Ciri-ciri master kopling atas rusak - OMBRO

Ciri-ciri master kopling atas rusak

Master kopling atas merupakan satu komponen yang terdapat pada clutch system (sistem kopling ) mobil. Master kopling atas ini juga dikenal dengan sebutan master clutch. Fungsi master kopling atas adalah untuk mengubah tekanan mekanis dari pedal kopling menjadi tekanan hidrolik untuk dialirkan menuju ke master kopling bawah (power clutch).

Jadi, master clutch ini akan mengubah tekanan pedal kopling yang dilakukan oleh kaki pengemudi menjadi tekanan hidrolik yang disalurkan melalui pipa hidrolik dan digunakan untuk mendorong clutch cover sehingga kampas kopling terbebas dari putaran mesin.

ciri-ciri master kopling atas rusak

Dalam penggunaannya, master kopling atas juga membutuhan perawatan dan pemeriksaan secara berkala, khususnya untuk penggantian minyak kopling. Jika perawatan dan penggantian minyak kopling ini diabaikan maka akan berdampak pada kerusakan master kopling atas, dan pastinya akan mengganggu kinerja clutch system secara keseluruhan.

Nah pada artikel kali ini, ombro akan berbagi informasi seputar masalah mobil tentang ciri-ciri master kopling atas rusak. Simak ciri-ciri master kopling atas rusak dibawah ini...

I. Gejala pada mobil saat master kopling atas rusak


Secara umum, master kopling atas rusak akan memiliki gejala yang bisa langsung terasa saat kita mengemudi atau saat kita akan memulai mengemudikan mobil tersebut. Berikut beberapa gejala pada mobil saat master kopling atas rusak.

A. Pedal kopling ngempos dan tidak mau balik saat ditekan

Hal pertama yang bisa menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak adalah pedal kopling ngempos dan tidak mau balik saat ditekan. Anda akan merasakan tidak adanya tekanan dan perlawanan yang biasanya terjadi pada saat menekan pedal kopling.

Bahkan pada sistem pedal kopling di mobil tertentu, pedal kopling tidak lagi naik kembali ke atas dan tetap jeblos dibawah setelah diinjak penuh. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat minyak kopling yang habis sehingga tidak ada tekanan balik yang akan mendorong pedal untuk kembali naik.


B. Susah pindah gigi persneling

Seiring dengan pedal kopling yang ngempos dan tidak mau balik ini, hal berikutnya yang bisa menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak adalah saat susah pindah gigi persneling terutama saat kondisi mesin hidup.

Saat master kopling atas rusak, tekanan hidrolik yang dibutuhkan untuk menekan clutch cover agar kampas kopling terbebas dari putaran mesin sudah tidak lagi tersedia. Hal ini menyebabkan aliran tenaga putar dari mesin ke transmisi menjadi tidak terputus. Kondisi ini pastinya akan membuat kita susah memindah gigi persneling.

Baca juga :


II. Ciri-ciri master kopling atas rusak di lihat secara fisik


Master kopling atas yang rusak tentunya memilki ciri-ciri fisik yang bisa dilihat baik sebelum dibongkar dan setelah pembongkaran. Untuk ciri-ciri yang tampak sebelum pembongkaran adalah adanya rembesan minyak kopling yang terlihat di seluruh badan master kopling atas. Dibawah berikut merupakan ciri-ciri master kopling atas yang bisa dilihat secara fisik.

A. Seal master kopling atas rusak dan bocor

Ciri fisik yang bisa menjadi ciri-ciri master kopling atas rusak adalah saat seal master kopling ini sudah bocor atau jebol. Tanda yang paling mudah terlihat ketika seal master kopling atas jebol adalah adanya rembesan minyak kopling di sekeliling tabung master kopling. Selain itu, jumlah minyak kopling pada tabung reservoir akan berkurang atau habis.

Untuk memastikan seal master kopling atas bocor ini tentunya dibutuhkan pembongkaran master kopling atas. Jika sudah di bongkar, biasaya seal master kopling bentuknya sudah tidak lagi mengembang, melainkan terlihat mengerucut serta pada bagian yang bergesekan dengan dinding tabung master kopling akan terlihat aus dan terkikis.

Jika kondisi kerusakan yang terjadi pada master kopling atas ini hanya sebatas pada sealnya saja, maka kita masih bisa memperbaiki master kopling atas ini dengan mengganti sealnya saja.


B. Dinding dalam tabung master kopling atas rusak

Hal berikutnya yang menandakan master kopling atas rusak adalah saat dinding dalam tabung sudah mengalami goresan,guratan, atau terkikis akibat karat. Penyebab kerusakan yang terjadi pada dinding tabung master kopling ini biasanya terjadi akibat beberapa hal seperti dibawah berikut:
  • Minyak kopling berlumpur akibat tidak pernah dikuras dan diganti
  • Umur pakai master kopling atas sudah terlalu lama sehingga terkikis dan aus.

Ketika dinding dalam tabung master kopling atas sudah terkikis dan aus maka hal ini membuat penyekatan minyak kopling yang dilakukan oleh seal master kopling menjadi tidak berguna meskipun seal dalam kondisi baru.

Jika kondisi dinding dalam tabung master silinder sudah rusak seperti ini, maka solusi yang terbaik adalah dengan mengganti master kopling atas secara komplit.
Daftar isi
    SHARE