Apa itu coating mobil dan manfaatnya ? - OMBRO

Apa itu coating mobil dan manfaatnya ?

Istilah coating mobil memang sudah tidak asing lagi untuk di dengar, terlebih dengan munculnya nano ceramic coating yang kini cukup trend dikalangan para pecinta otomotif. Meskipun sudah cukup marak terdengar, namun tidak sedikit dari kita yang paham apa sih sebenarnya coating mobil itu ? Dan apa saja manfaat melakukan coating pada mobil ?

Coating mobil adalah sebuah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil sehingga lapisan baru ini bisa membuat tampilan warna cat pada bodi mobil selalu terlihat fresh, kinclong, tidak kusam, lebih sejuk dipandang serta mempermudah dalam melakukan perawatan eksterior mobil.

apa itu coating mobil

Lapisan coating mobil ini memiliki tingkat kerapatan molekul yang lebih tinggi dibandingkan pelindung cat mobil seperti sealant atau wax sehingga lapisan coating ini dapat masuk dan menutup pori-pori pada permukaan cat. Hal inilah yang membuat coating mobil lebih tahan terhadap residu, air dan kotoran.

Selain itu, lapisan coating mobil ini juga akan menjaga tampilan warna cat mobil agar selalu tampak bening, glossy, mengkilap dan selalu terlihat cerah karena lapisan coating mobil ini umumnya menggunakan bahan SiO2 atau silikon dioksida yang juga merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca.

Oleh karenanya banyak orang yang menyebut coating jenis ini dengan sebutan ceramic coating. Selain ceramic coating, saat ini pun sudah dikembangkan jenis coating terbaru yang lebih memiliki tingkat kekerasan lebih tinggi dari ceramic coating yaitu Sapphire Serum Coating.

Teknologi ini diklaim memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dibanding dengan ceramic coating, yaitu lapisan coating yang memiliki tingkat kekerasan (hardness) hingga mencapai 9H+ berdasarkan sertifikasi dari SGS internasional.


Manfaat Coating mobil


Sebagai pelapais tambahan pada permukaan cat dan bodi mobil, coating mobil memiliki manfaat-manfaat yang cukup besar guna menjaga penampilan mobil tetap segar dan tidak kusam. Berikut beberapa manfaat coating mobil.

1. Mencegah Warna Cat Memudar

Salah satu manfaat coating mobil ini adalah untuk mencegah pudarnya warna cat mobil. Ya, lapisan coating mobil akan melindungi permukaan cat sekaligus warna cat dari paparan sinar Ultra Violet yang ikut terbawa bersama pancaran sinar matahari.

Seperti diketahui bahwa sinar Ultra Violet memiliki efek yang kurang baik terhadap permukaan dan warna cat. Warna cat pada permukaan bodi mobil yang sering terpapar sinar Ultra Violet akan lebih cepat pudar dan kusam.

Kemampuan coating mobil untuk mencegah warna cat memudar akibat paparan sinar Ultra Violet ini dikenal dengan sebutan Anti UV.

2. Bodi mobil memiliki daya tahan terhadap goresan yang lebih baik (Scratch Resistance)

Manfaat coating mobil berikutnya adalah permukaan cat menjadi lebih memiliki daya tahan terhadap goresan (Scratch Resistance) yang lebih baik dibanding tanpa coating. Untuk manfaat yang satu ini tentu sangat tergantung dari kualitas bahan coating yang digunakan serta seberapa tebal lapisan coating yang diberikan ke permukaan cat.

Semakin tebal dan semakin keras lapisan coating yang diberikan, maka daya tahan cat mobil terhadap gores dan baret juga akan meningkat dan semakin baik. Istilahnya cat lebih tahan terhadap gores halus.

3. Bodi lebih tahan terhadap air dan jamur (water repellent effect)

Manfaat coating mobil selanjutnya adalah bodi mobil dan permukaan cat menjadi lebih tahan terhadap bercak air dan jamur akibat adanya water repellent effect. Water repellent effect ini juga dikenal sebagai efek daun talas yang akan mencegah air dan kotoran agar tidak mudah menempel dan akan langsung tergelincir saat menyentuh permukaan cat.

Air yang jatuh ke atas permukaan bodi mobil ini tidak akan menempel ke bodi sehingga dapat meminimalisir munculnya bercak air di permukaan cat sekaligus dapat mencegah tumbuhnya jamur di atas bercak air tersebut.

Permukaan cat yang memiliki bercak air yang mengering, lambat laun akan menimbulkan jamur pada bodi mobil. Coating mobil ini akan meminimalisir tumbuhnya jamur akibat bercak air yang mengering di bodi mobil tersebut.

Baca juga :


4. Kilap mobil lebih tahan lama

Manfaat coating mobil yang berikutnya adalah coating mobil dapat memberikan efek kilap pada bodi mobil yang lebih tahan lama. Jika menggunakan wax atau sealant, kilap mobil hanya bertahan 1-3 bulan saja, coating mobil bisa lebih dari itu. Bahkan untuk jenis nano ceramic dan sapphire serum, kilap mobil diklaim bisa tahan hingga 3 tahun lebih.

Meskipun klaim coating mobil ini bisa selama itu, namun semua tetap tergantung dari perawatan dan cara penggunaan yang dilakukan sehari-hari.


Berapa biaya coating mobil ?


Untuk harga dan biaya coating mobil ini tentunya berbeda-beda antara produk satu dengan produk lainnya, pun dengan salon mobil yang mengerjakannya, harga juga bisa berbeda satu sama lainnya.

Umumnya, biaya untuk melakukan coating mobil ini memiliki rentang harga di kisaran 2.5 juta sampai 6 juta untuk sekali pengerjaan. Semakin bagus kualitas coating mobil yang digunakan serta menggunakan teknisi yang ahli, tentu harganya juga akan semakin mahal.


Perawatan bodi dan cat sehari-hari tetaplah penting


Meskipun mobil sudah dilakukan coating, bukan berarti kita bebas membiarkan mobil terkena air dan kotoran tanpa mencucinya. Coating hanya mempermudah saat perawatan terutama saat mencuci mobil.

Dengan adanya coating, maka proses pembersihan air dan kotoran pada bodi mobil menjadi lebih mudah, selain itu, lapisan coating juga akan tetap mempertahankan warna dan tampilan cat mobil anda agar selalu tampil fresh dan tidak kusam.
Daftar isi
    SHARE