Cara memilih vacuum cleaner mobil portable - OMBRO

Cara memilih vacuum cleaner mobil portable

Vacuum cleaner mobil merupakan satu alat pembersih yang memiliki tingkat kemudahan paling besar dalam membersihkan kotoran yang ada di mobil, khususnya dibagian interior. Ya, cukup dengan menyalakan alat ini dan mengarahkan corongnya, maka debu, pasir, remah-remah makanan hingga tumpahan air bisa langsung tersedot.

Kotoran-kotoran tersebut akan masuk ke dalam vacum cleaner dan terkumpul pada suatu tempat sehingga memudahkan dalam pembersihan.

Selain itu, dengan menggunakan vacuum cleaner pembersihan juga dapat dilakukan untuk kondisi-kondisi yang sulit seperti pada bagian-bagian yang sempit dan tempatnya tersembuyi seperti pada lipatan jok mobil atau samping-samping jok yang sult dijangkau oleh tangan.

cara memilih vacuum cleaner mobil portable

Namun begitu, untuk memilih produk vacuum cleaner yang sesuai dengan kebutuhan memang cukup membingungkan karena banyaknya merk vacuum cleaner mobil yang dijual di pasaran. Mulai dari rentang harga yang ditawarkan hingga kemampuannya untuk membersihkan mobil dengan cemerlang.

Nah, pada atikel kali ini ombro akan berbagi tips dan cara tentang bagaimana cara memilih vacuum cleaner mobil yang cocok untuk penggunaan, simak infonya dibawah berikut ini

1. Pilih metode power supply sesuai kebutuhan


Untuk memilih vacuum cleaner mobil, hal paling penting yang perlu anda lakukan adalah memilih metode power supply yang paling sesuai kebutuhan anda. Saat ini dipasaran, terdapat dua jenis vacuum cleaner mobil berasarkan power supply-nya yaitu vacuum cleaner yang menggunakan sambungan kabel dan vacuum cleaner yang menggunakan battery (cordless).

Masing-masing model memiliki kelebihan dan kekurangan yang menentukan tingkat kemampuan dan kenyamanan saat menggunakan vacuum cleaner mobil ketika digunakan. Berikut kelebihan dan kekurangan antara vacuum cleaner dengan kabel dan tanpa kabel (cordless)

Vacuum cleaner dengan kabel

Kelebihan :
  • Biasanya memiliki daya isap yang maksimal karena tidak terganggu penurunan daya battery
  • Durasi waktu untuk menggunakan vacuum cleaner ini tidak terbatas sehingga proses pembersihan bisa maksimal.

Kekurangan :
  • Adanya kabel membuat ruang gerak saat melakukan pembersihan menjadi lebih terbatas. Oleh karena itu, untuk mencegah ruang gerak yang terbatas, maka pilihlah vacuum cleaner mobil yang menyediakan panjang kabel lebih dari 3 meter.
  • Perlu menyalakan mesin mobil agar aki mobil tidak tekor

Vacuum cleaner tanpa kabel (cordless)

Kelebihan:
  • Ruang gerak vacuum cleaner mobil tipe cordless ini tidak terbatas, anda bisa menggunakannya diposisi manapun yang ingin anda gunakan.
  • Tidak perlu menyalakan mesin mobil saat digunakan.

Kekurangan:
  • Daya isap vacuum cleaner sangat tergantung dari daya battery yang ada, semakin kecil daya battery biasanya daya isap akan berkurang.
  • Durasi waktu pemakaian juga terbatas. Umumnya, anda dapat menggunakan vacuum cleaner mobil tipe cordless selama 15-20 menit saja. Untuk dapat menggunakannya kembali anda perlu mencas ulang yang akan memakan waktu.

Jika kebutuhan anda lebih besar untuk melakukan pembersihan maksimal dengan durasi waktu pakai tidak terbatas, maka pilihan vacuum cleaner mobil dengan sambungan kabel menjadi pilihan yang tepat. Namun jika kebutuhan vacuum ini hanya untuk penggunaan yang singkat dan cepat, maka vacuum cleaner tipe cordless bisa menjadi pertimbangan pilihan.


2. Pilih vacuum cleaner yang daya isapnya tinggi


Pilih vacuum cleaner mobil yang daya isapnya tinggi merupakan cara memilih vacuum cleaner berikutnya. Daya isap akan menentukan kecepatan saat melakukan pembersihan, terutama saat kita melakukan pembersihan karpet mobil .

Daya isap pada vacuum cleaner di tandai dengan satuan airwatt, dan ini umumnya hanya bisa ditemui dalam panduan pemilik dan penggunaan yang disertai dalam boks saat pembelian. Semakin tinggi airwatt yang dimiliki vacuum cleaner mobil maka daya isap akan semakin kuat. Pilihlah vacuum cleaner mobil yang memiliki airwatt diatas 50 airwatt.

