Arti kode sekring mobil Toyota Avanza berikut posisinya - OMBRO

Arti kode sekring mobil Toyota Avanza berikut posisinya

Masalah kelistrikan pada mobil kadang kala bisa saja terjadi, bahkan untuk mobil keluaran baru sekalipun. Masalah kelistrikan mobil yang timbul, kerap kali hanya berupa masalah-masalah kecil yang umumnya tidak rumit juga tidak terlalu berbahaya, asalkan penanganannya benar.

Seperti contohnya lampu rem mobil mati, lampu kepala (Headlamp) tidak menyala, hingga radio tape mati. Kondisi matinya lampu rem, lampu kepala atau radio tape ini memang banyak penyebabnya, namun yang paling umum ditemukan adalah karena sekring yang putus.

Penanganan termudah ketika sekring mobil putus adalah dengan mengganti sekring yang putus tersebut dengan sekring yang baru. Meskipun begitu, mengganti sekring mobil juga tidak boleh sembarangan, harus mengikuti aturan dan prosedur penggantian sekring yang benar untuk mencegah korslet yang bisa mengakibatkan mobil terbakar.

arti kode sekring mobil

Oleh karena itu, kita juga harus memahami arti kode sekring mobil yang kita gunakan untuk memudahkan dalam mengganti sekring mobil. Pasalnya, sekring mobil memiliki arti dan kode khusus yang akan menunjukkan besaran arus listrik yang di tolerir, serta ke komponen mana arus listrik pada sekring ini akan mengalir.

Perlu diketahui bahwa arti kode sekring mobil untuk tiap-tiap merek berbeda dan tidak sama, maka pada artikel kali ini, Ombro hanya akan menginformasikan arti kode sekring mobil yang dipasang pada mobil Toyota Avanza (2011-2014) sebagai contoh saja.

Untuk lebih jelasnya tentang arti kode sekring pada masing-masing mobil sobat, sebaiknya sobat mengikuti buku pedoman dan petunjuk manual kendaraan yang sobat miliki. Berikut adalah arti kode sekring mobil Toyota Avanza yang ada di kompartemen mesin

Arti kode sekring Avanza di mesin


arti kode sekring mobil 1
arti kode sekring mobil 2

No Kode Sekring Ampere Sirkuit / komponen
1 H-LP RH 10A Lampu besar sebelah kanan (lampu headlamp kanan)
2 H-LP LH 10A Lampu besar sebelah kiri (lampu headlamp kiri)
3 (ABS NO. 2) 30A Anti-lock brake system
4 EFI 15A Sistem injeksi bahan bakar, bahan bakar sequential multiport, sequential multiport/sistem injeksi, pompa bahan bakar
5 (A/C NO.1) 10A Sistem air conditioner
6 TAIL 10A Lampu belakang, lampu posisi depan, lampu plat nomor polisi, lampu kabut depan, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport
7 HORN (KLAKSON) 10A Klakson
8 (FR FOG) 20A -
9 (ECU-B) 10A Transmisi Otomatis
10 STOP 10A Lampu rem, lampu interior, lampu rem hight mounted, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, anti-lock brake system dan sistem kontrol shift lock.
11 BACK UP 10A Sistem diagnosis on-board, meter, sistem audio
12 IG1 40A -
13 AM2 30A -
14 HTR 40A Sistem air conditioner
15 SPARE (CADANGAN) 15A Sekring cadangan
16 SPARE (CADANGAN) 10A Sekring cadangan
17 SPARE (CADANGAN) 7.5A Sekring cadangan
18 EPS 50A Electric Power Steering
19 AM1 50A -
20 (ABS NO. 1) 40A Anti-lock brake system
21 RAD 30A Kipas pendingin radiator elektrik

Selain pada kompartemen mesin, Toyota Avanza ini juga memiliki kotak sekring (fuse box) yang ada di dalam kabin penumpang, tepatnya berada dibagian bawah setir sebelah kanan yang tertutup oleh cover dashboard.

Berikut adalah arti kode sekring mobil Toyota Avanza yang ada di bawah setir dalam kabin penumpang

Arti kode sekring avanza di kabin


arti kode sekring mobil 3

No Kode Sekring Ampere Sirkuit / komponen
1 POWER 30A Power Window
2 (HTR SUB) 7.5A Sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, sistem air conditioner
3 IG1/BACK 7.5A Flasher darurat, lampu mundur, sistem air conditioner, sistem starting, meter
4 ECU IG1 7.5A Anti-lock brake system, SRS airbag system, electric power steering
5 (DEF) 20A Defogger kaca belakang
6 (D/L) 15A Sistem power door lock
7 HAZARD 10A Lampu Sein (lampu tanda belok)
8 (CIG) 15A Power outlet (Cigarrete lighter)
9 ACC 10A Sistem audio, sistem kaca spion luar, shift lock control system
10 ST 7.5A Sistem injeksi bahan bakar multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, Starter
11 (FR FOG RH) 7.5A Lampu kabut (Foglamp) depan sebelah kanan
12 (FR FOG LH) 7.5A Lampu kabut (Foglamp) depan sebelah kiri
13 E/G 10A Sistem injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, pompa bahan bakar, kipas pendingin elektrik
14 ECU IG2 10A Meter, transmisi otomatis, sistem kontrol shift lock
15 (A/C NO.2) 10A Sistem Air Conditioner (AC)
16 FR WIP 20A Wiper dan Washer kaca depan
17 (RR WIP) 15A Wiper dan Washer kaca belakang

Baca juga :

Jadi, misalkan kita mengalami masalah lampu depan sebelah kanan mobil mati, maka kita bisa melakukan pengecekan sekring mobil dengan melihat pada kotak sekring (fuse-box) yang ada pada kompartemen mesin.

Letak sekring lampu besar sebelah kanan avanza ini ada di posisi no 1 pada gambar yang terlampir diatas dengan kode sekring H-LP RH yang memiliki batas arus 10 Ampere. Dengan begitu, maka pengecekan masalah pada sistem kelistrikan mobil khususnya tentang sekring bisa lebih cepat dan mudah diselesaikan.

Selain itu, Anda juga perlu menyediakan sekring cadangan di mobil Avanza. Hal ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi sekring mobil putus di perjalanan malam sehingga Anda sudah memiliki sekring pengganti yang siap digunakan kapan saja. Siapkan di mobil sekarang juga, stock satu set sekring mobil avanza dengan mengunjungi link ini.

Demikianlah artikel tentang arti kode sekring mobil Toyota Avanza berikut posisinya bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE