Cara starter mobil matic dengan benar - OMBRO

Cara starter mobil matic dengan benar

Sebagai pengemudi pemula yang baru pertama kali mengemudikan mobil, menstarter dan menghidupkan mobil bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Banyak kekhawatiran yang akan muncul di kepala, seperti contohnya mesin tidak mau hidup dan mobil terasa melompat saat di starter.

Urusan menstarter mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan akan semakin mudah seiring dengan berjalannya kebiasaan tersebut. Meskipun begitu, pada beberapa tipe kendaraan urusan menstarter mobil ini memerlukan perlakuan yang lebih khusus, contohnya pada mobil bertransmisi automatic atau sering disingkat mobil matic.

Selain itu, teknologi yang di terapkan pada kunci starter mobil pun kini juga banyak mengalami perubahan, contohnya munculnya teknologi Immobilizer, Keyless entry ataupun Keyless Operating System. Perubahan tersebut jelas ikut merubah pola dan cara menstarter mobil khususnya mobil matic.

Artikel berikut akan menginformasikan bagaimana cara starter mobil matic dengan kunci mobil mode lama, dan kunci mobil model baru.

cara starter mobil matic


I. Cara starter mobil matic dengan kunci model lama


Kunci model lama yang dimaksud kali ini adalah kunci mobil yang menggunakan anak kunci dan memiliki slot kunci (slot kunci ini biasanya terdapat pada bagian kanan bawah setir mobil). Berikut adalah cara starter mobil matic dengan kunci model lama
  1. Masukkan kunci pada slot kunci lalu putar ke posisi ON
  2. Pastikan tuas persneling sudah berada pada posisi P (park) atau posisi N (Netral)
  3. Injak dan tekan pedal rem
  4. Putar kunci mobil ke posisi START dan tahan seraya menunggu mesin hidup
  5. Ketika mesin hidup dan menyala, lepaskan tangan dari kunci dan biarkan kunci kembali ke posisi ON dengan sendirinya.

Tips starter dengan kunci model lama

  • Jika anak kunci tidak mau diputar ke posisi ON, coba gerakkan setir ke kanan atau kekiri sambil putar anak kunci ke posisi ON.
  • Jika masih tidak mau starter, coba starter mesin pada kedua posisi tuas persneling, yaitu starter di posisi P, jika gagal lakukan starter di posisi N.


II. Cara starter mobil matic dengan kunci model baru


Kunci model baru yang dimaksud disini adalah kunci mobil yang sedang menggunakan teknologi keyless Operating System (KOS) dan sejenisnya. Dengan teknologi ini, kita tidak perlu lagi menggunakan anak kunci, melainkan hanya dengan menekan tombol START/STOP ENGINE. Berikut cara starter mobil matic dengan kunci model baru.
  1. Pastikan kunci berada didalam mobil
  2. Pastikan tuas persneling sudah berada pada posisi P (park) atau posisi N (Netral)
  3. Injak dan tekan pedal rem
  4. Tekan tombol START/STOP ENGINE sekali untuk meng "ON" kan kelistrikan mobil, lalu tekan kembali untuk mulai men"starter" mesin.
  5. Dengan begitu, mesin akan mulai berputar dan hidup

Tips apabila mesin tidak mau hidup

  • Pastikan langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar lalu coba ulangi sekali lagi.
  • Jika masih tidak mau starter, coba starter mesin pada kedua posisi tuas persneling, yaitu starter di posisi P, jika gagal lakukan starter di posisi N.
  • Jika masih belum mau distarter, bisa jadi battery pada kunci sudah lemah atau mati. Coba letakkan kunci pada key slot khusus yang umum disediakan untuk kondisi darurat saat battery kunci mati. Setelah itu, coba ulangi kembali langkah-langkah menstarter mobil matic diatas.

Jika cara-cara diatas mesin masih belum mau distarter, kemungkinan besar mobil anda memiliki masalah terhadap starting sistemnya. Baca lebih lanjut artikel tentang 4 Penyebab mesin mobil susah distarter atau sebaiknya panggil orang yang ahli untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Daftar isi
    SHARE