Ukuran Torsi Baut Mesin G15A Suzuki Carry Futura Injeksi 1.5
Ukuran Torsi Baut Mesin G15A Suzuki Carry Futura Injeksi 1.5 - Kiprah dan jejak rekam Suzuki Carry memang sudah cukup lama ada di Indonesia. Bahkan hingga kini, mobil tersebut masih diproduksi dan terus berevolusi sehingga tetap sesuai dengan regulasi emisi yang ditentukan pemerintah.
Setidaknya, Suzuki Carry ini sudah hadir lebih dari 10 generasi. Modelnyapun sangat beragam begitupula dengan seri mesin yang disematkan di dalamnya. Khusus untuk artikel kali ini, Ombro akan berbagi informasi seputar tabel ukuran torsi baut mesin G15A Suzuki Carry Futura Injeksi 1.5 injeksi dengan kode body SL415 yang menjadi mobil Suzuki Carry Futura generasi ke sembilan.
Suzuki Carry Futura ini memiliki kembaran yatu Mitsubishi Colt T120SS, namun mesin yang digunakan berbeda. Suzuki Carry menggunakan mesin seri G15A yang diproduksi oleh Suzuki sendiri, begitupula dengan T120SS. Ia menggunakan mesin Mitsubishi tipe 4G15 yang sama-sama berkapasitas 1500cc.
Ya, mesin G15A ini adalah mesin 1500cc 4 silinder segaris yang sudah dibekali dengan sistem Injeksi multipoint (MPI). Mesin ini mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 79ps di 5000 rpm. Sedangkan untuk torsinya, mesin G15A mampu mengeluarkan torsi maksimum sebesar 120Nm di 5500 rpm. Mesin ini masih menggunakan timing belt sebagai penggeraknya dan masih membutuhkan penyetelan klep secara berkala.
Dibawah berikut ini adalah Ukuran Torsi Baut Mesin G15A Suzuki Carry Futura Injeksi 1.5 yang sudah Ombro siapkan. Simak informasi lengkapnya dibawah ini.
Tabel Ukuran Torsi Baut Mesin G15A Suzuki Carry Futura Injeksi 1.5
Komponen Yang Dikencangkan | Momen Pengencangan | |
---|---|---|
N.m | kg-m | |
Engine Assembly | ||
Mur dan baut bracket engine mounting | 55 | 5,5 |
Mur dan baut bracket frame engine mounting | 93 | 9,3 |
Oil pressure switch | 14 | 1,4 |
Baut oil pump strainer | 11 | 1,1 |
Baut bracket oil pump strainer | 11 | 1,1 |
Drain plug | 50 | 5,0 |
Oil pump plate screw | 11 | 1,1 |
Baut oil level gauge guide | 11 | 1,1 |
Baut pompa oli | 11 | 1,1 |
Oil pump plug | 23 | 2,3 |
Mur dan baut oil pan | 11 | 1,1 |
Timing Belt | ||
Baut CKP sensor | 10 | 1,0 |
Tensioner stud bolt | 11 | 1,1 |
Baut tensioner | 25 | 2,5 |
Baut timing belt outside cover | 11 | 1,1 |
Baut pulley crankshaft | 16 | 1,6 |
Baut crank timing belt pulley | 130 | 13,0 |
Cylinder Head | ||
Baut pulley camshaft | 60 | 6,0 |
Baut camshaft housing | 11 | 1,1 |
Baut rocker arm shaft | 11 | 1,1 |
Rocker arm shaft plug | 32 | 3,2 |
Rocker arm adjusting screw lock nut | 12 | 1,2 |
Baut cylinder head cover | 11 | 1,1 |
Baut pipa exhaust | 50 | 5,0 |
Baut case sensor CMP | 11 | 1,1 |
Baut silinder kepala (cylinder head) | 33 → 53 → 0 → 33 → 66 | 3,3 → 5,3 → 0 → 3,3 → 6,6 |
Cylinder Block | ||
Mur connecting rod bearing cap (mur setang seher) | 35 | 3,5 |
Baut transmisi ke cylinder block | 85 | 8,5 |
Mur transmisi ke cylinder block | 85 | 8,5 |
Baut transmission stiffener | 50 | 5,0 |
Baut crankshaft bearing cap (baut main bearing cap) | 54 | 5,4 |
Baut rear oil seal housing | 11 | 1,1 |
Baut flywheel atau drive plate | 76 | 7,6 |
Venture plug | 4 | 0,4 |
Catatan:
- Nilai torsi dan kekencangan baut pada tabel diatas menggunakan satuan Newton meter dan Kilogram meter. Perhatikan nilai satuan torsi pada Torque Wrench / kunci torsi yang digunan sebelum melakukan pengencangan. Pastikan satuan ukurannya sudah sama.
- Khusus untuk Baut Silinder Head, pengencangan dilakukan secara berurutan. Pertama, kencangkan seluruh baut sebanyak 33Nm, lalu lanjutkan pengencangan hingga didapat momen 53Nm. Setelah itu kendorkan kembali semua baut yang ada sampai 0Nm. Lanjutkan kembali pengencangan seluruh baut sebanyak 33Nm, dan lanjutkan sampai mencapai 66Nm.
Baca juga:
- Daftar Spesifikasi Dan Ukuran Kekencangan Baut Mesin Mitsubishi T120SS
- Cara Setel Klep Mobil Suzuki Carry 1.5
- Pemeriksaan MAP Sensor Mobil Suzuki Carry 1.5
Dalam melakukan setiap pengencangan, khususnya pada Cylinder head bolt, Bearing cap bolt, Connecting rod nut, selalu kencangkan baut sesuai dengan urutan dan langkah-langkahnya. Kesalahan dalam melakukan tahap-tahap pengencangan bisa merusak baut atau komponen yang ada.
Demikianlah artikel tentang Ukuran Torsi Baut Mesin G15A Suzuki Carry Futura Injeksi 1.5 yang bisa ombro sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih