Tabel torsi baut mesin 2KD-FTV Toyota - OMBRO

Tabel torsi baut mesin 2KD-FTV Toyota

Mesin Toyota 2KD-FTV adalah mesin diesel berkapasitas 2,5 L (2494 cc) empat silinder segaris yang mengusung siklus empat-langkah dengan turbo berpendingin udara. Mesin ini diproduksi oleh Toyota Motor Corporation dari tahun 2001. Mesin 2KD-FTV di Indonesia sendiri dipasangkan Toyota pada beberapa model kendaraannya seperti pada Toyota Kijang Innova Diesel, Toyota Hilux, Toyota Fortuner, hingga Toyota Hiace.

Mesin Toyota 2KD-FTV memiliki blok besi dengan lubang silinder 92,0 mm dan langkah piston 93,8 mm untuk kapasitas 2.494 cc. Rasio kompresi untuk mesin ini adalah 18,5:1. Mesin 2KD-FTV menggunakan kepala silinder aluminium dengan camshaft overhead ganda (DOHC) berkatup 16 (4 per silinder). Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan “Mesin Diesel Common Rail 4-Tak Injeksi Langsung” (D-4D) dan turbocharger.

mesin 2kd-ftv toyota

Untuk mesin 2KD-FTV yang menggunakan 4 speed Automatic ECT transmission tanpa intercooler mampu menghasilkan tenaga sebesar 75 kW (101 hp; 102 PS) pada 3400 rpm dan torsi 26.5 kg.m (260 N.m; 192 lbf.ft) pada 1600-2400 rpm. Sedangkan untuk mesin 2KD-FTV yang menggunakan transmisi manual tanpa intercooler mampu menghasilkan tenaga sebesar 75 kW (101 hp; 102 PS) pada 3400 rpm dan torsi 200 N.m (148 lb.ft) pada 1600-3600 rpm.

Untuk mesin dengan transmisi manual dan dengan intercooler, 2KD-FTV ini mampu menghasilkan daya sebesar 88 kW (118 hp; 120 PS) pada 3400 rpm dan torsi sebsesar 325 N.m (240 lb.ft) pada 1600-3600 rpm. Dan untuk versi terbarunya dengan penambahan Variable Nozzle Turbo (VNT), mesin 2KD-FTV ini mampu menghasilkan daya sebesar 106 kW (142 hp; 144 PS) pada 3400 rpm dan torsi hingga 343 N.m (253 lb.ft) pada 1600-2800 rpm.

Nah, karena banyaknya mobil Toyota yang juga mengusung mesin ini, maka di artikel kali ini ombro akan kembali berbagi informasi seputar torsi baut mesin 2KD-FTV yang dipakai pada mobil Kijang Innova Diesel, Hilux, Fortuner, dan Hiace. Simak Tabel ukuran dan torsi baut mesin 2KD-FTV dibawah ini.



Tabel torsi dan kekencangan baut mesin 2KD-FTV


ITEM /KOMPONEN Torque (kg.m)
CYLINDER HEAD (SILINDER KEPALA)
Rocker cover bolt (baut rocker cover / tutup silinder kepala) 0,9
Camshaft bearing cap bolt (tutup bearing camshaft) 1,9
Cylinder head bolt (baut silinder head / silinder kepala) 8,67 + 90° + 90°
PISTON DAN CONNECTING ROD
Connecting rod bearing nut (mur metal jalan) 3,6 + 90°
CRANKSHAFT DAN SILINDER BLOK
Flywheel bolt (baut flywheel / roda gila) 18
Crankshaft dumper pulley bolt (baut puli crankshaft) 37
Main bearing cap bolt (baut metal duduk) 5,1 + 90°
Rear engine oil seal cover bolt A (x5) 1,3
Rear engine oil seal cover bolt B (x2) 1,6
ENGINE SUPPORT BRACKET
Bracket engine mounting kanan x Blok silinder 6,9
Bracket engine mounting kanan x Body 3,8
Bracket engine mounting kiri x Blok silinder 6,9
Bracket engine mounting kiri x Body 3,8
ALTERNATOR DAN AC COMPRESSOR
Bracket mounting compressor (baut bracket kompressor AC) 2,1
AC compressor bolt (baut kompressor AC) 5,1
Alternator bolt holder (baut pegangan alternator atas) 6,3
Baut puli tensioner 4,5
Alternator bracket bolt (baut alternator bawah) 2,5
TIMING BELT DAN OIL PUMP
Camshaft timing pulley bolt (baut sprocket camshaft) 10
Timing belt cover bolt (baut tutup timing belt plastik) 0,6
Timing belt cover bolt (baut tutup timing belt alloy) 1
CKP dan CMP sensor bolt (baut sensor CKP dan CMP) 0,8
Timing Belt idler pulley sub assy 1 (baut braket bearing idler timing belt) 3,5
Chain tensioner bolt (baut auto tensioner) 1,3
Timing gear union bolt rear cover 1 (baut cover timing gear belakang) 1,6
Timing gear bolt rear cover 2 (x8) (baut cover timing gear belakang) 1,3
Timing gear bolt front cover (x14) (baut cover timing gear depan) 1,3
Idle gear holder bolt (baut plat pendorong idle gear no 1) 5,1
Drain plug (baut pembuangan oli) 3,8
Strainer oil sub assy (baut saringan oil strainer) 0,8
INJECTION PUM DAN NOZZLE
Nozzle pipe clamp holder (baut klem pipa nozle) 0,5
Nozzle pipe nut (mur pipa nozzle) 3,2 - 3,5
Nozzle clamp bolt (baut klem nozzle) 2,2
Return pipe Union Bolt (baut union pipa pengembali bahan bakar) 1,2
Return pipe Bolt (x4) (baut berlubang pipa pengembali bahan bakar) 1,6
Common rail assy bolt (baut pipa common rail) 3,8
Oil stick bracket bolt (baut bracket stick oli) 0,8
Sprocket injection pump bolt (baut sprocket pompa injeksi) 6,5
Injection pump sprocket flange (baut flange sprocket pompa injeksi) 3,1
Injection pump assy nut (mur pompa injeksi) 2,1
Vacuum pump assy nut (mur vacuum pump) 2,1
Vane pump assy nut (mur vane pump) 3,9
WATERPUMP DAN COOLING FAN
Water pump assy (baut waterpump) 1,3
Sensor ECT 2,0
Water inlet pipe bolt (baut pipa inlet air) 1,3
Mur kipas radiator 2,5
Water outlet pipe bolt (baut pipa autlet air) 1,9
EXHAUST MANIFOLD DAN INTAKE MANIFOLD
Throttle body assy bolt and nut (baut dan mur throttle body) 2,0
Baut dan Mur exhaust manifold (x8) 5,3
Baut dan mur Intake Manifold 2,9
Baut dan mur Pipa EGR sub assy 1 1,3
Baut dan mur Pipa EGR sub assy 2 2
Penopang manifold 1,9
Penopang turbocharger 2,4
Catatan: Nilai torsi pada tabel diatas menggunakan satuan kg.m (kilogram meter), perhatikan penggunaan kunci torsi sebelum penggunaan.

Baca juga :

Dalam melakukan pengencangan khusus pada baut-baut silinder kepala, stang seher, dan main bearing cap, perhatikanlah dengan seksama urutan dan tahap-tahap pengencangannya. Kesalahan dalam pengencangan bisa mengakibatkan munculnya berbagai masalah di mesin.

Demikianlah artikel tentang tabel torsi baut mesin 2KD-FTV yang umum digunakan pada mobil kijang innova diesel, hilux, fortuner dan hiace yang sudah ombro rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE