Cara Menggunakan Avometer Digital - OMBRO

Cara Menggunakan Avometer Digital

Avometer merupakan alat ukur kelistrikan yang berfungsi untuk mengukur arus listrik, tegangan AC (bolak-balik), tegangan DC (searah) dan hambatan listrik. Avometer berasal dari kata AVO dan meter, dimana AVO sendiri merupakan singakatan dari A (Ampere) yang berarti arus listrik, V (Voltage) yang berarti tegangan, dan O (Ohm) yang berarti hambatan.

Berdasarkan fungsi dan cara kerjanya, Avometer terbagi lagi menjadi dua macam yaitu Avometer digital dan Avometer analog. Avometer digital adalah Avometer yang tampilan hasil pengukurannya menggunakan penunjuk angka digital, sedangan untuk Avometer analog adalah Avometer yang tampilan hasil pengukurannya menggunakan skala dan jarum berputar.

Dilihat dari kemudahan dan cara pakianya, jelas Avometer digital lebih unggul jika dibandingkan dengan Avometer analog, selain menampilkan nilai angka secara langsung, Avometer digital juga sanggup menampilkan nilai hingga beberapa digit di belakang koma sehingga menambah tingkat ketelitian dalam pengukuran.

cara menggunakan avometer digital 4

Dalam dunia otomotif, avometer cukup banyak mambantu untuk melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terkait kelistrikan di mobil, seperti contohnya untuk pengukuran tegangan aki mobil, pengukuran hubungan antar konektor, ataupun untuk menelusuri jalur kelistrikan yang terputus atau short.

Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan tentang cara menggunakan avometer digital agar proses pengukuran dan pemeriksaan yang dilakukan bisa menemukan hasil yang tepat dan benar.

Pada artikel berikut, kami akan memberikan informasi tentang cara menggunakan avometer digital sesuai dengan keperluannya. Sebagai contoh, kita akan menggunakan Avometer digital merk Sanwa tipe CD800a, perhatikan bagian-bagian avometer digital dibawah ini terlebih dahulu.

cara menggunakan avometer digital 0

Berikut adalah cara menggunakan avometer digital


I. Mengukur Tegangan (Voltmeter)


Untuk mengukur tegangan dengan menggunakan avometer digital berikut langkahnya
  1. Siapkan obyek yang akan diukur
  2. Putar Knob Selector ke arah pengukuran tegangan
  3. Hubungkan probe positif pada titik positif (titik A)
  4. Hubungkan probe negatif pada titik negatif (titik B)
  5. Lihat pada layar untuk nilai hasil pengukuran tegangan
Untuk pengukuran tegangan, avometer digital dihubungkan secara paralel. Perhatikan pengukuran tegangan dengan avometer digital pada contoh gambar dibawah ini

cara menggunakan avometer digital

Catatan :
Pengukuran tegangan listrik dengan avometer digital ini hanya sanggup untuk mengukur tegangan dengan besar maksimum 600V


Baca juga : 


II. Mengukur Arus (Amperemeter)


Untuk mengukur Arus dengan menggunakan avometer digital berikut langkahnya
  1. Siapkan obyek yang akan diukur
  2. Putar Knob Selector ke arah pengukuran arus
  3. Hubungkan probe positif pada titik positif (titik A)
  4. Hubungkan probe negatif pada titik negatif (titik B)
  5. Lihat pada layar untuk nilai hasil pengukuran arus
Untuk pengukuran arus, avometer digital dihubungkan secara seri terhadap obyek. Perhatikan pengukuran arus dengan avometer digital pada contoh gambar dibawah ini

cara menggunakan avometer digital 1

Catatan :
Pengukuran arus listrik dengan avometer digital ini hanya sanggup untuk mengukur arus dengan besar maksimum 400mA


III. Mengukur Hambatan (Ohmmeter)


Untuk mengukur Hambatan dengan menggunakan avometer digital berikut langkahnya
  1. Siapkan obyek yang akan diukur
  2. Putar Knob Selector ke arah pengukuran hambatan (ohm)
  3. Hubungkan probe positif pada titik positif (titik A)
  4. Hubungkan probe negatif pada titik negatif (titik B)
  5. Lihat pada layar untuk nilai hasil pengukuran hambatan
Untuk pengukuran hambatan, avometer digital dihubungkan secara paralel terhadap obyek. Perhatikan pengukuran hambatan dengan avometer digital pada contoh gambar dibawah ini

cara menggunakan avometer digital 2

Untuk mematikan avometer digital, anda cukup memutar knob selector ke posisi off, dengan begitu, maka avometer digital sudah dalam keadaan off.

Daftar isi
    SHARE