Honda Brio RS 2018 - Harga, Review, dan spesifikasi september 2018 - OMBRO

Honda Brio RS 2018 - Harga, Review, dan spesifikasi september 2018

Selama ini Honda Brio memang cukup diminati oleh publik Indonesia, dikenalkan pertama kali oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada tahun 2012, Honda Brio mendapat sambutan yang cukup masif kala itu. Hingga Akhirnya Honda terus mengembangkan Honda Brio dari waktu ke waktu guna menjaga eksistensi tipe ini.

Salah satunya adalah dengan meningkatkan tampilan (Facelift) serta membenamkan beberapa fitur andalan kekinian yang akan membuat nyaman seluruh penumpang di dalamnya. Ya, kini Honda Brio sudah masuk pada varian RS yang tampil sangat sporty, stylish dan juga elegan.

Diperkenalkan pada perhelatan GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Honda Brio RS 2018 cukup menarik perhatian publik. Tampilannya yang banyak berubah dari generasi sebelumnya menjadikan Honda Brio menjadi lebih segar dengan gaya Stylish dan sporty.

honda brio rs 2018

Desain hatchback dengan rear full glass yang dulu digunakan pada Honda Brio Versi lawaspun kini sudah tidak nampak, berganti dengan buritan sporty yang mirip dengan versi kakaknya Honda Mobilio RS. Sedangkan pada bagian depannya juga banyak berubah, tampil lebih gahar dan sporty banget.

Seperti apa sih perubahannya ? Nah, pada artikel berikut, ombro akan mereview Honda Brio RS 2018 mulai dari eksterior, interior serta beberapa fitur tambahan yang disematkan pada mobil ini, yuk kita mulai...


Eksterior Honda Brio RS


Perubahan tampilan memang banyak terjadi pada Honda Brio RS 2018, terlebih pada bagian eksteriornya. Pada sisi depan, desain lampu headlamp berbentuk persegi panjang dengan sudut-sudut meruncing di keempat sudutnya memberikan kesan sporty. Tambahan LED guide pada headlamp membuat tampilan Honda Brio RS ini menjadi lebih stylish.

eksterior honda brio rs 2018

Segaris dengan headlamp, tampilan logo khas Honda berwarna silver yang ada ditengah terlihat sangat kontras dengan grille berwarna hitam dengan logo RS di sisi kanannya. Bergeser kebawah, kesan sporty semakin tampak dengan dua buah foglamp ditengah bezel hitam bersudut lancip kedalam.

Pada sisi samping, dua garis bodi Honda Brio RS memberikan kesan sporty ditambah dengan velg dual tone berukuran 15 inchi berdesain terbaru. Bergeser kesisi belakang, perubahan besar juga terjadi pada sisi ini.

eksterior honda brio rs 2018

Hatchback model full glass sudah tidak lagi tampak pada Honda Brio RS ini. Spoiler bergaya sporty berukuran besar dengan tail gate LED ditengahnya tampil di atas kaca belakang. Sisi Rear Combination lamp pun juga mengalami perubahan.

Bentuknya yang sedikit mengkotak dan meruncing ke samping bodi membuat tampilan belakang Honda Brio RS ini menjadi sangat serasi. Rear bumper dengan difuser dipasangkan, efek sporty semakin mengental pada bagian belakang Honda Brio RS.


Interior Honda Brio RS


Beralih ke sisi interior Honda Brio RS, balutan warna hitam menjadi tema Honda Brio RS yang memang menonjolkan kesan Sporty. Orange lining list nampak hadir disebagian sisi dashboard seperti pada kisi-kisi AC. Menampilkan desain stylish yang memang sudah tampak pada sisi dashboard.

interior honda brio rs 2018

Head unit model box berukuran 6.1 inchi dan panel AC auto bergaya digital di bagian tengah terlihat serasi dan mudah dijangkau selama mengemudi. Bergeser ke sisi steering wheel, Posisinya yang pas ditambah dengan adanya tilt steering membuat pengemudi nyaman saat mengendalikan mobil ini.

Kemudahan itu juga semakin bertambah dengan hadirnya audio switch, mempermudah pengoperasian head unit selama berkendara. Panel dashboard monochrome dengan eco assist yang simple dengan logo RS di dalamnya membuat aroma sporty semakin kental.

Dibagian jok, 4 adjustable headrest tersedia pada masing-masing kursi. Balutan warna hitam dengan pattern sporty dipasangkan disekujur seat yang tersedia.

interior honda brio rs 2018

Untuk bagasi, mobil hatchback ini memang terlihat kecil, namun cukup untuk digunakan membawa beberapa koper besar. Saat membuka pintu bagasinya kini tidak lagi terasa repot karena sudah mengadopsi sistem elektrik yang lebih nyaman digunakan.


Dimensi Honda Brio RS


Dimensi Honda Brio RS ini terbilang kompak, secara keseluruhan Honda Brio RS ini mengusung sistem G-CON + ACE yang aman, Honda Brio RS memiliki panjang 3815mm dengan lebar 1680mm dan tinggi 1485mm.

Jarak sumbu roda 2405mm membuatnya tetap stabil saat dipacu pada kecepatan tinggi namun mampu bermanuver dengan baik dikala macet menghadang.

Sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut, sedangkan belakang menggunakan H Shape Torsion Beam yang menciptakan rasa nyaman saat melewati jalan bergelombang.

Sedangkan untuk sistem pengereman, pada bagian depan mengandalkan rem cakram ber ventilasi dan bagian belakang menggunakan tipe tromol berteknologi ABS dan EBD yang semakin membuat aman ketika harus menghadapi kondisi-kondisi jalan yang licin.


Mesin Honda Brio RS


Honda Brio RS mengusung mesin berkapasitas 1199cc (1.2 L) SOHC 4 silinder segaris 16 katup berteknologi i-VTEC dan Drive by Wire. 35L bahan bakar sudah cukup membuat fuel tank mobil ini terisi penuh.

Mesin Honda Brio RS 2018

Meskipun kapasitas tangki 35L namun dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) menjadikan mobil ini termasuk golongan mobil yang hemat bahan bakar sehingga bisa menempuh perjalanan jauh sekalipun.

Biarpun mobil ini tergolong irit bahan bakar namun tidak serta merta membuatnya menjadi mobil yang tidak bertenaga. Daya Maksimum yang bisa dikeluarkan mesin tersebut berada di angka 90ps pada putaran 6000rpm, sedangkan momen puntir yang bisa dihasilkan cukup besar berada di angka 110Nm di putaran 4800rpm.

Efeknya, daya pacu mobil untuk berakselerasi saat melaju bisa berlangsung tanpa kendala dan tidak terkesan loyo, selain itu tenaga dorong untuk melibas jalanan menanjak dan curam pun masih sangat mumpuni.


Fitur Honda Brio RS


Honda Brio RS memiliki fitur yang cukup dapat diandalkan baik dari segi keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Berikut beberapa Fitur Honda brio RS yang ada
  • Dual Front i-SRS Airbag yang melindungi bagian depan ketika terjadi benturan
  • Seatbelt 3-point with Pretensioner and load limiter yang nyaman dan aman digunakan
  • Seatbelt reminder yang akan mengingatkan pengemudi jika sabuk pengaman tidak dipakai
  • Auto door Lock by Speed yang akan membuat semua pintu terkunci secara otomatis ketika mobil sudah melaju diatas kecepatan 20km/jam.
  • Sistem keyless Entry dan immobillizer yang akan mencegah pencurian mobil
  • Pembuka pintu belakang bersistem elektrik
  • Eco assist yang akan membantu anda untuk menunjukkan seberapa efisien cara mengemudi yang dilakukan
  • Audio Steering Switch
  • dan beragam fitur tambahan lainnya

Baca juga :


Spesifikasi Honda Brio RS


Berikut Spesifikasi Honda Brio RS yang kami rangkum dari Honda-indonesia.com

Spesifikasi Honda Brio RS 2018
Mesin
Tipe 1.2 L SOHC 16 Katup i-VTEC + DBW
Kapasitas Silinder 1199 cc
Jumlah Silinder 4 silinder
Jumlah Katup 16
Tenaga Maksimum 90ps/6000rpm
Torsi Maksimum 110Nm/4000rpm
Sistem Bahan Bakar PGM-FI
Bahan Bakar Bensin Tanpa Timbal
Kapasitas tangki bahan bakar 35 L
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 3815mm x 1680mm x 1485mm
Jarak sumbu roda 2405mm
Chassis
Transmisi Automatic CVT/ Manual 5-Speed
Sistem Kemudi Rack dan Pinion + Electric Power Steering (EPS)
Suspensi Depan Mac Pherson Struts with Coil Spring
Suspensi Belakang H Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated disc
Rem Belakang Drum
Ukuran velg R15
Fitur
Kenyamanan 6.1" Touchscreen Display Audio, USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone
Front Tweeter speaker
ECO assist
Digital A/C
Electric rear trunk opener
Keamanan Immobilizer & Alarm
Dual SRS Airbag
3-Point Safety Belt with Pretension & Force Limiter
Antilock Brake System
Electronic Brake Force  Distribution System
Auto Door Lock By Speed
Struktur bodi G-CON + ACE™


Harga Honda Brio RS


All New Honda Brio terbagi menjadi 3 tip dengan 5 varian yaitu tipe S, tipe E, dan tipe RS. Sedangkan pada pilihan transmisinya otomatis CVT dan manual 5 percepatan. Harga dibawah berikut kami rangkum berdasarkan situs honda-indonesia.com yang merupakan situs resmi honda. Harga tersebut dapat berbeda dan berubah sewaktu waktu.

Harga All New Honda Brio
Model Variant Harga
All New Honda Brio S M/T Rp. 139.000.000,-
All New Honda Brio E M/T Rp. 147.500.000,-
All New Honda Brio E CVT Rp. 162.500.000,-
All New Honda Brio RS M/T Rp. 175.000.000,-
All New Honda Brio RS CVT Rp. 190.000.000,-


Video Honda Brio RS 2018


Daftar isi
    SHARE