Namun, jika anda tidak menemukan satuan airwatt pada produk tersebut, maka cara termudah untuk menentukan daya isap yang kuat adalah dengan memilih vacuum cleaner mobil yang memiliki watt lebih besar. Besaran watt pada motor vacuum menandakan kemampuan putaran motor yang tinggi pula sehingga tentunya akan berimbas pada kemampuan dan daya isap yang dihasilkan vacuum cleaner tersebut.


3. Pilih vacuum cleaner yang dapat mengisap cairan


Cara memilih vacuum cleaner mobil selanjutnya adalah dengan memilih vacuum cleaner mobil yang memiliki kemampuan untuk menghisap cairan. Seperti kita ketahui kalo air bisa saja mengotori karpet atau jok mobil anda. Selain basah, air yang tertinggal ini akan menimbulkan masalah seperti bau dan munculnya jamur.

Dengan memiliki vacuum cleaner mobil yang memiliki kemampuan untuk mengisap cairan maka kita bisa dengan segera untuk membersihkan cairan yang tertumpah tersebut sehingga air tidak menggenang terlalu lama sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.


4. Pilih vacuum cleaner yang tidak bising


Memilih vacuum cleaner yang tidak bising juga patut menjadi pertimbangan dalam memilih vacuum cleaner mobil ini. Hal ini juga akan berdampak pada kenyamanan saat melakukan pembersihan. Anda bisa menggunakan vacuum clener mobil kapan saja (siang atau malam) tanpa mengganggu kenyamanan anda dan orang lain.

Untuk menentukan tingkat kebisingan ini anda bisa memanfaatkan keterangan sound desibel dalam satuan desibel yang biasanya tertera pada produk tersebut. Semakinkecil nilai desibel menandakan tingkat kebisingan yang rendah. Atau, untuk lebih mudahnya carilah review dari orang-orang yang menggunakan produk tersebut terkait dengan masalah kebisingan yang dihasilkan.


5. Pilih vacuum cleaner yang ringan


Karena rata-rata produk vacuum cleaner mobil ini umumnya portabel dimana alat vacuum ikut dipegang oleh pengguna, maka agar kita tidak cepat lelah, pilihlah vacuum cleaner mobil yang beratnya tidak lebih dari 1 kilogram. Anda bisa melihat bobot dan berat vacuum cleaner ini pada brosur ataupun pada boks pembungkusnya.

Dengan bobot yang ringan, satu tangan anda bisa memegang vacuum cleaner dan tangan lainnya bisa digunakan untuk menyibak karpet mobil dan benda lainnya selama pembersihan dilakukan.

Baca juga :


6. Pilih vacuum cleaner yang mudah dibersihkan


Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan sebagai cara memilih vacuum cleaner mobil adalah tingkat kemudahan dalam membersihkan alat vacuum tersebut. Ya sejauh ini ada 3 model pengumpulan sampah yang bisa ditemukan pada vacuum cleaner mobil.

Pertama adalah model kertas (paper pack) tipe ini paling ringkas karena sampah hasil vacuum terkumpul dalam katong kertas yang bisa langsung dibuang. Namun sayangnya, untuk menemukan vacuum cleaner model ini cukup sulit, belum lagi ketersediaan paper pack yang dijualnya.

Kedua adalah model tipe cyclone. Tipe ini memiliki ketersediaan yang cukup di pasaran, tipe cyclone mengendapkan sampah di bagian dasar kotak sampahnya, sedangkan bagian atasnya digunakan tempat angin bertekanan mengalir. Untuk membersihkannya anda perlu membuka boks kemudian membersihkannya.

Ketiga adalah model filter. Vacuum cleaner model filter ini menempatkan saringan dibagian cup untuk menyaring debu dan kotoran. Model ini sebenarnya terbilang cukup bagus untuk digunakan namun sayangnya and perlu lebih rutin untuk membersihkannya karena filternya yang cepat kotor.


7. Pilih vacuum cleaner yang fitur tambahannya lengkap


Hal terakhir yang perlu anda pertimbangkan seagai cara memilih vacuum cleaner mobil adalah ketersediaan fitur tambahan yang lengkap. Ketersediaan fitur tambahan yang lengkap tentunya akan memberikan tambahan nilai karena manfaat dan kegunaan yang lebih dibanding produk lainnya.

Berikut beberapa fitur tambahan yang cukup berguna
  • Pilihan corong penghisap debu yang bervariasi baik bentuk dan ukuran panjangnya sehingga kita bisa menjangkau area dan wilayah yang sempit seperti kisi-kisi AC, lipatan jok yang dalam, atau bagian samping jok yang berhimpitan dengan console tengah.
  • Adanya tambahan sikat pada corong penghisap debu untuk mengangkat pasir atau kerikil yang tertinggal di karpet.
  • Adanya led yang bisa menerangi saat anda mengisap diarea yang gelap
  • Dan lain-lain
Daftar isi
    SHARE