Cara Mengatasi Mobil Matic Tidak Bisa Distarter - OMBRO

Cara Mengatasi Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Mengalami kendala mobil matic tidak bisa di starter ? Eiit ... jangan dulu terburu-buru memvonis kalau maticnya rusak ya. Bisa jadi cuma karena masalah sepele yang sobat lupa dan terlewati sehingga mobil matic tidak bisa di starter.

Ya, penyebab mobil matic tidak bisa distarter mesin memang banyak, namun begitu, untuk mengatasi mobil matic tidak bisa distarter dibutuhkan ketelitian, salah satunya adalah apakah cara starter mobil matic yang kita lakukan sudah benar ?

Meskipun kesannya sepele, menstarter mobil matic tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada langkah-langkah yang tidak boleh dilewati, atau efeknya bisa membuat mobil matic yang saat ini sobat starter tetap tidak mau hidup.

Contohnya, posisi tuas persneling harus di posisi P atau N. Saat starter harus dibarengi dengan menekan pedal rem, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya tentang langkah-langkah starter mobil matic yang benar, sobat bisa membacanya pada artikel Cara starter mobil matic dengan benar yang sudah pernah Ombro posting sebelumnya. Disana akan dijelaskan langkah-langkah yang benar untuk starter mobil matic.

mengatasi mobil matic tidak bisa distarter

Lantas bagaimana jika mobil matic sobat masih tidak bisa distarter ? Ada dua kondisi Utama yang menjadi penyebab mobil matic tidak bisa distarter yaitu masalah aki soak dan mobil mati total. Yuk simak cara mengatasi mobil matic tidak bisa distarter...


1. tidak bisa distarter akibat aki soak


Aki mobil soak kerap membuat mobil tidak bisa starter dan menyebabkan dinamo starter mobil tidak mau berputar sehingga hanya berbunyi tek-tek saja saat di starter. Langkah pertama yang diperlukan adalah dengan memeriksa kabel terminal aki mobil.

Pastikan kedua terminal aki tersebut dalam kondisi yang bersih dan terikat kencang pada aki. Jika longgar, segera kencangkan bautnya. Setelah kondisi kedua terminal aki sudah terikat kuat dan kencang, cobalah untuk kembali menstarter mobil. Jika masih tidak mau hidup, berarti aki mobil sudah tekor, Baca : Tanda-tanda aki mobil tekor 

Untuk mengatasi aki tekor pada mobil matic saat darurat hanya ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu menjumper aki mobil sobat dengan aki mobil lain atau mengganti aki mobil dengan yang baru sesuai ukuran dan spesifikasi aki mobil yang sama. Baca : Cara menjumper aki mobil yang soak 

Secara umum, dengan menjumper aki mobil atau mengganti aki mobil dengan yang baru, masalah mobil matic tidak bisa distarter biasanya sudah bisa diatasi. Jika belum bisa , ini mengindikasikan mobil matic dalam kondisi mati total.


2. tidak bisa starter akibat mati total


Mobil matic yang mati total kerap tidak menunjukkan respon apapun, bahkan hingga lampu-lampu di dashboard tidak menyala ketika kondisi kunci kontak sudah pada posisi ON. Untuk mengatasinya, coba lakukan pemeriksaan seperti berikut.

Periksa kabel positif dan negatif yang terhubung ke Aki

Pemeriksaan kabel aki ini bertujuan untuk memastikan bahwa kabel aki tidak ada yang terputus yang dapat menyebabkan terputusnya arus litrik dari aki ke starter dan sistem kelistrikan mobil lainnya.

Kabel hitam (-) terhubung dengan massa / ground pada body kendaraan, sedangkan kabel merah (+) terhubung dengan dinamo starter dan sebagian masuk ke boks sikring. Selain itu, periksa juga tegangan aki untuk memastikan aki tidak soak.

Periksa sekring

Langkah selanjutnya, coba periksa sekring utama sistem kelistrikan mobil guna memastikan sekring tidak putus. Sekring utama biasanya ada di kabel positif aki atau di kotak sekring mobil. Jika ditemukan sekring putus segera ganti dengan sekring yang baru, sejenis dan berukuran sama.

Periksa relay starter

Setelah sekring, langkah selanjutnya adalah memeriksa relay starter. Relay starter ini letaknya ada yang di dalam kotak sekring, ada juga yang terletak diluar. Relay starter yang putus bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

Untuk memastikannya, coba ganti dengan relay yang bentuk dan spesifikasinya sama kemudian lakukan start. Jika kondisi tetap sama lanjut ke langkah berikutnya.

Periksa kabel switch dinamo starter

Kabel switch dinamo starter ini hanya ada satu saja, ukurannya kecil dan menempel pada solenoid starter. Untuk memeriksanya silahkan lepas soket yang menempel ke solenoid starter, kemudian starter mobil sambil menggesek ujung kabel tadi ke massa/ground. Jika tidak muncul percikan api bisa jadi kabel switch ini ada yang terputus didalam

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan dan mobil matic masih tidak bisa distarter, cara terakhir adalah dengan menghubungi bengkel atau mekanik yang memang sobat percaya untuk memastikan penyebab tidak bisa starter sekaligus mengatasi masalah yang terjadi. Demikianlah artikel cara mengatasi mobil matic tidak bisa distarter.. semoga bisa bermanfaat.
Daftar isi
    SHARE