Tabel torsi baut mesin Mitsubishi Triton 4D56 DOHC common rail
Tabel torsi baut mesin Mitsubishi Triton 4D56 DOHC common rail - Ketenaran mobil Mitsubishi Triton di area kerja pertambangan memang sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, mobil ini cukup tangguh untuk melibas jalan offroad dengan area kerja yang cukup ekstrem.
Ya, populasi Mitsubishi Triton memang lebih banyak ditemukan diarea-area pertambangan atau perkebunan yang area kerjanya lebih banyak dijalan tidak beraspal dan masuk kategori jalan off road, baik pada tambang batubara, tambang emas hingga perkebunan kelapa sawit.
Dari hasil penelusuran, Mitsubishi Triton sendiri sudah masuk pada generasi kelima. Selain itu, tiap generasi mobil ini punya banyak model dengan tipe mesin yang berbeda-beda sehingga torsi pengencangan baut mesinnya pun akan berbeda-beda pula.
Setidaknya, kita bisa menemukan minimal lima tipe mesin yang cukup terkenal dan banyak digunakan pada Mitsubishi Triton ini diantaranya adalah mesin tipe 4D56 SOHC, tipe 4M40, 4M41, 4D56 DOHC, hingga 4N15 yang kini menjadi mesin terbaru Mitsubishi Triton saat ini.
Nah, di artikel tabel torsi baut mesin Mitsubishi Triton kali ini, Ombro akan berbagi informasi untuk Mitsubishi Triton yang menggunakan mesin tipe 4D56 DOHC common rail. Sebagai gambaran, mesin tipe 4D56 DOHC ini berkapasitas 2500cc turbodiesel yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 142Hp. Mesin ini sudah menggunakan sistem Common Rail Direct Injection.
Untuk mempersingkat waktu, berikut ini adalah tabel torsi baut mesin Mitsubishi 4D56 DOHC Common Rail Direct Injection Diesel.
Tabel torsi baut mesin Mitsubishi Triton 4D56 DOHC common rail
ITEM | Kgf·m |
---|---|
Alternator | |
Cooling fan bolt | 1,1 ± 0,1 |
Fan clutch bolt | 1,1 ± 0,1 |
Crankshaft bolt | 26,5 -> 0 -> 27,5 |
Power steering pump bracket "A" bolt (Bolt, washer assembly) | 2,0 ± 0,4 |
Power steering pump bracket "A" bolt (Flange bolt) | 2,4 ± 0,4 |
Power steering pump bracket "B" bolt (M8 × 30) | 2,3 ± 0,2 |
Power steering pump bracket "B" bolt (M8 × 90) | 2,4 ± 0,4 |
Alternator pivot nut | 4,4 ± 1,0 |
Oil level gauge bolt | 4,8 ± 0,6 |
Inlet manifold | |
Vacuum pump pipe "B" bolt | 2,4 ± 0,3 |
Air temperature sensor | 1,4 ± 0,1 |
EGR pipe "B" bolt (EGR valve side) | 4,9 ± 0,6 |
EGR pipe "B" bolt (EGR cooler side) | 1,7 ± 0,2 |
EGR pipe "A" heat protector bolt | 1,1 ± 0,1 |
EGR pipe "A" bolt dan nut | 1,7 ± 0,2 |
EGR valve bolt | 4,8 ± 0,6 |
Throttle body bolt | 1,3 ± 0,2 |
Fuel inlet pipe bolt | 2,0 ± 0,4 |
Inlet manifold stay bolt | 2,4 ± 0,3 |
Inlet manifold bolt | 2,4 ± 0,3 |
Inlet manifold nut | 2,0 ± 0,2 |
Exhaust manifold | |
Engine hanger bolt | 2,4 ± 0,3 |
Eye bolt (oil pipe) | 1,7 ± 0,2 |
Oil pipe bolt | 0,9 ± 0,1 |
Eye bolt (water pipe) | 5,3 ± 0,7 |
Water pipe bolt | 1,1 ± 0,1 |
Oil return pipe bolt | 0,9 ± 0,1 |
Turbocharger nut | 5,9 ± 1,0 |
Exhaust manifold heat protector bolt | 1,4 ± 0,1 |
Exhaust manifold nut (M8) | 1,8 ± 0,2 |
Exhaust manifold nut (M10) | 3,0 ± 0,2 |
Timing belt | |
Oil pipe bolt | 1,1 ± 0,1 |
Vacuum pump bolt | 2,4 ± 0,3 |
Vacuum pump pipe "A" bolt | 2,4 ± 0,3 |
Cover bolt | 1,1 ± 0,1 |
Crank angle sensor bolt | 1,1 ± 0,1 |
Timing belt cover bolt | 1,0 ± 0,2 |
Glow plug plate nut | 0,18 ± 0,02 |
Glow plug | 0,9 ± 0,1 -> +30° s/d 34° |
Tensioner arm bolt | 4,8 ± 0,6 |
Auto tensioner bolt | 2,3 ± 0,3 |
Pump sprocket nut | 6,4 ± 0,5 |
Idler pulley bolt | 4,4 ± 1,0 |
Hexagon socket head bolt | 2,0 ± 0,4 |
Timing belt tensioner "B" bolt | 2,3 ± 0,3 |
Balancer shaft sprocket bolt dan nut | 3,6 ± 0,3 |
Common rail dan supply pump | |
EGR cooler bracket bolt | 2,4 ± 0,3 |
EGR cooler bolt | 2,4 ± 0,3 |
Supply pump bolt | 2,4 ± 0,4 |
Suction control valve kit bolt | 0,89 ± 0,19 (89 + 19 Kg.cm) |
Fuel supply pump pipe flare nut | 3,5 ± 0,5 |
Fuel supply pump pipe bolt | 1,0 ± 0,2 |
Fuel supply pump pipe bracket bolt | 1,0 ± 0,2 |
Fuel injection pipe flare nut | 3,5 ± 0,5 |
Fuel injection pipe bolt | 1,0 ± 0,2 |
Common rail bolt | 2,4 ± 0,4 |
Fuel return pipe bolt | 1,0 ± 0,2 |
Eyebolt (sisi Cylinder head) | 1,7 ± 0,2 |
Eyebolt (sisi Common rail) | 2,0 ± 0,2 |
Rocker cover dan injector | |
Rocker cover bolt | 0,3 ± 0,1 -> 1,0 ± 0,2 |
Injector holder bolt | 1,0 ± 0,1 -> +120° s/d 125° |
Eye bolt | 1,5 ± 0,2 |
Camshaft sprocket bolt | 8,8 ± 1,0 |
Timing belt rear cover bolt | 1,0 ± 0,2 |
Water hose dan pipe | |
Water pipe "A" bolt <Selain High power> | 2,4 ± 0,3 |
Water pipe bolt (M6) | 1,1 ± 0,1 |
Water pipe bolt (M8) | 2,4 ± 0,3 |
Water pipe "D" flare nut | 5,4 ± 0,4 |
Water pipe "D" bolt | 2,4 ± 0,3 |
Joint | 3,9 ± 0,5 |
Front upper case stiffener bolt | 5,0 ± 0,5 |
Engine coolant temperature gauge unit | 1,1 ± 0,1 |
Engine coolant temperature sensor | 2,9 ± 1,0 |
Water outlet fitting bolt dan nut | 2,4 ± 0,3 |
Water inlet fitting bolt | 2,4 ± 0,3 |
Plate bolt | 1,0 ± 0,2 |
Water pump bolt | 2,4 ± 0,3 |
Rocker arm dan camshaft | |
Cam position sensor bolt | 1,1 ± 0,1 |
Camshaft bearing cap bolt (M6) | 1,1 ± 0,1 |
Camshaft bearing cap bolt (M8) | 2,0 ± 0,1 |
Pivot bolt | 1,8 ± 0,2 |
Cylinder head dan valves | |
Cylinder head bolt | 7,8 ± 0,2 -> 0 -> 2,9 ± 0,2 -> +90° -> +90° |
Oil pan dan oil pump | |
Oil filter | 2,2 ± 0,2 |
Oil pressure switch | 1,0 ± 0,2 |
Oil cooler bolt | 3,9 ± 0,5 |
Heat protector bolt <Selain High power> | 1,0 ± 0,2 |
Oil filter bracket bolt | 2,4 ± 0,4 |
Harness bracket bolt | 0,95 ± 0,25 |
Oil drain plug | 3,9 ± 0,5 |
Oil pan bolt | 0,9 ± 0,3 |
Oil screen bolt | 1,9 ± 0,3 |
Stiffener bolt | 1,9 ± 0,3 |
Front upper case bolt | 2,4 ± 0,4 |
Plug cap | 2,3 ± 0,3 |
Balancer shaft driven gear bolt | 3,7 ± 0,3 |
Front lower case bolt | 2,4 ± 0,4 |
Plug | 3,7 ± 0,7 |
Oil pump cover screw | 1,2 ± 0,2 |
Balancer shaft gear cover bolt | 2,3 ± 0,4 |
Piston dan connecting rod | |
Connecting rod cap nut | 2,7 ± 0,2 -> +90° s/d 94° |
Crankshaft dan cylinder block | |
Drive plate bolt (A/T) | 13,5 ± 0,5 |
Flywheel bolt (M/T) | 13,2 ± 0,5 |
Rear plate bolt | 0,9 ± 0,1 |
Bell housing cover bolt | 0,9 ± 0,1 |
Oil seal case bolt | 1,1 ± 0,1 |
Bearing cap bolt | 4,0 ± 0,2 -> +35° s/d 39° |
Check valve | 3,2 ± 0,2 |
Engine support bracket bolt | 5,4 ± 0,5 |
Catatan:
- Nilai torsi dan kekencangan baut pada tabel diatas menggunakan satuan Kilogram-force meter. Perhatikan nilai satuan torsi yang digunakan pada Torque Wrench / kunci torsi sebelum melakukan pengencangan. Pastikan Anda menggunakan satuan pengencangan yang sama.
- Nilai dibelakang tanda ± merupakan nilai toleransi pengencangan. Seperti misalnya pada nilai torsi komponen cooling fan bolt (1,1 ± 1). Ini artinya, nilai pengencangan yang paling pas adalah 1,1 Kgf.m, nilai minimum pengencangan adalah 1 Kgf.m (1,1-0,1=1), dan nilai maksimum pengencangan adalah 1,2 Kgf.m (1,1+0,1=1,2).
Baca juga:
- Tabel ukuran torsi baut mesin L300 Diesel 4D56
- Daftar spesifikasi dan ukuran kekencangan baut mesin Mitsubishi T120SS
- Ukuran torsi baut mesin colt diesel canter 4D34 Turbo
Dalam melakukan pengencangan, khususnya pada baut-baut khusus seperti Cylinder head bolt, Bearing cap bolt, Connecting rod cap nut, lakukanlah pengencangan secara bertahap sesuai dengan urutan dan langkah-langkahnya. Kesalahan dalam melakukan pengencangan bisa berakibat fatal dan merusak komponen yang ada.
Demikianlah artikel tentang tabel torsi baut mesin Mitsubishi Triton 4D56 common rail yang bisa ombro sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih.