Cara Menyalakan Mobil Start Engine - OMBRO

Cara Menyalakan Mobil Start Engine

Fitur Start Stop Engine yang dahulu hanya ada pada mobil-mobil kelas premium kini sudah banyak diaplikasikan pada mobil-mobil baru dengan harga Rp 200 jutaan, bahkan fitur tersebut seakan sudah menjadi fitur standard yang seharusnya ada di setiap mobil keluaran terbaru.

Fitur Engine Start merupakan sebuah fitur yang dipasang untuk menggantikan peran dan fungsi kunci kontak guna mempermudah akses pengemudi baik saat masuk kedalam mobil atau saat akan menghidupkan mobil.

Jika menggunakan kunci kontak biasa, saat akan masuk ke mobil, pengemudi perlu memasukkan kunci kontak ke slot kunci di pintu. Begitu pula ketika akan menghidupkan mesin, pengemudi harus memasukkan anak kunci dan memutar kunci guna menstarter mesin.

cara menyalakan mobil start engine 2

Dengan adanya fitur Start engine ini, pengemudi tidak lagi direpotkan dengan aktifitas memasukkan kunci kedalam slot seperti sebelumnya.

Pengemudi disediakan kunci yang bisa bekerja secara elektronik dan otomatis dapat mencocokkan kunci dengan mobil agar mobil bisa dioperasikan tanpa perlu melakukan aktifitas memasukkan anak kunci ke slot kunci.

Lantas, bagaimanakah cara menyalakan mobil start engine ini?

Artikel berikut adalah tips bagi anda yang mungkin masih belum terbiasa dalam menyalakan mesin mobil yang menggunaan fitur engine start ini. Berikut langkah-langkah cara menyalakan mobil start engine


1. Tekan tombol start engine pertama kali


Dengan menekan tombol start engine pertama kali, hal ini akan mengaktifkan beberapa sistem kelistrikan di mobil.

Cara Menyalakan Mobil Start Engine 1

Menekan tombol engine start sekali, memiliki fungsi yang sama dengan posisi ACC pada mobil dengan kunci kontak manual. Pada posisi ini radio tape dan beberapa aksesoris kelistrikan di mobil bisa dinyalakan.


2. Tekan tombol start engine kedua kali


Tekan tombol start engine kedua kalinya akan membuat seluruh kondisi kelistrikan di mobil baik untuk mesin ataupun aksesoris dalam kondisi ON dan siap untuk dinyalakan.

cara menyalakan mobil start engine 2

Pada kondisi ini, seluruh indikator mesin di dashboard akan menyala seperti indikator oli, indikator aki, posisi tuas persneling matic, dll. Kondisi ini sama dengan posisi ON pada mobil dengan kunci kontak manual.

Baca juga:



3. Tekan tombol start engine ketiga kali


Untuk menyalakan mesin mobil, sobat perlu menekan tombol start engine sekali lagi. Namun sebelum sobat menekan tombol untuk yang ketiga kalinya, sobat perlu melakukan hal berikut ini

Mobil transmisi manual

  • Tekan dan tahan pedal kopling lalu tekan tombol start engine
  • Mesin starting dan hidup

Mobil transmisi Automatic

  • Pastikan posisi tuas persneling ada di P (parking) atau N (Neutral)
  • Injak pedal rem lalu tekan tombol start engine
  • Mesin starting dan hidup

cara menyalakan mobil start engine 3

Jika pada langkah menekan tombol start engine yang ketiga kalinya sobat tidak menekan pedal kopling (manual) atau menekan pedal rem (matic), maka posisi kunci di mobil akan kembali ke awal (OFF).

Sehingga untuk menyalakan mobil start engine ini, sobat harus memastikan tombol sudah di tekan hingga posisi ON (dashboard dan indikator mesin menyala) baru kemudian menyesuaikan langkah selanjutnya untuk mobil manual atau automatic.

Catatan :
Hindari menyalakan mobil start engine secara kasar seperti langsung menekan pedal rem dan menstarter mesin dengan cepat guna menghindari beberapa kondisi yang bisa merugikan seperti airbag malfungsi dan error pada sistem kelistrikan.

Demikianlah langkah-langkah dan cara menyalakan mobil start engine yang bisa kami sampaikan, semoga bisa membantu anda yang belum terbiasa degan sistem semacam ini pada mobil anda.
Daftar isi
    SHARE