4 Tanda aki mobil soak pada kendaraan - OMBRO

4 Tanda aki mobil soak pada kendaraan

Aki mobil secara garis besar memiliki peran penting sebagai penyedia arus dan tegangan listrik saat mesin belum berputar. Ya, peran aki mobil sangatlah penting bagi mesin yaitu sebagai tenaga awal untuk memutar motor starter agar mesin bisa dihidupkan. Selain itu, aki mobil juga memiliki beberapa fungsi lainnya, untuk lebih jelasnya sobat bisa membacanya pada artikel 3 fungsi aki (baterai) pada kendaraan.

Karena perannya yang sangat penting bagi kendaraan, perawatan dan pemeliharaan aki secara rutin perlu dilakukan dengan benar. Jika tidak, besar kemungkinan aki akan menjadi soak dan rusak. Aki mobil yang soak tentu saja akan menyulitkan kita disaat ingin mengunakan kendaraan tersebut.

tanda aki mobil soak

Aki mobil yang soak umumnya kerap memperlihatkan kondisi-kondisi yang secara kasat mata bisa kita lihat sebelumnya, bahkan tanpa alat ukur sekalipun. Namun begitu, penggunaan alat-alat ukur aki mobil akan memberi kepastian yang lebih jelas terkait apakah aki mobil tersebut sudah soak atau hanya sekedar kehabisan daya listriknya saja.

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi tentang tanda-tanda aki mobil soak yang perlu diketahui, simak infonya dibawah ini.


1. Mobil susah distarter


Tanda aki mobil soak yang paling mudah diketahui adalah saat mobil susah di starter. Tanda-tanda yang nyata adalah saat di starter hanya muncul suara tek-tek saja, atau kadang muncul suara treet-treet yang agak panjang terutama saat disarter. Aibatnya mesin mobil tidak dapat dihidupkan.

Selain hanya muncul suara tek-tek saja saat distarter, umumnya aki mobil soak juga akan menunjukkan lampu-lampu indikator di dashboard yang meredup saat steter mesin dilakukan. Begitu pula saat kita menekan tombol klakson. Aki mobil yang soak membuat suara klakson menjadi terdengar kecil dan tidak nyaring seperti biasanya.


2. Bodi aki terlihat menggelembung


Tanda aki mobil soak yang selanjutnya adalah bodi aki mobil yang terlihat menggelembung (kembung). Bagian yang sering menggembung umumnya ada di bagian sisi yang sejajar dengan kutub-kutub terminal aki mobil .

Penyebab bodi aki mobil menggelembung ini umumnya karena pernah terjadi overcharge sehingga air aki mendidih, tutup ventilasi air aki yang tersumbat, atau pernah di isi dengan air yang bukan peruntukkannya. Akibatnya, sel-sel aki mobil menjadi cepat rusak dan membuat aki menjadi soak.

Baca juga :


3. Air aki terlihat keruh dan kotor


Tanda aki mobil soak yang selanjutnya adalah air aki terlihat keruh dan kotor. Aki mobil yang soak kerap menunjukkan air aki yang warnanya menghitam dan terlihat seperti bagian dalamnya gosong. Selain itu muncul kotoran berupa serat-serat hitam di air aki.

Air aki yang keruh dan tampak menghitam ini umumnya terjadi akibat kerusakan sel-sel aki mobil sehingga bagian-bagian tersebut ikut rusak dan larut di dalam air aki.


4. Saat di cek dengan alat ukur hasilnya jelek


Tanda aki mobil soak yang terakhir ombro ketahui adalah saat dilakukan pengecekan aki dengan alat-alat ukur aki mobil, hasilnya menunjukkan data yang jelek sepeti misalnya, tegangan aki sudah kurang dari 9 volt, berat jenis air aki sudah berada dibawah angka 1.10 kg/l, atau jika di cek dengan menggunakan Digital Battery Tester, alat ini menunjukkan bahwa aki sudah dalam posisi Replace battery (aki sudah harus diganti).

Tanda aki mobil soak dengan menggunakan alat ukur aki mobil tentunya lebih meyakinkan dibandingkan dengan hanya melihat dari tampilan fisiknya saja.

Demikianlah artikel tentang 4 tanda aki mobil soak yang bisa ombro sampaikan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE