Sebab-sebab mobil distarter tidak mau hidup - OMBRO

Sebab-sebab mobil distarter tidak mau hidup

Untuk mengidentifikasi permasalahan mobil mogok memang membutuhkan tenaga ahli seperti mekanik atau teknisi. Pasalnya, penyebab mobil mogok itu sangat beragam, bahkan masing-masing produsen mobil memiliki teknologi yang berbeda-beda sehingga dalam penanganannya harus orang yang benar-benar paham pada teknologi yang dipakai di mobil tersebut.

Namun begitu, secara sistem mobil pada umumnya, penyebab mobil mogok relatif sama, hanya saja beda penamaan dan cara kerjanya. Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar masalah mobil tentang sebab-sebab mobil distarter tidak mau hidup.

sebab mobil distarter tidak mau hidup

Perlu diketahui bahwa ciri yang terjadi pada mobil distarter tidak mau hidup adalah starter motor bisa berfungsi dengan normal dan dapat memutar mesin dengan cukup kuat.

Hal ini menandakan aki mobil juga masih cukup bagus karena starter motor masih mau bekerja. Namun, putaran mesin yang dihasilkan motor starter ini tidak dapat menghidupkan mesin meskipun kita sudah berkali-kali menstarter mesin.

Lantas apa saja sebab-sebab mobil distarter tidak mau hidup? Berikut sebab-sebab mobil distarter tidak mau hidup yang ombro ketahui...


1. Bahan bakar kosong atau habis


Penyebab mobil distarter tidak mau hidup yang paling mudah untuk pertama kali di deteksi adalah bahan bakar kosong atau habis. Tidak ada bahan bakar, maka mesin tidak akan mau hidup.

Oleh karena itu, saat mobil distarter tidak mau hidup, maka pertama kali yang perlu sobat lakukan adalah perhatikan jarum atau indikator fuel level pada dashboard. Pastikan persedian bahan bakar di mobil masih ada dan bisa digunakan untuk menghidupkan mesin. Jika kosong, maka dengan mengisi bahan bakar akan menyelesaikan masalahnya.


2. Sekring EFI Putus


Penyebab mobil distarter tidak mau hidup yang berikutnya adalah sekring EFI putus. Sekring EFI ini merupakan sekring yang akan mengamankan jalur kelistrikan untuk seluruh sistem EFI di mobil mulai dari ECU, sensor dan aktuator.

Jika sekring EFI ini putus, maka aliran listrik dari aki ke ECU serta yang menuju sensor-sensor tidak akan mengalir. Akibatnya, mesin tetap tidak mau dihidupkan meskipun starter bisa dilakukan.


3. Main relay rusak


Selain sekring EFI, pada beberapa mobil juga terdapat main relay yang fungsinya untuk mengaktifkan ECU serta, sensor-sensor, serta fuel pump. Jika main relay rusak atau putus lilitannya, maka arus listrik juga tidak akan terhubung ke komponen-komponen pada sistem EFI di mobil.

Akibatnya mesin tetap tidak mau hidup meski distarter berulang kali. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua mobil menggunakan main relay ini, namun jika ada pastikan main relay ini bisa bekerja dengan baik.

Baca juga :


4. Masalah pada sistem bahan bakar (Fuel system)


Penyebab mobil distarter tidak mau hidup selanjutnya adalah akibat adanya masalah pada sistem bahan bakar. Sistem bahan bakar pada mobil injeksi akan mengatur seluruh kebutuhan bakar mesin bagi mesin mulai dari saat starter hingga akselerasi dan beban penuh.

Berikut beberapa masalah yang kerap terjadi di fuel system yang mengakibatkan mobil distarter tidak mau hidup.

  • Fuel pump / pompa bahan bakar rusak, menyebabkan bahan bakar tidak mengalir menuju injektor
  • Fuel pressure regulator rusak, menyebabkan tekanan bahan bakar kurang dan proses pengabutan injektor terganggu.
  • Saringan bensin (fuel filter mampet), menyebabkan bahan bakar tidak dapat mengalir ke injektor
  • Injektor mampet, menyebabkan mesin tidak mendapatkan semprotan bahan bakar di masing-masing silinder mesin.

Adanya masalah pada komponen dalam sistem bahan bakar seperti diatas umumnya bisa mengakibatkan mesin bisa distarter namun tidak mau hidup.


5. Masalah pada sistem pengapian (Ignition system)


Penyebab mobil distarter tidak mau hidup juga bisa diakibatkan oleh sistem pengapian yang bermasalah. Sistem pengapian pada mobil injeksi cukup banyak model, jenis, dan komponennya, namun ombro akan berbagi tentang apa saja komponen yang paling sering menyebabkan masalah mobil distarter tidak mau hidup.

Berikut komponen sistem pengapian yang menyebabkan mobil distarter mesin tidak mau hidup :
  • Busi basah oli atau rusak (mati)
  • Igniter (power transistor) untuk busi rusak
  • Ignition coil (Koil) rusak
  • Sensor EFI rusak seperti contohnya pada sensor CKP (Crankshaft Posiition Sensor) dan sensor CMP (Camshaft Position Sensor)
  • Engine Control Unit (ECU) rusak

Kerusakan pada komponen sistem pengapian seperti contoh diatas umumnya akan mengakibatkan tidak adanya percikan api pada busi di ruang bakar masing-masing silinder mesin, sehingga tidak akan terjadi proses pembakaran didalam mesin yang efeknya mesin menjadi tidak bisa hidup.


5. Masalah pada valve train mesin


Penyebab mobil distarter tidak mau hidup yang terakhir ombro ketahui adalah akibat adanya masalah pada valve train mesin. Valve train ini merupakan sistem di mobil yang mengatur kerja valve sesuai dengan putaran crankshaft dan camshaft.

Ketika valve train di mobil ini memiliki masalah maka umumnya mesin bisa distarter namun akan terasa los dan putaran mesin saat starter seperti tidak bertenaga. Berikut beberapa komponen valve train yang menjadi penyebab mobil distarter tidak mau hidup :

  • Timing belt atau timing chain putus, menyebabkan starter motor hanya memutar crankshaft dan piston saja.
  • Camshaft dan atau crankshaft patah, mengakibatkan putaran antara crankshaft dan camshaft tidak lagi sinkron satu sama lain sehingga langkah kerja mesin menjadi berantakan.


Demikianlah artikel tentang sebab-sebab mobil distarter tidak mau hidup yang bisa ombro sampaikan. Semoga bisa bermanfaat...

Daftar isi
    SHARE