Penyebab lampu kabin mobil nyala terus - OMBRO

Penyebab lampu kabin mobil nyala terus

Lampu kabin yang menyala terus sepintas memang tidak terlihat membahayakan. Namun jika hal ini di diamkan terus menerus, tentu saja hal ini akan berimbas pada munculnya masalah-masalah lain yang bisa merugikan anda di kemudian hari.

Ya, lampu kabin yang terus menyala pastinya akan menghabiskan sumber daya listrik di aki mobil anda. Jika mesin masih menyala, tentu tidak terlalu masalah, namun jika mesin mobil mati dan tidak ada sistem pengisian aki yang bekerja , maka aki mobil bisa tekor dan efeknya bisa membuat mobil mogok.

penyebab lampu kabin mobil nyala terus

Selain aki tekor dan mobil mogok, lampu kabin yang terus menyala lama kelamaan juga bisa merusak penampilan casing lampu kabin tersebut. Lambat laun casing lampu kabin akan menguning atau bahkan mengitam akibat terpapar panas yang terus menerus. Hal ini tentunya membuat tampilan lampu kabin menjadi kurangsedap dipandang mata.

Lantas apa saja sih penyebab lampu kabin mobil nayala terus? Nah pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi masalah mobil tentang penyebab lampu kabin nyala terus. Simak informasi lengkapnya dibawah ini...

1. Mekanisme geser pada saklar lampu kabin rusak


Penyebab lampu kabin mobil nyala terus yang umum terjadi adalah akibat mekanisme geser pada skalar lampu kabin mengalami kerusakan. Biasanya, plat yang digunakan sebagai saklar sudah bengkok dan tidak elastis sehingga saat saklar di geser, plat tersebut tetap menempel sehingga arus listrik tetap mengalir dan membuat lampu kabin terus menyala.

Untuk pemeriksaannya sebenarnya cukup mudah, namun perlu kehati-hatian karena bisa menyebabkan short yang dapat membuat sekring lampu kabin putus atau terjadi kerusakan pada modul lampu kabin.


2. Door switch rusak


Penyebab lampu kabin mobil nyala terus yang berikutnya adalah akibat adanya salah satu door switch (saklar pintu) yang mengalami korslet / short. Door switch ini umum dipasang pada samping-samping pilar pintu sehingga saat pintu ditutup door switch akan tertekan oleh pintu mobil. Selain itu, untuk mengoperasikan lampu kabin ini, umumnya ada 3 posisi yaitu OFF, ON, dan DOOR (atau ada juga sebagian yang bertuliskan AUTO).

Posisi saklar OFF berarti lampu kabin mati, posisi ON berarti lampu kabin menyala terus selama saklar di posisi ON. Sedangakn untuk DOOR atau AUTO berarti lampu kabin akan menyala saat salah satu pintu kendaraan ada yang terbuka.

Cara kerja door switch ini adalah ketika pintu di tutup saklar pada door switch akan memutus hubungan dengan body / rangka sehingga arus listrik tidak mengalir dan lampu kabin akan padam. Ketika pintu di buka, maka saklar door switch akan saling terhubung sehingga arus listrik mengalir dan lampu kabin menyala.

Ketika lampu kabin terus menyala dan tidak mau mati (terlebih jika posisi saklar ada di posisi DOOR atau AUTO), hal ini menandakan ada salah satu door switch yang selalu terhubung dengan body.

Oleh karena itu, sebagai salah satu cara untuk memeriksa lampu kabin yang menyala terus adalah dengan memeriksa satu persatu door switch yang ada di setiap pintu. Cukup dengan menekan tombolnya berulang kali sambil memperhatikan nyala matinya lampu kabin.

Lakukan mulai dari pintu depan kanan kiri, pintu belakang kanan kiri, atau pintu hatchback yang ada di belakang sendiri. Jika di temukan peruabahan pada salah satu door switch, berarti door switch yang sedang di periksa merupakan penyebab lampu kabin mobil menyala terus.

Baca juga :


3. Modul lampu kabin error


Penyebab lampu kabin mobil nyala terus yang terakhir ombro ketahui adalah akibat modul lampu kabin error. Ya, pada sebagian model mobil masa kini, untuk pengaturan lampu kabin dan perangkat elektronik lainnya biasanya disatukan dengan menggunakan sebuah modul elektronik.

Sebagai contoh saja pada mobil MItsubishi Xpander yang menggunakan ETACS (Eletronic Time And Control Alarm System). Modul ini digunakan untuk melakukan modifikasi dan pengaturan perangkat elektronik seperti lampu kabin, lampu kepala (headlamp), wiper, door lock, atau lampu sen.

Jika pada pemeriksaan skalar lampu kabin serta door switch tidak ditemukan masalah, maka modul elektronik yang error seperti inilah yang kerap menjadi penyebab mengapa lampu kabin mobil nyala terus.

Untuk melakukan pemeriksaan modul elektronik ini tentunya membutuhkan alat scanner, dan ini biasanya hanya dimiliki oleh dealer resmi. Oleh karena itu, jika kedua pemeriksaan diatas memang sudah yakin tidak ada masalah, maka langkah terakhir adalah dengan memeriksakannya ke bengkel resmi.

Jika anda berkendara di kondisi malam hari dan mengalami masalah ini, satu solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan melepas sekring lampu kabin untuk memutus arus dan membuat lampu kabin padam. Dengan begitu, maka perjalanan malam anad akan tetap nayaman. Namun begitu, jangan lupa untuk memeriksa kembali masalah ini ke bengkel yang memang anda percaya.
Daftar isi
    SHARE