai dengan lampu-lampu indikator yang redup.

mobil saat distarter bunyi tek tek

Pada contoh masalah starter bunyi tek tek yang lain, terkadang muncul juga bunyi krek saat mobil distarter. Lantas apa saja sih yang menjadi penyebab mobil distarter bunyi tek-tek ini? Simak informasi penyebab mobil distarter bunyi tek-tek dibawah ini..

1. Aki mobil tekor


Aki mobil tekor sering menjadi penyebab mobil distarter bunyi tek-tek. Aki tekor menandakan bahwa setrum di dalam aki sudah kurang atau habis sehingga tidak bisa digunakan untuk menggerakkan motor starter.

Untuk membuat motor starter bisa berputar dan tidak hanya bunyi tek-tek, dibutuhkan jumlah arus listrik yang besar, dan ini hanya bisa disediakan jika aki mobil dalam kondisi yang bagus.

Aki mobil yang bagus memiliki tegangan tidak kurang dari 12,6V. Anda dapat menggunakan Avometer digital untuk mengukur tegangan aki mobil.

mobil saat distarter bunyi tek tek 1

Jika tegangan aki mobil Anda kurang dari 12,6V dan saat distarter bunyi tek-tek, sebaiknya aki mobil perlu dicharge terlebih dahulu, atau lakukan jumper dengan aki mobil yang lainnya.

Setelah cas aki dilakukan ataupun dengan melakukan jumper aki ternyata mobil sudah bisa distarter dengan lancar, hal ini menandakan bahwa aki mobil memang sudah waktunya diganti atau ada masalah pada sistem pengisian aki di mobil anda. Ada baiknya anda membawanya ke bengkel mobil kepercayaan untuk mencegah mobil mogok sewaktu-waktu akibat aki mobil soak.

Baca juga :



2. Motor Starter Bermasalah


Hal berikutnya yang kerap membuat mobil distarter bunyi tek-tek adalah motor starter bermasalah. Untuk pemeriksaan motor starter sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli dan berpengalaman. Karena untuk melakukan pemeriksaan motor starter diperlukan pembongkaran dan pengetesan.

penyebab mobil distarter bunyi tek-tek 2


Berikut beberapa penyebab motor starter bermasalah sehingga mobil distarter bunyi tek-tek

A. Solenoid starter (magnetic switch) rusak;

Solenoid starter (magnetic switch) ini berfungsi untuk menggerakkan pinion gear agar terkait dengan ring gear sekaligus menjadi saklar untuk mengalirkan arus listrik yang besar pada kumparan medan (field coil) dan Kumparan armature.

Penyebab tidak berfungsinya solenoid starter ini ada dua, pertama akibat kumparan solenoid short (korslet), kedua, relay dan sikring dalam rangkaian listrik untuk solenoid starter ini putus dan short.

mobil saat distarter bunyi tek tek 3

Lakukan pemeriksaan hubungan pada kumparan solenoid, relay dan sekring dengan menggunakan avometer. Jika tidak ada hubungan (resistansi) dari kumparan solenoid, berarti solenoid dalam kondisi putus dan perlu diganti.

B. Carbon Brush motor starter habis;

Carbon Brush ini letaknya ada di dalam motor starter, berfungsi sebagai bantalan yang dapat mengalirkan arus listrik dari aki mobil ke komponen kumparan armature. Dengan begitu maka komponen armature bisa berputar akibat kerja elektromagnet di dalam motor starter.

Carbon brush yang habis akan membuat hantaran listrik dari aki menjadi tidak sempurna, bahkan bisa jadi arus listrik tersebut tidak bisa mengalir dan tertahan di carbon brush yang habis tersebut. Akibatnya tenaga putar yang dihasilkan menjadi lemah dan membuat motor starter bunyi cetek-cetek dan tidak dapat memutar mesin.

C. Kumparan medan (field coil) dan kumparan Armature terbakar;

Kumparan medan (field coil) dan kumparan armature yang terbakar merupakan salah satu penyebab motor starter bermasalah sehingga mobil saat distarter bunyi tek tek.

Jika ini yang terjadi, umumnya dilakukan penggantian motor starter secara utuh, menimbang harga komponen perbaikan (field coil dan armature) yang umumnya tidak jauh beda dengan harga motor starter Assy.


3. Kelistrikan Sistem Starter Bermasalah


Sistem starter pada mobil dirangkai dari beberapa komponen seperti kunci kontak, aki, sikring, relay, motor starter, dan lain-lain (baca info lengkapnya tentang fungsi sistem starter pada kendaraan)

penyebab mobil distarter bunyi tek tek 4

Dalam penggunaannya, kerap kali sambungan antara socket dan konektor yang menghubungkan masing-masing komponen terlepas atau terhalang oleh kotoran. Contohnya yang sering terjadi adalah pada socket terminal 50/ST di bagian magnetic switch yang sering lepas atau muncul kotoran dan kerak.

Akibatnya hantaran listrik antar komponen dalam sistem starter ini menjadi terganggu sehingga kerap membuat mobil saat distarter bunyi tek-tek.

Oleh karena itu, pemeriksaan terhadap sambungan masing-masing komponen perlu dilakukan dengan lebih teliti untuk memperkecil permasalahan mobil saat distarter bunyi tek-tek.
Daftar isi
    SHARE