Cara jumper aki mobil soak - OMBRO

Cara jumper aki mobil soak

Mobil mogok karena aki soak (tekor) kerap kali terjadi. Tidak hanya pada mobil lama, mobil-mobil yang tergolong baru pun bisa mengalami kejadian yang namanya aki soak. Penyebab aki soak ada banyak, selain faktor usia dan kelalaian pengemudi, sistem pengisian listrik di mobil yang kurang baik / bermasalah kerap menjadi faktor penyebab aki soak.

Ciri-ciri umum yang akan di temui ketika mobil mogok karena aki soak adalah mesin mobil tidak mau di starter, lampu-lampu indikator di dashboard mobil tampak redup dan kurang terang dibanding biasanya. Jika ini kondisi yang terjadi, langkah termudah agar mobil bisa di starter dan dihidupkan adalah dengan cara menjumper aki mobil Anda dengan aki mobil lainnya.

Anda bisa menggunakan aki mobil lepasan (tidak terpasang di kendaraan) dengan syarat kondisi voltase dan arusnya masih bagus dan normal, atau Anda bisa mencari pengemudi mobil lain yang bersedia di mintakan tolong untuk melakukan jumper aki dengan menggunakan aki mobil yang terpasang di mobilnya.

Cara jumper aki mobil soak

Selain itu, Anda juga perlu menyediakan kabel jumper aki (kabel jumper ini biasanya banyak di jual dipasaran, oleh karena itu disarankan untuk selalu menyediakan kabel jumper aki di bagasi mobil). Jika sudah siap, maka simak caranya menjumper aki mobil yang mogok di bawah ini.



Langkah-langkah dan cara jumper aki mobil


Tujuan jumper aki mobil adalah untuk "memancing" agar aki yang soak bisa bekerja kembali. Untuk menjumper aki mobil, Anda butuh aki lain yang menjadi "pendonor" bagi aki yang soak. Aki ini bisa berasal dari mobil lain atau menggunakan aki yang memang sedang tidak digunakan namun dalam kondisi baik. Perhatikan langkah-langkah dan cara jumper aki mobil yang benar pada penjelasan dibawah berikut.


1. Mempersiapkan peralatan jumper aki

Langkah pertama dari cara jumper aki mobil adalah dengan mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Jumper aki tidak membutuhkan banyak alat, cukup aki dan kabel jumper atau Anda bisa menggunakan aki dari mobil lain. Sebelum menjumper aki, pastikan aki yang digunakan masih dalam konndisi yang prima, baik tegangan dan arus listrik yang tersedia di aki tersebut.

Setelah aki siap, Anda juga perlu mempersiapkan kabel jumper aki. Gunakan kabel jumper yang cocok dan sesuai dengan aki mobil Anda.


2. Atur posisi mobil saling berdekatan

Dekatkan mobil Anda dengan lokasi aki yang akan digunakan untuk jumper sehingga kedua aki bisa saling terhubung dengan kabel jumper. Kemudian posisikan persneling pada posisi netral untuk mobil transmisi manual, dan posisi P (Park) untuk mobil matic.

Selain itu, matikan seluruh aksesoris kelistrikan di mobil seperti lampu-lampu, AC, head unit, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan rem tangan pada kedua mobil agar mobil tetap pada posisinya.


3. Hubungkan kedua aki mobil dengan kabel jumper

Setelah mobil berdekatan dan siap untuk jumper aki, maka langkah selanjutnya adalah dengan menghubungkan kedua aki mobil dengan kabel jumper. Untuk menghubungkan aki dengan kabel jumper, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati.

Pastikan Anda benar-benar memahami mana kutub aki positif dan mana kutub aki negatif. Jangan sampai salah atau masalah yang lebih rumit akan muncul.

Perlu diingat, kabel jumper warna merah, digunakan untuk bagian positif dan kabel jumper warna hitam digunakan untuk bagian negatif aki. Berikut urutan dan langkah cara memasang kabel jumper aki

  1. Hubungkan kabel positif (+) warna merah ke terminal positif (+) aki mobil yang mogok.
  2. Hubungkan kabel positif (+) warna merah ke terminal positif (+) aki mobil yang baik.
  3. Hubungkan kabel negatif (-) warna hitam ke terminal negatif (-) aki mobil yang baik.
  4. Hubungkan kabel negatif (-) warna hitam ke body atau rangka mobil yang mogok agar menjauh dari posisi aki.

Perhatikan urutan langkahnya pada gambar di bawah ini

cara jumper aki mobil soak

Pastikan penjepit sudah menjepit dengan kuat dan aman pada masing masing terminal aki untuk menghindari munculnya percikan api ketika melakukan starting.

Baca juga:


4. Menghidupkan mesin mobil

Setelah semua kabel jumper sudah terpasang dengan baik dan benar serta dalam kondisi yang aman, langkah selanjutnya adalah menghidupkan mobil. Sebagai langkah awal, hidupkan terlebih dahulu mobil yang digunakan sebagai "pendonor", lalu biarkan mesin idling 2-5 menit.

Setelah mobil "pendonor" hidup, barulah kita menghidupkan mobil yang akinya soak dengan memutar kunci kontak mobil ke arah start sambil menekan sedikit pedal gas agar mesin lebih mudah hidup dan stabil setelah di starter.

Setelah mobil yang akinya soak hidup, maka biarkanlah mesinnya tetap hidup sambil memperhatikan lampu indikator aki di mobil. Jika lampu aki menyala, berarti ada masalah pada sistem pengisian, jika tidak besar kemungkinan, masalah hanya pada aki mobilnya saja.


5. Melepas kabel jumper.

Langkah terakhir sebagai cara jumper aki mobil soak adalah melepas kabel jumper. Melepas kabel jumper bisa dilakukan dengan kondisi mesin masih hidup, namun Anda tetap memerlukan urutan pelepasan yang benar untuk menghindari short atau konslet.

Yang pertama adalah lepas kabel min yang menempel di mobil yang akinya soak. Lanjut, lepas kabel min yang menempel di mobil "pendonor". Selanjutnya, lepas kabel positif di mobil yang akinya soak, dan terakhir, lepas kabel positif di mobil "pendonor".

Demikianlah cara menjumper aki mobil yang soak. Jumper aki ini bukan solusi untuk mengatasi masalah mobil yang mogok, ada baiknya untuk melanjutkan pemeriksaan pada sistem pengisian serta pemeriksaan aki mobil yang dilakukan oleh mekanik dan bengkel berpengalaman.

Daftar isi
    SHARE