Ciri dinamo starter mobil rusak - OMBRO

Ciri dinamo starter mobil rusak

Ada perbedaan yang cukup jelas antara dinamo starter mobil rusak dengan sistem starter mobil yang rusak. Dinamo starter mobil rusak menandakan bahwa hanya komponen dinamo starternya saja yang rusak, sedangkan jika sistem starter yang rusak menandakan bahwa satu atau beberapa komponen yang ada dalam sistem starter mengalami kerusakan.

Salah satu contoh dari sistem starter rusak adalah aki mobil tekor. Sedangkan salah satu contoh dari dinamo starter mobil rusak adalah solenoid dinamo starter short (korslet). Nah, sampai sini saya harap anda bisa memahami perbedaan antara rusaknya sistem starter dengan rusaknya komponen dinamo starter mobil.

Dengan memahami kondisi tersebut maka kita bisa membatasi pembahasan terkait ciri dinamo starter mobil rusak. Tidak pada sistemnya melainkan hanya pada dinamo starternya saja. Lantas apa saja sih ciri dinamo starter mobil rusak ? Berikut penjelasannya.


1. Muncul bunyi "gemeretak" saat distarter


Hal pertama yang bisa menjadi ciri dinamo starter mobil rusak adalah munculnya bunyi "gemeretak" dari dinamo starter mobil saat distarter. Bunyi gemeretak ini muncul akibat tidak terkaitnya gigi pada gear pinion dengan gigi pada ring gear mesin.

Gear pinion pada dinamo starter dan ring gear di mesin yang rusak (aus) akan menimbulkan bunyi gemeretak saat mobil distarter. Suara gemertak akan semakin keras apabila kadar kerusakan yang dialami oleh masing masing gear sudah sangat parah.

ciri dinamo starter  mobil rusak 1


2. Muncul bunyi mendesing saat distarter


Hal berikutnya yang menjadi ciri dinamo starter mobil rusak adalah munculnya bunyi mendesing saat distarter. Bunyi mendesing yang muncul saat distarter ini kerap terjadi apabila bearing one way bearing di dalam pinion gear rusak.

Akibatnya, poros armature yang seharusnya memberikan putaran untuk pinion gear hanya berputar pada porosnya sendiri dan tidak membawa pinion gear ikut berputar (istilahnya sering dibilang starter loss). Saat itulah bunyi mendesing akan terdengar dari dinamo starter namun tidak ada tanda-tanda bahwa mesin ikut berputar.

ciri dinamo starter  mobil rusak 2



3. Saat dingin starter mudah, saat panas starter sulit


Kondisi berikutnya yang menjadi ciri dinamo starter mobil rusak adalah saat kondisi mesin dingin, starter mesin sangat mudah, namun saat kondisi panas starter mesin menjadi susah. Ya, kondisi tersebut bisa terjadi akibat dari resistansi kumparan (hold in coil dan pull in coil) sudah semakin besar. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca pada artikel pemeriksaan pull in coil yang ada didalam motor starter.

Ketika suhu panas mesin mengenai bodi solenoid maka nilai tahanan di dalam kumparan tersebut akan semakin bertambah besar. Efeknya, arus listrik akan tertahan dan tidak bisa mengalir menembus kumparan tersebut. Ketika arus listrik tertahan di kumparan tersebut maka dinamo starter menjadi sulit untuk dihidupkan.

ciri dinamo starter  mobil rusak 3


Baca juga :


4. Tidak ada reaksi pada dinamo starter mobil saat distarter


Hal berikutnya yang menjadi ciri dinamo starter mobil rusak adalah tidak adanya reaksi dari dinamo starter mobil saat distarter. Umumnya ketika distarter akan muncul suara dari dinamo starter seperti "ctek" dan lain sebagainya.

Ketika tidak ada reaksi dari dinamo starter, maka hal ini bisa menjadi ciri dinamo starter rusak. Namun, sebelum memvonis dinamo starter mobil rusak, pastikan terlebih dahulu komponen lainnya yang ada di dalam sistem starter tidak ada masalah.

Ciri lainnya yang bisa menjadi penanda ketika dinamo starter rusak karena tidak ada reaksi pada dinamo starter saat distarter adalah putusnya sekring (fuse) untuk dinamo starter.

ciri dinamo starter  mobil rusak 4

Sekring yang putus menandakan bahwa ada jalur kelistrikan di dalam dinamo starter yang mengalami short atau terbakar. Kondisi yang sering terjadi adalah kumparan pada field coil dan armature dalam kondisi short atau terbakar, selain itu carbon brush biasanya juga ikut terbakar. Hal inilah yang akan menyebabkan kondisi sekring untuk dinamo starter menjadi putus.
Daftar isi
    SHARE