Alat-alat ukur aki mobil yang sering digunakan - OMBRO

Alat-alat ukur aki mobil yang sering digunakan

Untuk mengetahui kondisi aki mobil dalam keadaan baik atau jelek, kita perlu menggunakan alat ukur aki mobil. Setidaknya, ada beberapa alat ukur elektrik otomotif yang digunakan untuk mengetahui kondisi aki mobil secara real time.

Dengan alat ukur aki mobil ini, maka kita bisa yakin bahwa aki mobil saat ini dalam kondisi bagus, perlu dicas, atau sudah dalam kondisi jelek dan perlu diganti. Adapun pengukuran aki mobil yang dilakukan meliputi pengukuran berat jenis dan suhu cairan elektrolit, tegangan beban, arus pengisian, hingga besaran tegangan yang ada di aki mobil.

Nah, apa saja alat-alat ukur aki mobil ? Dibawah berikut merupakan macam-macam alat ukur aki mobil yang Ombro ketahui.



1. Hidrometer


Hidrometer

Alat ukur aki mobil yang pertama adalah hidrometer. Alat ini khusus digunakan pada aki basah (aki mobil yang masih menggunakan cairan elektrolit di dalamnya). Hidrometer berfungsi untuk mengukur berat jenis cairan elektrolit yang ada di dalam aki mobil.

Ya, salah satu cara untuk mengetahui kondisi aki mobil masih bagus atau tidak adalah dengan mengukur berat jenis cairan elektrolit pada aki mobil. Jika berat jenis cairan elektrolit aki mobil berada pada angka 1.27 kg/l hingga 1.28 kg/l, ini menandakan bahwa aki mobil dalam kondisi bagus dan ber muatan listrik penuh (aki menyimpan listrik).

Sedangkan jika aki dalam kondisi kosong (tidak berisi muatan listrik), maka berat jenis cairan elektrolit pada aki mobil berada di angka 1.10 kg/l atau kurang.

Dengan mengetahui kondisi nilai dari berat jenis cairan elektrolit dalam aki ini, maka kita bisa mengetahui kondisi aki mobil secara pasti. Apakah sedang dalam keadaan kosong, perlu dicas, atau dalam kondisi baik.



2. Thermometer


thermometer

Alat ukur aki mobil yang kedua adalah thermometer. Thermometer berfungsi untuk mengetahui suhu yang ada pada cairan elektrolit aki mobil. Thermometer ini hanya digunakan pada aki mobil jenis basah saja. Thermometer digunakan bersamaan saat kita menggunakan hidrometer untuk mengetahui kondisi berat jenis cairan elektrolit.

Ya, keakuratan pengukuran berat jenis pada cairan elektrolit aki mobil juga tergantung dari suhu / temperatur cairan elektrolit tersebut. Hal ini dikarenakan suhu cairan elektrolit sangat mempengaruhi nilai berat jenis cairan elektrolit yang ada di aki mobil.



3. Multimeter


multimeter

Alat ukur aki mobil berikutnya adalah multimeter. Multimeter ini merupakan alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur arus listrik (ampere), tegangan listrik AC ataupun DC (volt), dan nilai hambatan / resistansi (ohm).

Multi meter ada yang jenisnya analog (menggunakan jarum pointer), dan ada pula yang jenisnya digital. Untuk peggunaannya, multimeter jenis digital lebih mudah digunakan dan lebih akurat dalam pembacaan nilainya.

Namun, untuk penggunaannya sebagai alat ukur aki mobil, multimeter hanya dapat digunakan untuk mengukur tegangan DC saja. Multimeter ini bisa digunakan untuk mengukur tegangan pada aki kering ataupun aki basah.

Jadi, untuk mengukur tegangan aki dengan mengunakan multimeter ini kita hanya perlu memutar knob/selector pada multimeter ke arah 50 DCV dan menempelkan kabel merah ke kutub positif aki, kabel hitam ke kutub negatif aki. Dari layar penunjuk nilai tegangan, kita bisa mengetahui berapa tegangan aki mobil yang ada saat ini.


Baca juga :



4. Battery voltage load tester


battery voltage load tester

Alat ukur aki mobil selanjutnya adalah Battery voltage load tester. Fungsi Batery voltage load tester ini adalah untuk mengukur berat tegangan accu, khususnya tegangan jatuh yang terjadi saat accu digunakan untuk memutar motor starter.

Secara umum tegangan aki mobil akan jatuh (berkurang) sesaat saat aki mobil digunakan pada komponen yang membutuhkan jumlah arus lisrik yang besar seperti misalnya motor starter.

Oleh karenanya digunakanlah battery load tester ini untuk mengetahui kondisi tegangan aki secara real-time saat digunakan dengan beban penuh seperti memutar motor starter atau menyalakan lampu headlamp.

Battery voltage load tester ini dapat menunjukkan berapa nilai tegangan aki mobil saat aki diberikan beban. Jika nilai tegangan dengan beban penuh kurang dari ukuran normalnya, maka aki dianggap sudah kurang bagus, dan aki mobil dengan kondisi ini biasanya menyebabkan masalah sulit starter.



5. Ampere meter


Ampere meter

Alat ukur aki mobil lainnya adalah ampere meter. Fungsi ampere meter adalah untuk mengukur arus listrik yang dapat mengalir dari battery. Namun, pengukuran arus litrik pada battery umumnya jarang dilakukan karena sangat beresiko seperti aki meledak ataupun aki menjadi rusak.

Yang kerap dilakukan dalam pengukuran arus pada aki mobil adalah arus output yang dikeluarkan oleh dinamo ampere saat proses pengisian aki mobil. Untuk kemudahan dalam pengukuran, umumnya digunakan amper meter berbentuk tang yang memanfaatkan magnetic flux guna mengukur arus output yang mengalir dari dinamo ampere menuju ke aki mobil.

Arus pengisian yang baik dan normal umumnya akan menunjukkan nilai arus sebesar 70% dari kapasitas arus yang dimiliki oleh dinamo ampere. Misalnya kapasitas dinamo ampere adalah 100 ampere, maka arus pengisian yang normal adalah sebesar 70 ampere.



6. Digital Battery Tester


Digital battery tester

Alat ukur aki mobil yang terakhir ombro ketahui adalah Digital battery tester. Digital battery tester ini bisa digunakan untuk mengetahui kondisi aki mobil secara lengkap, mulai dari kondisi aki, tegangan aki, kekuatan arus aki saat cranking, serta kondisi tegangan pengisian untuk aki mobil. Satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh alat ini adalah mengukur berat jenis cairan elektrolit aki.

Untuk penggunaan digital battery tester juga terbilang mudah. Anda tinggal menempelkan kedua kabel yang ada di alat ini kemudian melakukan input data kedalam alat tersebut. Kemudian alat ukur aki berupa digital battery tester ini akan memproses hasilnya. Bahkan pada beberapa alat, nilai dan hasil pengukuran dari kondisi aki mobil ini bisa di cetak / di print.

Demikianlah artikel tentang alat-alat ukur aki mobil yang kerap digunakan oleh bengkel guna mengetahui kondisi aki mobil ini bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE