Tabel Torsi Baut Mesin 7K-E Kijang Kapsul EFI 1800 - OMBRO

Tabel Torsi Baut Mesin 7K-E Kijang Kapsul EFI 1800

Tabel Torsi Baut Mesin 7K-E Kijang Kapsul EFI 1800 - Masih di artikel tentang spesifikasi kendaraan, kali ini, ombro kembali akan memberikan informasi seputar tabel torsi baut mesin 7K-E Kijang kapsul EFI 1800 cc. Mesin 7K-E ini merupakan mesin 4 silinder berkapasitas 1800cc yang masih meggunakan sistem OHV (Over Head Valve).

Mesin 7K-E ini mampu membangkitkan tenaga mesin sebesar 62 kW; 84 PS (83 hp) pada 4600 rpm dan 147 Nm; 108 lbf.ft (15 kgm) pada 3200 rpm. Mesin ini umum digunakan pada mobil Kijang Kapsul Seri KF80. Diawal kehadirannya, Kijang kapsul tersedia dengan dua pilihan mesin yaitu mesin bensin 1.800 cc (7K) dan mesin diesel 2.400 cc (2L).

Namun, pada tahun 2000, Kijang kapsul mesin bensin mendapat upgrade sistem bahan bakar. Dari yang awalnya menggunakan karburator, kini sudah dilengkapi dengan sistem injeksi (EFI). Hal ini membuat pilihan mesin bensin juga terbagi menjadi dua, yaitu 1.800 cc (7K-E) dan 2.000 cc (1RZ-E).

Tabel torsi baut mesin 7K-E Kijang kapsul EFI 1800

Nah, khusus di artikel kali ini, ombro akan memberikan informasi seputar tael torsi baut mesin Kijang Kapsul seri 7K - E yang sudah menggunakan sistem injeksi. Namun begitu, tabel ini hanya berisikan torsi baut mesin yang penting-penting saja seperti torsi baut silinder head, stang seher (connecting rod), main bearing cap, dan beberapa komponen lainnya yang ombro anggap penting.



Tabel Torsi Baut Mesin 7K-E Kijang Kapsul EFI 1800


PART YANG DIKENCANGKAN Catatan N.m kgf.cm
Spark plug x Cylinder head 17,5 180
Distributor x Distributor Adaptor 12 120
Camshaft sprocket x Camshaft 59 600
Crankshaft Pulley x Crankshaft 88 900
Water outlet housing x Cylinder head 19 195
Rear plate x Cylinder head 8 80
Cylinder Head x Cylinder block
- 12pt head 1st 29,5 300
2nd Putar 90° Putar 90°
3rd Putar 90° Putar 90°
- Recessed head 19 195
Fuel inlet pipe x Rear plate 19 195
Fuel return pipe, Wire clamp bracket x Water outlet housing 19 195
Intake manifold x Exhaust manifold 17,5 180
Rocker arm assembly x Cylinder head 21 210
Cylinder head cover x Cylinder head 2 25
Throttle body, Air intake chamber and manifold assembly x Cylinder head 49 500
No. 1 Air intake chamber stay x Cylinder head 19 195
Exhaust manifold stay LH engine mount x Exhaust manifold 37 380
Heat insulator x Exhaust manifold 14 145
Main bearing cap x Cylinder block 59 600
Connecting rod cap x Connecting rod 1st 24,5 250
2nd Putar 90° Putar 90°
Front end plate x Cylinder block 19 195
Flywheel x Crankshaft 83 850

Catatan:

  • Nilai torsi dan kekencangan baut pada tabel diatas menggunakan satuan Newton meter dan Kilogram-force centi meter. Perhatikan nilai satuan torsi yang digunakan pada Torque Wrench / kunci torsi sebelum melakukan pengencangan. Pastikan satuan pengencangan yang digunakan sama.
  • Pada bagian kolom catatan dalam tabel, kolom itu adalah urutan langka pengencangannya, 1st berarti langkan pertama, 2nd berarti langkah ke dua. Contohnya pada connecting rod cap dan connecting rod, langkah pertama adalah pengencangan sebesar 24,5Nm. Langkah keduanya adalah tambahkan pengencangan dengan memutar baut sebanyak 90°.

Baca juga:


Dalam melakukan pengencangan, terutama pada baut-baut khusus seperti Cylinder head bolt, Bearing cap bolt, Connecting rod nut, lakukanlah pengencangan secara bertahap sesuai dengan urutan dan langkah-langkahnya. Kesalahan dalam melakukan pengencangan bisa merusak komponen yang ada seperti patah atau sleg.

Demikianlah artikel tentang Tabel Torsi Baut Mesin 7K-E Kijang Kapsul EFI 1800 yang bisa ombro sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih

Daftar isi
    SHARE