Cara setel klep mobil suzuki carry 1.5 - OMBRO

Cara setel klep mobil suzuki carry 1.5

Penyetelan klep pada mesin mobil berfungsi untuk mengoptimalkan kembali performa mesin dengan cara mengatur kembali waktu buka tutup valve agar sesuai dengan ritme mesin. Klep yang terlalu renggang akan membuat mesin bunyi kletek-kletek, sedangkan klep yang terlalu rapat dapat menimbulkan boros bahan bakar dan mesin menjadi goyang.

Oleh karena itu, penyetelan klep pada mesin ini sebaiknya tetap dilakukan secara rutin seperti misalnya pada saat tune up mesin di 5000 kilometer atau 10.000 kilometer (sesuaikan dengan jadwal service pada masing-masing mobil). Kita bisa menggunakan Feeler gauge untuk mengukur dan menyetel celah klep sesuai spesifikasinya.

cara setel klep mobil szuki carry

Nah, pada artikel kali ini ombro akan memberikan tips dan cara menyetel klep mobil suzuki carry 1.5 injeksi. Perhatikan cara setel klep mobil suzuki carry 1.5 pada langkah-langkah di bawah berikut ini.

1. Lepas Kabel Negatif Aki


Langkah pertama untuk menyetle celah klep mobil suzuki carry adalah dengan melepaskan kabel negatif aki mobil. Melepas kabel ini bertujuan untuk menghindari bahaya dan kerugian akibat mobil di stater selama penyetelan celah klep


2. Lepas Ignition Coil Assy


Selanjutnya, lepaskan 2 buah koil berikut kabel busi yang menempel di atas cover cylinder head dengan membuka baut pengikat koil. Saat ini lepaskan juga selang PCV valve yag mengikat pada cylinder head cover.


3. Lepaskan Cylinder Head Cover


Berikutnya, lepaskan juga cylinder head cover dengan membuka seluruh baut pengikat cylinder head cover yang berjumlah 6 buah. Hati-hati jangan sampai merusak gasket tutup kepala silinder headnya.


4. Putar pulley crankshaft hingga tanda top sejajar


Gunakan socket 17mm, lalu putar pulley crankshaft searah jarum jam hingga tanda "V" (dengan cat putih) yang ada di pulley bertemu lurus dan sejajar dengan tulisan "0" (nol) pada timing belt cover. Perhatikan pada gambar dibawah ini

Cara setel klep mobil suzuki carry  1

Setelah tanda top pada puley crankshaft sejajar, maka kita perlu menentukan mana celah klep yang dapat di setel. Untuk dapat menentukannya maka kita perlu memeriksa pergerakan klep.

Celah klep yang dapat bergerak merupakan celah klep yang bisa dilakukan penyetelan. Namun begitu perhatikan pada gambar dibawah ini

cara setel klep mobil suzuki carry  2

  • Jika klep urutan no 1,2,5, dan 7 bisa digerakkan ini berarti piston top 1. Klep ini bisa diperiksa dan di setel.
  • Jika klep urutan no 3,4,6,dan 8 bisa digerakkan ini berarti piston top 4,. Kelp yang bisa bergerak ini bisa diperiksa dan di setel.


5. Ukur dan stel celah klep piston top 1


Saat Piston top 1 maka kita dapat menyetel celah klep urutan no 1,2,5, dan 7 saja. Setelah itu perhatikan daftar ukuran celah klep untuk mobil suzuki carry 1.5 pada tabel dibawah ini


Suhu Dingin Suhu panas
Intake valve 0.13-0.17 mm (0.005 -0.006 in) 0.17-0.21 mm (0.007-.008 in)
exhaust valve 0.23-0.27 mm (0.009-0.010 in) 0.28-0.32 mm (0.011-.012 in)

Gunakan feeler gauge ukuran 0.006 in untuk intake valve dan 0.010 in untuk exhaust valve saat kondisi mesin dingin. Sedangkan untuk penyetelan celah klepnya perhatikan pada gambar dibawah berikut ini

Penyetelan celah klep exhaust
cara setel klep mobil suzuki carry  3

Penyetelan celah klep intake
cara setel klep mobil suzuki carry  4

Jika celah klep tidak sesuai spesifikasi, setel dengan cara memutar adjusting screw setelah mengendurkan lock nut terlebih dahulu. Setelah penyetelan, kencangkan lock nut sesuai spesifikasi sambil menahan adjusting screw dan pastikan celah klep sudah sesuai spesifikasi pada tabel.

Periksa dan setel semua celah klep sesuai dengan posisi top piston. Pastikan semua telah disetel dan lock nut sudah dikencangkan.

Baca juga :


6. Putar Pulley crankshaft 1 putaran penuh (360 derajat)


Putar pulley crankshaft 360 derajat ( 1 putaran penuh) hingga tanda top kembali sejajar dan saling bertemu.
cara setel klep mobil suzuki carry  5


7. Ukur dan stel celah klep piston top 4


Setelah urutan celah klep saat piston top 1 selesai di setel, maka kita akan menyetel urutan celah klep piston no 4 yaitu pada urutan klep no 3,4,6, dan 8. Untuk ukuran celah klep dan cara penyetelannya lakukan dengan cara yang sama seperti pada langkah no 5 diatas.

Periksa dan setel semua celah klep sesuai dengan posisi top piston. Pastikan semua telah disetel dan lock nut sudah dikencangkan.


8. Pasang kembali Komponen yang dilepas sebelumnya


Pasang cylinder head cover, Selang PCV, igniton coil, serta terminal negatif aki. Pastikan pemasangan sudah benar dan tepat Setelah semua pemasangan selesai, hidupkan mesin untuk memeriksa penyetelan sudah benar dan tepat.

Demikianlah artikel cara setel klep mobil suzuki carry 1.5 injeksi yang bisa ombro sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE