Penyebab aki mobil baru tapi mobil tidak bisa distarter - OMBRO

Penyebab aki mobil baru tapi mobil tidak bisa distarter

Sudah beli aki mobil baru tapi mobil masih tidak bisa distarter? Barangkali, hal inilah yang membawa sobat masuk dan membaca artikel ini. Ya, memang hal ini bisa saja terjadi karena dalam penggantian aki mobil dari yang lama ke yang baru sebenarnya ada beberapa prosedur yang seharusnya dilakukan untuk mencegah kejadian seperti ini.

Salah satunya adalah melakukan cas aki sebelum aki dipasang ke mobil. Namun begitu, kejadian aki mobil baru tapi mobil tidak bisa distarter pun tetap bisa terjadi meskipun prosedur yang benar sudah dilakukan.

aki mobil baru tapi mobil tidak bisa distarter

Nah pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi tentang apa saja penyebab aki mobil baru tapi mobil tidak bisa distarter. Simak infonya dibawah berikut ini


1. Aki belum di charge (cas)


Penyebab aki mobil baru tapi mobil tidak bisa distarter pertama kali sering terjadi adalah aki belum dicharge terlebih dahulu. Ya, secara umum aki baru biasanya belum menyimpan cukup arus dan tegangan listrik untuk digunakan sebagai daya untuk memutar starter motor dan menyalakan mesin.

Memang, ada beberapa produk dan merek aki yang bisa langsung digunakan setelah aki dikeluarkan dari boksnya, namun tidak semua merek aki membuat jenis aki seperti itu, terlebih aki basah yang tidak free maintenance.

Oleh karena itu, agar aki mobil baru bisa digunakan untuk menstarter mesin, ada baiknya aki mobil baru tersebut di charge terlebih dahulu setidaknya setengah sampai satu jam. Setelah itu biarkan sistem pengisian listrik di mobil meneruskan tugasnya untuk memenuhi kebutuhan listrik pada aki yang baru tersebut.


2. Kualitas aki baru tidak baik


Penyebab aki mobil baru tapi tidak bisa distarter yang kedua adalah akibat kualitas aki yang baru dibeli tidak baik. Bisa jadi, anda telah membeli aki baru yang ternyata adalah aki rekondisi (aki lama yang diperbaiki kondisinya sehingga tampak seperti baru).

Aki rekondisi umumnya tidak jelas kualitasnya karena merupakan produk perbaikan dari aki yang sudah tidak layak pakai. Oleh karena itu, saat anda membeli aki baru, selalu pastikan keaslian aki mobil yang dibeli..

Anda bisa melihatnya dari boks,segel, serta kondisi akinya itu sendiri yang bisa langsung dilihat saat pembelian. Selain itu,pastikan adanya jaminan dan garansi yang diberikan oleh penjual aki tersebut.

Ada baiknya untuk selalu membeli aki pada toko aki yang sudah anda percaya, atau melalui agen-agen penjual aki yang resmi


3. Ada masalah pada kelistrikan sistem starter


Penyebab aki mobil baru tapi tidak bisa distarter yang ketiga adalah adanya masalah kelistrikan pada sistem starter mobil anda. Sistem starter pada mobil terdiri dari banyak komponen, mulai dari aki mobil, kabel-kabel starter, sekring, relay, hingga motor starternya itu sendiri.

Masing-masing komponen bisa saja bermasalah dan kebetulan rusak berbarengan saat anda mengganti aki mobil dengan yang baru, contohnya :
  • Bagian dalam terminal kepala aki tertutup kerak sehingga koneksi terputus
  • Sekring starter putus
  • Relay starter rusak
  • Kabel solenoid starter terlepas
  • Motor starter mengalami kerusakan, dll

Silahkan baca lebih lengkapnya pada artikel 5 Penyebab mobil susah di starter yang sudah pernah ombro tuliskan sebelumnya.

Baca juga :


4. Alarm mobil mencegah mobil bisa distarter


Penyebab terakhir aki mobil baru tapi tidak bisa distarter adalah akibat alarm mobil yang mencegah mobil bisa distarter. Ya, pada sebagian alarm mobil ada yang memiliki fungsi untuk memutus arus listrik ke sistem starter sehingga mobil tidak dapat distarter.

Biasanya, hal ini dialami apabila ada prosedur pengaktifan alarm yang terlewat seperti misalnya saat membuka pintu diperlukan menekan tombol "open" di remote alarm. Namun karena awalnya aki mati, langkah tersebut tidak dilakukan.

Oleh karena itu, coba ulangi lagi langkah pengaktifan dan penonaktifan alarm mobil dengan benar agar sistem keamanan tidak memutus aliran listrik ke sistem starter mobil.

Daftar isi
    SHARE