Tips saat baterai remote Smart Entry Key Habis - OMBRO

Tips saat baterai remote Smart Entry Key Habis

Smart entry key saat ini memang sudah banyak di terapkan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Smart entry key sangat mempermudah aktifitas untuk membuka pintu dan menghidupkan mesin mobil.

Sobat hanya cukup mengantungi kunci tersebut untuk membuka pintu mobil hingga menghidupkan mesin mobil tanpa perlu memasukkan anak kunci kedalam key slot. Sekali tekan tombol, mesin langsung menyala dan mobil siap dikendarai.

Ya, kemudahan ini akan terus terjaga selama baterai remote smart entry key masih memiliki daya listrik yang mencukupi. Lantas bagaimana jika suatu saat baterai remote smart entry key ini kehabisan daya baterai ?

mengatasi baterai smart entry key habis

Untuk smart entry key yang kehabisan daya baterai, biasanya akan ditandai dengan tidak terbukanya pintu mobil saat kita menekan tombol pada gagang pintu atau akan muncul indikator kunci tidak terdeteksi yang menyala pada dashboard mobil.

Berikut adalah tips yang bisa sobat lakukan saat baterai remote smart entry key habis daya listriknya.


Membuka pintu mobil


Untuk membuka pintu mobil saat baterai remote smart entry key habis, sobat bisa menggunakan anak kunci yang umumnya sudah disediakan didalam smart entry key . Sobat tinggal membuka penguncinya dan menarik anak kunci keluar dari smart entry key. Perhatikan contohnya pada gambar dibawah berikut

tips saat smart entry key habis baterai

Setelah anak kunci terlepas dari smart entry key, masukan keadalam slot kunci yang ada di pintu mobil. Anak kunci tersebut bisa sobat gunakan untuk membuka dan mengunci pintu mobil disaat smart entry key kehabisan daya baterai.


Menghidupkan mesin mobil


Setelah sobat bisa masuk kedalam kabin mobil dengan menggunakan anak kunci tersebut, kini saatnya untuk menyalakan mesin mobil. Untuk menyalakan mesin mobil disaat baterai remote smart entry key habis sebenarnya sama saja caranya dengan menyalakan mesin mobil yang baterai remotenya tidak habis baik untuk mobil manual ataupun untuk mobil matic, silahkan baca pada artikel cara menyalakan mobil start engine yang sudah pernah ombro posting sebelumnya

Namun, meskipun caranya menyalakan mesin mobilnya sama, khusus untuk remote smart entry key yang kehabisan daya baterai tetap memerlukan cara-cara khusus. Setidaknya ada 2 model cara menghidupkan mesin saat baterai remote smart key habis

1. Dengan menempelkan body smart entry key ke tombol Start Engine

menempelkan kunci pada tombol

Cara ini adalah cara yang paling banyak di terapkan pada smart entry key mobil-mobil masa kini, karena cukup mudah dan cepat jika dibandingkan cara lainnya. Berikut cara menghidupkan mesin dengan menempelkan body smart entry key ke tombol start engine.
  • Tekan tombol start engine hingga ketemu posisi ON
  • Tempelkan body smart entry key sedikit didepan tombol start engine
  • Injak pedal kopling (mobil manual) dan injak rem (mobil matic)
  • Tekan tombol start engine dan mesin mobil akan menyala

Baca juga :


2. Dengan memasukan Smart entry key pada slot khusus


masukkan kunci pada slot khusus

Pada mobil tertentu, disediakan slot khusus untuk meletakkan smart entry key disaat baterai remote smart entry key habis. Umumnya diletakkan dekat dengan console box tengah atau ada juga yang diletakkan di dalam laci mobil depan kursi penumpang (sebaiknya baca pada buku manual pemilik kendaraan). Setelah sobat menemukan slot khusus tersebut, berikut cara menghidupkan mesin mobilnya
  • Masukkan smart entry key kedalam slot khusus tersebut
  • Tekan tombol start engine hingga posisi ON
  • Injak pedal kopling (mobil manual) dan rem untuk mobil matic
  • Tekan sekali lagi tombol start engine dan mesin mobil akan menyala.

Nah, setelah mesin mobil bisa hidup dan sobat bisa mengendarai mobil ke rumah, segera lakukan penggantian baterai remote smart entry key mobil sobat agar lebih mudah saat masuk dan menghidupkan mesin mobil.

Demikianlah tips darurat saat baterai remote smart entry key habis bisa ombro sampaikan, terima kasih.
Daftar isi
    SHARE