Tanda silinder head melengkung - OMBRO

Tanda silinder head melengkung

Silinder head melengkung bisa menjadi masalah di mobil yang cukup banyak memakan biaya. Pasalnya, harga yang ditawarkan untuk satu silinder head mesin ini cukup mahal. Belum lagi ditambah dengan jasa bongkar pasangnya dan beberapa komponen tambahan lainnya. Tentu bukan ini hal yang kita inginkan.

Oleh karenanya, perawatan, pemeriksaan, serta penggantian komponen sistem pendingin mesin mobil wajib dilakukan secara berkala untuk menghindari kerusakan parah pada mesin yang salah satu contohnya adalah masalah silinder head melengkung ini.

tanda silinder head melengkung

Penyebab utama silinder head melengkung yang paling besar adalah akibat masalah overheat dan panas berlebihan pada mesin yang tidak segera ditangani. Penyebab overheat ini juga banyak, bisa dari air radiator habis, kipas pendingin rusak, thermostat macet, waterpump jebol, dan lain sebagainya.

Lalu apa saja tanda-tanda jika silinder head mesin mobil sudah melengkung? Nah, diartikel berikut ini, ombro akan berbagi informasi seputar tanda-tanda silinder head melengkung yang umum terjadi di mesin mobil. Simak informasi tanda silinder head melengkung dibawah ini.



1. Air radiator muncrat ketika mesin di gas-gas (tutup radiator dibuka)


Tanda silinder head melengkung yang cukup sering dikenali adalah saat air radiator muncrat ketika mesin di gas-gas. Untuk mengetahuinya, kita perlu membuka tutup radiator terlebih dahulu, kemudian hidupkan mesin (lakukan ini saat suhu mesin masih dingin).

Saat mesin menyala, perhatikan air radiator dari lubang tutup tadi. Gas-gas mesin berulang kali di rpm 3000-4000 rpm. Jika air radiator muncrat terus menerus dan terus keluar dari lubang tutup radiator tersebut, ini menandakan bahwa silinder head melengkung.

Sering pula kita tidak menemukan air radiator yang muncrat, namun hanya gelembung-gelembung udara yang menyembul keluar dari dalam radiator. Hal ini juga bisa menjadi tanda silinder head melengkung.

Hal ini bisa terjadi karena air radiator di dalam sistem pendingin terdesak oleh tekanan kompresi yang bocor dan masuk kedalam saluran sistem pendingin. Akibatnya, saluran sistem pendingin ini menjadi bertekanan tinggi sehingga air radiator akan muncrat keluar, terlebih saat mesin digas-gas.



2. Air radiator bercampur oli mesin


Tanda silinder head melengkung yang kedua adalah saat air radiator bercampur dengan oli mesin. Kondisi ini bisa kita perhatikan dengan cara membuka tutup radiator dan memperhatikan kondisi air melalui lubang tutup tadi. Jika aliran air radiator berminyak dan mengandung oli mesin, hal ini menandakan bahwa silinder head melengkung.

Hal ini bisa terjadi karena silnder head yang melengkung akan membuka jalur supply oli mesin, tekanan kompresi mesin, serta saluran sistem pendingin air radiator. Saat saluran supply oli mesin dan saluran air pendingin bertemu, maka salah satu efek yang dihasilkan adalah air radiator bercampur dengan oli mesin.

Jadi, jika anda menemukan air radiator mobil anda berminyak seperti tercampur oli mesn, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa silinder head mobil anda sudah melengkung.



3. Volume oli mesin bertambah dan warnanya berubah


Selain air radiator bercampur oli mesin, tanda silinder head melengkung yang lainnya adalah saat volume oli mesin bertambah dan warnanya berubah seperti coklat susu. Kondisi ini merupakan imbas dari saluran oli dan air pendingin radiator yang terbuka akibat silinder head melengkung.

Air radiator yang seharusnya mengalir kembali ke radiator, ia malah masuk ke lubang saluran oli mesin yang menuju ke karter oli. Dengan masuknya air radiator ke dalam karter oli, maka oli mesin akan bertambah sekaligus mengubah warna oli mesin mejadi kecoklatan seperti susu coklat.

Disamping itu, jika kita perhatikan pada kondisi mesin, maka mesin akan cepat kehabisan air radiator dan mesin juga menjadi lebih cepat panas.



4. Ada tetesan oli dan air radiator dari tengah mesin


Tanda siinder head melengkung berikutnya adalah adanya tetesan oli dan air radiator tepat dibagian tengah-tengah mesin. Rembesan ini muncul diantara blok mesin dan silinder head, bisa kita lihat tepat dibawah saluran ekshauts manifold atau tepat dibawah saluran intake manifold.

Selain itu, jumlah rembesan yang keluar dari mesin sangat tergantung dari besarnya silinder head melengkung. Semakin besar tingkat lengkungannya, maka semakin banyak pula air dan oli yang merembes keluar.



5. Knalpot mengeluarkan asap putih


Tanda silinder head melengkung yang ke lima adalah saat knalpot mengeluarkan asap putih. Meskipun bukan satu-satunya tanda, namun keluarnya asap putih dari knalpot menjadi salah satu faktor kalau silinder head melengkung.

Hal ini bisa diakibatkan oleh oli mesin yang merembes dan bocor kedalam ruang bakar. Oli yang rembes ke ruang bakar ini akan ikut terbakar bersamaan dengan kerja mesin. Akibatnya, munculah asap putih dari knalpot akibat pembakaran yang tidak sempurna. Selain itu, asapa yang keluar juga emiliki aroma seperti oli mesin yang terbakar.

Baca juga:



6. Getaran mesin lebih kuat disertai dengan suara kasar


Getaran mesin yang lebih kuat disertai suara kasar dari dalam mesin juga bisa mejadi salah satu tanda silinder head melengkung. Mesin yang bergetar kuat menandakan bahwa sudah terjadi kegagalan kerja pada salah satu silinder mesin akibat bocor kompresi.

Bocornya kompresi mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara tidak dapat dimampatkan sehingga daya ledak setelah langkah combustion menjadi tidak maksimal. Saat salah satu silinder mesin tidak bisa menghasilkan tenaga optimal, maka hidup mesin menjadi tidak seimbang dan bergetar kuat. Nah, getaran mesin yang kuat ini juga kerap menimbulkan ketukan dan suara kasar pada mesin. Akibatnya mesin bergetar disertai dengan suara kasar.



7. Mesin cepat panas dan overheat


Hal terakhir yang bisa menjadi tanda silinder head melengkung adalah mesin cepat panas dan overheat akibat kehabisan air radiator. Karena silinder head melengkung, maka air radiator akan keluar dari saluran sistem pendingin. Bisa keluar mesin atau bisa juga bocor didalam mesin.

Jika anda menemukan air radiator mobil anda cepat habis meskipun sudah diisi berulang kali namun Anda tidak menemukan kebocoran air di luar mesin. Maka, kondisi ini bisa menjadi tanda kalau silinder head sudah melengkung.

Daftar isi
    SHARE