Tabel Torsi Baut Mesin 4M40 Mitsubishi Strada Triton Dan L200
Tabel Torsi Baut Mesin 4M40 Mitsubishi Strada Triton Dan L200 - Kalau bicara tentang mobil MItsubishi Strada Triton, kita pastinya akan bingung karena bentuk dan modelnya yang sudah sangat beragam. Pasalnya, mobil ini sudah hadir di Indonesia sejak dua dekade lalu, yaitu sekitar tahun 2002. Mobil ini sudah banyak mengalami perubahan model dan bentuk meskipun tetap mengusung jenis mobil pick up.
Awalnya Mitsubishi Strada Triton ini muncul dengan sebutan Strada L200, namun seiring perkembangan jaman dan penyesuaian branding, maka mobil Mitsubishi yang satu ini, kini dikenal dengan sebutan Strada Triton. Selain bentuk dan model bodynya, tipe mesin yang ditanamkannyapun beragam. Mulai dari tipe 4D56, 4M40, hingga 4N15 yang kini dipasang pada mobil model terbarunya.
Nah, khusus untuk artikel kali ini, Ombro akan berbagi informasi seputar tabel torsi baut mesin Mitsubishi Strada Triton dan L200 yang menggunakan mesin tipe 4M40 saja, Untuk dua model lainnya, silahkan gunakan fitur pencarian yang ada di bagian bawah halaman blog ini ya.
Tabel Torsi Baut Mesin Mitsubishi Strada 4M40
KOMPONEN MESIN | N.m | Kg.m |
---|---|---|
Cooling fan V-belt and water pump | ||
Cooling fan nut | 10 | 1 |
Auto-cooling fan coupling nut | 24 | 2,4 |
Water pump bolt | 24 | 2,4 |
Water hoses and pipes | ||
Turbocharger water outlet pipe | 26 | 2,6 |
Turbocharger water inlet pipe | 26 | 2,6 |
Engine coolant temperature sensor | 9 | 0,9 |
Coolant temperature sensor | ||
Coolant temperature sensor | 40 | 4 |
Glow plug | ||
Connection plate | 1.8 | 0,18 |
Glow plug | 18 | 1,8 |
Turbocharger assembly | ||
Eyebolt | 20 | 2 |
Coupler insulator nut | 50 | 5 |
Turbocharger nut | 50 | 5 |
Turbocharger bolt | 55 | 5,5 |
Turbocharger water outlet pipe | 26 | 2,6 |
Turbocharger water inlet pipe | 26 | 2,6 |
Turbocharger | ||
Coupling nut | 4,5 | 0,45 |
Intake manifold | ||
Relief valve | 48 | 4,8 |
Exhaust manifold | ||
Exhaust manifold bolt | 30 | 3 |
Exhaust manifold nut | 31 | 3,1 |
Rocker cover and cylinder head assembly | ||
Rocker cover bolt | 4 | 0,4 |
Cam sprocket bolt - Left-hand thread | 90 | 9 |
Cylinder head bolt | ||
M12 | 50 → +90° → +90° | 5 → +90° → +90° |
M8 | 24 | 2,4 |
Camshaft and valve | ||
Camshaft cap bolt | 20 | 2 |
Glow plug | 18 | 1,8 |
Fuel injection nozzle | 55 | 5,5 |
Water joint | 48 | 4,8 |
Oil cooler and oil filter | ||
Oil cooler element nut | 20 | 2 |
Bypass plug | 45 | 4,5 |
Regulator plug | 45 | 4,5 |
Turbocharger water inlet pipe | 26 | 2,6 |
Vacuum pump | ||
Oil pressure gauge unit | 15 | 1,5 |
Eyebolt (FOR L200 and FOR CHALLENGER) | 12 | 1,2 |
Timing gear case | ||
Crankshaft pulley bolt | 230 | 23 |
Timing gear and balance shaft | ||
Tension lever bolt | 41 | 4,1 |
Balance shaft gear RH bolt | 37 | 3,7 |
Balance shaft gear LH bolt | 37 | 3,7 |
Oil Pump | ||
Balance shaft RH bolt | 37 | 3,7 |
Oil pump cover screw | 10 | 1 |
Fuel Injection nozzle | ||
Leak-off pipe nut | 30 | 3 |
Fuel injection nozzle assemby | 55 | 5,5 |
Retaining nut | 40 | 4 |
Fuel injection pump assembly | ||
Fuel injection pipe | 23 | 2,3 |
Fuel injection pump gear | ||
Fuel injection pump gear | 65 | 6,5 |
Piston and connecting rod assembly | ||
Connecting rod nut | 50 → +90° | 5 → +90° |
Flywheel | ||
Flywheel bolt | 125 | 12.5 |
Drive plate | ||
Rubber spacer bolt | 48 | 4,8 |
Torque converter | 39 | 3,9 |
Drive plate bolt | 135 | 13,5 |
Crankshaft and crankcase | ||
Rubber spacer bolt | 48 | 4,8 |
Lower crankcase | 25 | 2,5 |
Main bearing cap bolt | 20 → +90° → +90° | 2 → +90° → +90° |
Check valve | 33 | 3,3 |
Alternator | ||
Pulley nut | 98 | 9,8 |
Catatan:
- Nilai torsi dan kekencangan baut pada tabel diatas menggunakan satuan Newton meter dan Kilogram-force meter. Perhatikan nilai satuan torsi yang Anda gunakan pada Torque Wrench / kunci torsi sebelum melakukan pengencangan. Pastikan Anda menggunakan satuan pengencangan yang sama.
- Tanda → menunjukkan langkah selanjutnya, seperti pada contoh diatas di bagian connecting rod nut yang bernilai 50 → +90°. Maka langkah pertaa adalah Anda mengencangkan nut sebesar 50 N.m kemudian dilanjutkan dengan menambahkan pengencangan sebesar 90°.
- Tabel Torsi Baut Mesin Mitsubishi Triton 4D56 DOHC Common Rail
- Tabel Torsi Baut Mesin Mitsubishi Triton 4N15 MIVEC DOHC Common Rail
- Tabel Torsi Baut Mesin 2KD-FTV Toyota
Dalam melakukan pengencangan, khususnya pada baut-baut khusus seperti Cylinder head bolt, Bearing cap bolt, Connecting rod nut, lakukanlah pengencangan secara bertahap sesuai dengan urutan dan langkah-langkahnya. Kesalahan dalam melakukan pengencangan bisa berakibat fatal dan merusak komponen yang ada.
Demikianlah artikel tentang tabel torsi baut mesin Mitsubishi Triton 4M40 yang bisa ombro sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih