Penyebab motor starter berputar lambat - OMBRO

Penyebab motor starter berputar lambat

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada starting sistem mobil adalah motor starter berputar lambat. Ciri-ciri yang bisa kita ketahui adalah saat kunci kontak di putar ke posisi START, putaran yang dihasilkan oleh motor starter tersasa lambat dan terasa berat untuk memutar mesin. Hal ini mengakibatkan mesin menjadi tidak bisa dihidupkan akibat lemahnya kompresi yang dihasilkan dalam ruang bakar.

Ada dua cara singkat yang umum digunakan untuk mengakali masalah ini. Jika mobil matic, biasanya dilakukan jumper aki mobil atau ganti aki dengan yang baru. Jika mobil manual selain jumper atau ganti aki dengan yang baru, untuk menghidupkan mesin masih bisa dilakukan dengan cara mendorongnya.

Namun begitu, cara tersebut bukan solusi tuntas untuk mengatasi masalah starter motor berputar lambat ini. Tentunya diperlukan pemeriksaan yang tepat pada sistem starter di mobil mulai dari aki, kabel-kabel starter, sekring dan relay, hingga pemeriksaan motor starter secara menyeluruh yang memerlukan pembongkaran motor starter. Baca: Fungsi sistem starter pada kendaraan

Penyebab motor starter berputar lambat

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar penyebab motor starter berputar lambat yang pernah ombro temukan. Simak informasi penyebab motor starter berputar lambat dibawah ini.

1. Tegangan dan arus listrik kurang


Penyebab motor starter berputar lambat adalah tegangan dan arus listrik yang berasal dari aki mobil kurang. Ya, untuk membuat motor starter berputar dengan cepat, ia membutuhkan aki dengan kondisi yang baik dengan tegangan dan arus listriknya cukup.

Jika tegangan dan arus listrik yang mengalir dari aki kurang, maka putaran yang dihasilkan oleh motor starter akan lambat dan tidak kuat untuk memutar mesin. Kondisi ini kerap di alami jika aki mobil sudah dalam keadaan tekor dan soak, atau akibat terminal akinya berkerak dan kotor sehingga mengganggu hantaran arus listrik yang dibutuhkan motor starter.

Oleh karena itu, pastikan bahwa aki mobil sudah dalam kondisi yang bagus dan terminal aki tidak berkerak sebelum melakukan pemeriksaan lainnya terkait penyebab motor starter berputar lambat.


2. Saklar starter pada IG switch jelek


Saklar starter pada IG switch (kunci kontak) juga bisa menjadi penyebab motor starter berputar lambat. Hal ini bisa terjadi akibat saklar sudah mulai usang sehingga plat saklar yang ada di dalamnya mulai kotor, aus, atau sudah tidak menyambung dengan sempurna.

Ketika kondisi saklar sudah tidak menyambung dengan sempurna, maka hantaran listrik yang menuju ke solenoid starter akan berkurang, akibatnya daya magnet pada pull in coil dan hold in coil akan melemah dan membuat kontak (saklar yang menghubungkan antara terminal 30 dan terminal C) tidak menyentuh dengan sempurna. Akibatnya daya listrik berkurang dan membuat putaran motor starter menjadi lambat.


3. Sikat karbon (brush) habis


Sikat karbon (brush) yang habis juga bisa menjadi penyebab motor starter berputar lambat. Sikat carbon berfungsi untuk meneruskan aliran arus listrik dari field coil ke armature coil melalui komutator untuk langsung dialirkan ke ground (masa).

Jika kondisi sikat karbon habis, maka antara sikat karbon dengan armatur akan terjadi gap atau jarak sehingga arus dan tegangan listrik yang mengalir juga akan terhambat dan berkurang. Akibatnya putaran motor starter akan lambat dan tidak kuat untuk memutar mesin.


4. Komutator pada armature kotor


Mirip dengan kondisi sikat karbon yang habis, komutator yang kotor juga kerap menjadi penyebab motor starter berputar lambat. Penyebab munculnya kotoran pada komutator merupakan hal yang wajar terjadi karena komutator akan terus bergesek dengan sikat karbon selama motor starter bekerja.

Selain itu, besaran arus listrik yang mengalir dari sikat karbon ke komutator juga kerap menghasilkan percikan bunga api dan arang karbon yang kerap menempel pada komutator. Nah kotoran-kotoran inilah yang dapat mengahalangi hantaran arus listrik dari sikat karbon ke kamutator. Akibatnya putaran motor starter akan lambat akibat kekurangan daya listrik.

Baca juga :


5. Bushing untuk armature shaft karat dan macet


Penyebab motor starter berputar lambat yang lainnya adalah akibat bushing untuk armature shaft sudah karat dan macet. Bushing armature shaft terletak di ujung ujung aramature shaft, dibagian belakang starter motor (dekat dengan brush) dan dibagian depan dekat dengan overrunning clutch.

Umumnya kondisi ini terjadi akibat starter motor sering terendam air (contohnya sering melintas di jalanan yang banjir) dan mobil jarang digunakan sehingga pada bagian bushing dan armature shaft muncul karat yang bisa membuat putaran motor starter menjadi lambat bahkan macet.


6. Grounding motor starter jelek


Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab motor starter berputar lambat adalah grounding motor starter yang jelek. Meskipun masalah motor starter berputar lambat akibat grounding motor starter jelek ini jarang terjadi namun pemeriksaan pada grounding motor starter juga perlu dilakukan untuk meminimalisir faktor penyebab motor starter berputar lambat.

Secara umum, grounding motor starter biasanya langsung ke body motor starternya itu sendiri. Letaknya umum dipasang menyatu dengan komponen sikat karbon dalam motor starter menggunakan dua buah baut.

Seringkali, baut pengikat kendor atau tertutup kerak sehingga mengganggu hantaran arus listrik yang terjadi dari sikat karbon menuju ke bodi motor starter. Efeknya tentu akan mengurangi aliran daya listrik yang diperlukan sehingga kerap menjadi penyebab motor starter berputar lambat.
Daftar isi
    SHARE