7 Penyebab mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus
Masalah mobil tidak bisa distarter memang banyak kemungkinannya. Namun umumnya, masalah terbesar yang sering ditemukan adalah akibat aki mobil yang sudah soak dan rusak. Cukup dengan mengganti aki mobil yang rusak tersebut dengan aki mobil yang baru, maka mobil sudah bisa distarter kembali dan masalah teratasi.
Namun begitu, tidak jarang kita menemukan masalah mobil tidak bisa distarter tapi akinya bagus. Bahkan, akinya baru saja dibelikan dengan aki yang baru. Masalah ini muncul bisa saat itu juga, atau sehari dua hari setelah dilakukan penggantian aki dengan yang baru.
Lantas, apa saja kemungkinan penyebab mobil tidak bisa distarter meskipun aki bagus dan baru? Nah, diartikel kali ini, Ombro akan berbagi informasi tentang 7 penyebab mobil tidak bisa distarter meskipunnya bagus. Simak informasi lengkapnya dibawah ini.
1. Terminal aki kotor dan berkerak
Terminal aki kotor dan berkerak bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus. Perlu diketahui, dibeberapa tipe mobil, terminal akinya memiliki lapisan dalam (biasa disebut selongsong kepala aki). Bahkan, selongsong dalam ini sudah menjadi standar bawaan mobil. Perhatikan contohnya seperti pada gambar dibawah ini
Seringnya, pembersihan kepala aki hanya dilakukan pada bagian dalam selongsongnya saja yang kontak dengan kepala aki, sedangkan untuk bagian luar selongsong dengan kabel terminal aki, sering tidak dibersihkan. Umumnya, sela-sela diantara selongsong dan kabel kepala aki ini sering muncul kotoran berupa kerak-kerak putih.
Kerak-kerak putih tersebutlah yang dapat mengganggu aliran listrik dari aki ke starter motor. Akibatnya, mobil tidak bisa distarter meskipun aki bagus. Jadi, jika kita membersihkan kepala aki mobil yang model seperti contoh gambar diatas, maka kita juga perlu membuka dan membersihkan selongsongannya beserta permukaan dalam terminal aki tersebut.
2. Aki yang baru kualitasnya jelek
Meski jarang terjadi, aki baru bisa saja berkualitas jelek lho. Apalagi jika kita membeli aki baru bukan pada toko resmi penjual aki bermerek. Bisa saja, anda diberikan aki baru yang merupakan aki rekondisi sehingga kualitasnya tidak terjamin meski ada segelnya.
Hal ini pernah Ombro alami sekali selama menjadi mekanik. Jadi, aki baru yang baru saja dibeli ternyata berkualitas jelek sehingga tidak mampu menyimpan listrik dalam waktu lama. Akibatnya ketika esok pagi harinya, ketika mobil akan dipakai, ternyata starter mesin tidak bisa dilakukan. Indikator dashboard berkedip saat starter mesin dilakukan.
Saat itu, aki di cek kembali dengan alat ukur aki (MDX-P300) ternyata aki sudah minta diganti. Setelah cek aki, pemeriksaan sistem kelistrikan di mobil juga dilakukan dan tidak ada masalah. Akhirnya diputuskan aki diganti baru kembali dan masalah terselesaikan. Baca: Tips Membeli Aki Mobil
Nah, berdasarkan pengalaman ini, ombro berkesimpulan bahwa aki mobil dengan kualitas jelek juga bisa membuat mobil tidak bisa distarter meskipun kondisinya baru.
3. Sekring starter putus dan relay starter rusak
Penyebab mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus yang selanjutnya adalah akibat sekring dan relay starter yang putus atau rusak. Sekring dan relay stater yang rusak dan pustus ini membuat aliran listrik dari aki tidak bisa sampai ke komponen motor starter, akibatnya starter tidak mau bekerja.
Untuk menentukan mana sekring dan relay starter ini tentunya kita perlu merujuk pada buku panduan service manual masing-masing mobil karena setiap mobil memiliki kode penamaan sekring dan relay starter yang berbeda-beda. Ada yang berkode ST, STARTER, AM2, dan lain-lain.
Jadi, ketika masalah mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus ini muncul, maka cobalah periksa terlebih dahulu sekring starter dan relay starter ini.
4. Saklar starter rusak
Saklar starter rusak juga bisa menjadi penyebab mesin tidak mau distarter meski akinya bagus. Saklar starter ini umumnya ada di kunci kontak, atau untuk mobil-mobil model sekarang ada pada tombol start-stop engine.
Selain itu, pada beberapa tipe mobil, ada juga yang menambahkan saklar starer ini dibeberapa bagian seperti misalnya pada pedal kopling, pedal rem, atau pada tuas perseneling mobil matic. Maka tak jarang, kita harus menginjak rem atau menekan pedal kopling terlebih dahulu sebelum kita menstarter mesin.
Saklar starter (starter switch) ini merupakan saklar penghubung dan pemutus arus listrik pada rangkaian sistem starter. Jadi, jika saklar-saklar starter seperti ini rusak atau putus, maka bisa membuat mobil tidak bisa distarter meskipun akinya baru dan masih bagus.
Baca juga:
- Penyebab Mobil Distarter Bunyi Tek Tek
- Tips Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Di Starter
- Cara Mengatasi Mobil Matic Tidak Bisa Distarter
5. Dinamo starter (starter motor) rusak
Dinamo starter rusak juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter meskipun aki mobil baru. Masalah dinamo starter rusak ini banyak. Bisa karena lilitan pada solenoid dan armaturenya putus akibat terbakar, atau karena brush sudah habis. Selain itu, permukaan armature dan brush yang kotor juga bisa memutus aliran listrik di dinamo starter sehingga dinamo starter tidak mau bekerja.
Oleh karenanya, dibutuhkan mekanik berpengalaman atau yang mengerti bongkar pasang dinamo starter ini untuk memastikan apakah dinamo starternya rusak dan perlu diganti atau hanya sekedar kotor dan cukup diservice saja.
6. Alarm dan Immobilizer bermasalah
Penyebab selanjutnya yang membuat mobil tidak bisa distarter tapi aki bagus lainnya adalah akibat sistem alarm dan immobilizer yang bermasalah. Kedua sistem ini memang berfungsi untuk mencegah mobil bisa dihidupkan tanpa menggunakan kunci mobil yang aslinya.
Nah, ketika kita sudah menggunakan kunci orisinilnya tapi mobil masih tidak mau distarter, maka bisa jadi sistem alarm dan immobiliszer mobil ini bermasalah. Untuk masalah immobilizer, biasanya kita bisa mengetahui saat lampu indikator immobilizer ini menyala di dashboard, sedangkan untuk alarm tidak. Pengecekan immobilizer hanya bisa dilakukan dengan menggunakan alat scanner.
7. Inhibitor switch tuas persneling otomatis rusak
Penyebab terakhir mobil tidak mau distarter tapi aki bagus adalah akibat inhibitor switch transmisi otomatis bermasalah atau rusak. Inhibitor switch ini merupakan saklar pada tuas transmisi otomoatis yang kerap dipasang dibagian transmisi. Fungsinya adalah sebagai saklar dan sinyal informasi ke TCU dan ECU tentang posisi tuas persneling .
Jika inhibitor switch ini rusak dan memberikan nilai data yang salah atau berbeda (seperti misalnya kondisi asli adalah di D namun data inhibitor switch ada di R), maka mobil menjadi tidak bisa distarter.