Penyebab dinamo starter rusak - OMBRO

Penyebab dinamo starter rusak

Dinamo starter merupakan komponen penting yang digunakan saat pertama kali kita akan menghidupkan mesin mobil. Dinamo starter membutuhkan arus listrik yang besar dari aki mobil agar dapat memutar mesin.

Di mobil, dinamo starter memang di desain agar tahan lama serta memiliki cara kerja yang efektif seperti misalnya ketika tidak digunakan, gigi-gigi (gear) pada dinamo starter tidak akan terhubung dengan gear di mesin.

Selain itu, jika mesin baru pertama kali hidup, putaran mesin akan lebih cepat dari putaran dinamo starter, dan dinamo starter akan aman-aman saja karena di dalamnya dipasang overrunning clutch yang akan mencegah kerusakan dinamo starter ketika terjadi putaran balik yang lebih cepat dari mesin.

penyebab dnamo starter rusak

Namun, sebagai komponen yang terus digunakan secara rutin, dinamo starter juga tak luput dari kerusakan. Lantas apa saja yang menyebabkan dinamo stater ini rusak ? Berikut beberapa penyebab dinamo starter mobil rusak yang kerap terjadi ...


1. Memaksa dinamo starter terus bekerja


Penyebab dinamo starter rusak yang paling sering terjadi adalah akibat memaksa dinamo starter terus bekerja untuk menghidupkan mesin meskipun mesin tidak mau menyala. Umumnya, waktu yang digunakan untuk melakukan starter mesin hingga mesin hidup berkisar diantara 2-5 detik saja, lebih dari itu bisa menimbulkan banyak masalah, mulai dari dinamo starter rusak hingga aki mobil menjadi soak.

Dinamo starter rusak bisa terjadi akibat aliran listrik yang terlalu besar dari aki mengalir terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Saat listrik berarus besar dari aki mengalir ke dinamo starter, maka akan timbul panas.

Panas inilah yang akan mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen di dalam dinamo starter seperti misalnya pada carbon brush, kumparan armature, magnetic switch, atau field coil yang akan tampak gosong dan terbakar hingga putusnya lilitan dan gulungan kumparan pada armatur coil dan field coil.

Oleh karenanya, jika sobat menstarter mesin yang tidak mau hidup, sebaiknya berikan jeda setidaknya 2 sampai 3 menit setelah menstarter mesin lebih dari 3 kali starter. Selain itu, usahakan untuk menstarter mesin tidak lebih dari 10 detik. Menstarter mesin lebih dari 10 detik bisa mengakibatkan dinamo starter rusak.


2. Menstarter mesin saat mesin sudah hidup


Penyebab dinamo starter rusak yang berikutnya adalah akibat menstarter mesin saat hidup. Fungsi dinamo starter yang paling utama adalah untuk menstarter mesin pertama kali sehingga mesin dapat hidup dan menyala. Setelah mesin menyala maka dinamo starter tidak lagi di fungsikan.

Jika dinamo starter di fungsikan saat mesin sudah hidup maka akan terjadi tumbukan antara ring gear flywheel dengan pinion gear yang ada didalam dinamo starter. Akibatnya gigi-gigi pada dinamo starter ataupun pada ring gear flywheel akan menjadi rusak dan tidak lagi bisa saling mengait.

Kerusakan pada gear-gear ini akan membuat dinamo starter menjadi los saat digunakan kembali (dinamo starter berputar tapi tidak dapat memutar mesin).

Oleh karenanya, hindari kesalahan menstarter mesin saat mesin sudah hidup yaitu dengan tidak terburu-buru menstarter mesin dan selalu memperhatikan lampu-lampu beserta kondisi jarum rpm di dashboard mobil.


3. Carbon brush dinamo starter habis


Penyebab dinamo sarter rusak yang selanjutnya adalah akibat carbon brush dinamo starter sudah habis. Ya, dinamo starter merupakan komponen yang juga perlu dirawat meskipun dalam jangka waktu yang lama. Salah satu contohnya adalah kondisi carbon brush di dalam dinamo starter.

Carbon brush berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik dari aki menuju ke kumparan armature sehingga armature bisa berputar akibat munculnya energi magnet karena listrik yang mengalir pada kumparan.

Seiring waktu dan rutinitas pemakaian dinamo starter, maka lambat laun carbon brush ini akan semakin menipis dan habis. Habisnya carbon brush didalam dinamo starter akan mengakibatkan aliran listrik dari aki menjadi terhenti sehingga dinamo starter tidak dapat memutar mesin.

Baca juga :


4. Menggunakan sekring starter yang nilainya diatas ketentuan


Menggunakan sekring starter yang nilainya diatas ketentuan juga bisa menjadi penyebab dinamo starter rusak. Kondisi ini kerap ditemukan jika ukuran sekring yang normal selalu putus saat digunakan sehingga beberapa orang memutuskan untuk menggunakan sekring yang lebih tinggi nilainya dari ketentuan yang ada.

Seharusnya, cara seperti ini tidak digunakan karena sangat beresiko akan terjadinya korsleting listrik pada mobil yang efeknya bisa menyebabkan kebakaran.

Jika pada dinamo starter, menggunakan sekring starter yang melebihi batas ukuran akan menyebabkan kerusakan pada Ignition switch serta pada bagian solenoid starter (magnetic switch). Ya, penggunaan sekring berkapasitas yang lebih besar akan mempercepat rusaknya kumparan pull in coil dan hold in coil dalam solenoid starter. Lilitan putus dan gosong pada solenoid starter adalah efek yang akan muncul.


5. Magnetic switch (Solenoid starter) rusak


Penyebab dinamo starter rusak yang berikutnya adalah akibat rusaknya solenoid starter tepatnya pada bagian kontak antara terminal C dengan terminal 30. Terminal 30 pada solenoid starter akan terhubung dengan aki, sedangkan terminal C akan terhubung dengan kumparan armature.

Kerusakan ini umumnya terjadi akibat kontak pada solenoid starter sudah mulai aus dan usang akibat pemakaian yang sudah lama. Kondisi rusaknya kontak pada solenoid starter ini juga akan mengakibatkan dinamo starter tidak dapat berfungsi normal.


6. Dinamo starter terlalu lama terendam air saat banjir


Penyebab dinamo starter rusak yang lainnya adalah akibat dinamo starter terlalu lama terendam air saat banjir. Air, memang musuh utama komponen-komponen di mobil seperti contohnya untuk dinamo starter ini. Air bisa menghilangkan grease/gemuk yang ada di bagian dalam overrunning clutch dan kerap kali akan meninggalkan jejak lumpur di dalamnya.

Hilangnya grease dalam overruning clutch serta munculnya endapan lumpur akibat campurnya air dengan grease menyebabkan overruning clutch menjadi macet dan tidak dapat berputar dengan lancar. Kondisi ini lah yang akhirnya membuat pinion gear rusak putaran dinamo starter juga menjadi los saat mesin di starter.

Demikianlah artikel tentang beberapa penyebab dinamo starter rusak yang bisa ombro sampaikan, semoga bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE