Lampu rem mobil mati ? Ini penyebab dan solusinya... - OMBRO

Lampu rem mobil mati ? Ini penyebab dan solusinya...

Jangan pernah sepelekan kondisi lampu rem mobil mati, baik mati sebelah atau mati di kedua sisinya. Menyepelekan kondisi lampu rem yang mati bisa mengakibatkan kecelakaan saat berkendara.

Ya, lampu rem bukan hanya sebagai hiasan lampu belaka, melainkan sebagai lampu isyarat dan informasi kepada pengemudi dibelakang bahwa kendaraan yang kita kemudikan akan berhenti atau mengurangi kecepatannya.

Sobat bisa bayangkan apa yang akan terjadi ketika kita mengerem mobil dan lampu remnya tidak menyala, sedangkan dibelakang kita ada kendaraan yang melaju dengan kencang.

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya kita juga perlu selalu memeriksa kondisi lampu rem mobil sebelum berkendara. Jika ditemukan lampu rem mobil mati, sebaiknya segera lakukan perbaikan sebelum melakukan perjalanan.

lampu rem mobil mati

Lantas apa saja penyebab lampu rem mobil mati? Artikel berikut akan mengupas penyebab lampu rem mobil mati berserta dengan tips pemeriksaan dan solusi terbaiknya.


1. Bohlam lampu rem rusak


Penyebab lampu rem mobil mati yang cukup sering ditemui adalah bohlam lampu rem rusak. Ketika bohlam lampu rem rusak biasanya akan muncul kondisi seperti dibawah berikut ketika kita menekan pedal rem
  • Lampu rem mobil mati sebelah (kanan atau kiri)
  • Lampu rem mobil mati kedua-duanya

Lampu rem mobil mati pada kedua sisi secara bersamaan akibat bohlam lampu rem rusak umumnya jarang terjadi, sedangkan untuk lampu rem mobil mati sebelah inilah yang kerap diakibatkan oleh bohlam lampu rem rusak. Bohlam lampu rem yang rusak memiliki ciri-ciri seperti dibawah berikut
  • Kawat filamen di dalam bohlam lampu rem terputus
  • Warna permukaan kaca bohlam lampu rem berubah menjadi hitam seperti gosong bekas terbakar
  • Kaca bohlam lampu rem pecah

Solusi untuk lampu rem mobil mati akibat bohlam lampu rem yang rusak ini adalah dengan mengganti bohlam lampu rem dengan bohlam yang baru.

Ketika sobat ingin membeli bohlam lampu rem yang baru, sebaiknya bawa contoh bohlam yang rusak tadi untuk menghindari kesalahan spesifikasi. Ya, bohlam lampu rem tiap mobil berbeda-beda baik ukuran watt bohlam lampunya atau jumlah terminal dan kawat filamen di dalam bohlam lampu rem tersebut.


2. Dudukan bohlam lampu rem rusak


Penyebab lampu rem mobil mati berikutnya adalah akibat dudukan bohlam lampu rem rusak. Meskipun cukup jarang terjadi, dudukan bohlam lampu rem juga bisa menjadi penyebab lampu rem mobil mati.

Berikut beberapa kondisi yang ombro ketahui ketika dudukan bohlam lampu rem rusak
  • Konektor di dalam dudukan bohlam lampu rem sudah berkarat, tergerus, putus, dan aus.
  • Sebagian / seluruh bodi dudukan bohlam lampu rem sudah berkarat dan menempel pada bodi bohlam lampu rem.
  • Terjadi short (hubungan singkat) antara bodi dengan kabel listrik utama lampu rem

Untuk memastikan bahwa dudukan bohlam lampu rem rusak atau tidak, sobat bisa melepas bohlam rem terlebih dahulu. Jika dudukan bohlam lampu rem tersebut dipasang bohlam lain yang masih bagus (baru) dan lampu tetap tidak menyala, ini artinya dudukan bohlam lampu rem sudah rusak.

Solusi untuk mengatasi dudukan bohlam lampu rem rusak adalah dengan mencoba memperbaiki bagian yang rusak, atau lebih amannya, ganti dudukan bohlam lampu rem dengan yang baru.

Baca juga:


3. Switch rem (saklar lampu rem) rusak


Penyebab lampu rem mobil mati selanjutnya adalah switch (saklar) lampu rem rusak. Switch rem ini umumnya terletak di bagian tuas pedal rem. Ketika pedal rem di injak, maka switch rem akan terhubung dan menghidupkan kedua lampu rem mobil sobat

Nah, ketika switch rem mobil sobat ini mengalami kerusakan, maka kedua lampu rem (kiri dan kanan) umumnya akan mati bersamaan.

Untuk memeriksa apakah switch rem bisa bekerja dengan baik atau tidak, sobat bisa menyambungkan dua buah kabel yang menuju ke switch rem secara langsung melalui konektor yang ada. Bisa menggunakan kabel lain yang ujungnya sudah dikupas, atau dengan menggunakan paper clip sebagai penghubung kedua kabel tersebut.

Ketika kedua kabel tersebut sudah dihubungkan dan lampu rem bisa menyala, dapat dipastikan bahwa switch rem sudah rusak.


4. Sekring (Fuse) lampu rem putus


Penyebab lampu rem mobil mati berikutnya adalah sekring (fuse) lampu rem putus. Ketika fuse lampu rem ini putus, umumnya kedua lampu rem juga akan mati secara bersamaan. Artinya, ketika kita menginjak pedal rem, kedua lampu rem mobil tidak menyala.

Fuse ini berfungsi sebagai pengaman arus listrik yang mengalir ke lampu rem. Ketika lampu rem short, biasanya fuse akan putus sehingga menghentikan arus listrik yang mengalir ke lampu rem dan mengakibatkan lampu rem mobil mati

Posisi dan letak sekring (fuse) lampu rem ini biasanya tergabung dengan fuse dan relay lainnya di dalam sebuah kopartemen bernama Fuse Box. Posisi Fuse Box tiap mobil ini berbeda-beda, namun umumnya ada dibagian dalam dekat setir bagian bawah atau ada di luar dibagian ruangan mesin.

Khusus untuk sekring lampu rem, biasanya ditandai dengan kode berupa tulisan "STOP" atau "BRAKE" yang bisa sobat lihat pada bagian penutup Fuse Box.

Saat sobat menemukan sekring lampu rem putus, ganti dengan sekring baru yang sesuai dengan ukuran sebelumnya. Jangan mengganti fuse dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil karena bisa berbahaya.

Ketika sobat memasang fuse yang baru dan tetap putus, ini menandakan bahwa jalur kabel pada sistem lampu rem sobat mengalami short circuit (korslet), sebaiknya bawa ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang benar terhadap jalur kabel sistem lampu rem.


5. Kabel lampu rem putus


Penyebab lampu rem mobil mati yang terakhir adalah kabel pada sistem lampu rem ada yang terputus. Kabel lampu rem yang putus ini umumnya diakibatkan oleh gigitan tikus.

Untuk memeriksa dimana jalur kabel yang putus ini cukup rumit dan harus runut sehingga sangat membutuhkan panduan dan orang yang ahli. Sebaiknya bawa ke bengkel terpercaya untuk menemukan dan memperbaiki kabel lampu rem yang putus tersebut.
Daftar isi
    SHARE