Cara menghilangkan bau di mobil - OMBRO

Cara menghilangkan bau di mobil

Berkendara dengan kondisi bau tak sedap yang muncul dari dalam kabin mobil jelas membuat siapa saja yang berada di dalamnya menjadi tak betah dan enggan berlama-lama di dalam mobil tersebut. Kondisi ini akan semakin menyiksa jika perjalanan yang harus di tempuh cukup jauh dan membutuhkan waktu lama.

Penyebab bau di mobil bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti misalnya karpet mobil yang lembab terkena air hujan atau terkena tumpahan air minum, sisa makanan yang membusuk dan tertinggal di kolong jok mobil, sepatu dan kaus kaki kotor yang tertinggal lama di dalam mobil, bau rokok, bau khas mobil baru, dan lain sebagainya.

cara menghilangkan bau di mobil

Ya, munculnya bau di mobil bisa di sebabkan oleh bermacam-macam hal. Oleh karena itu, cara paling efektif untuk menghilangkan bau di mobil adalah dengan menghilangkan sumber penyebab bau di mobil yang dilanjutkan dengan membersihkan sisa-sisa bau yang tertinggal.

Bagaimana cara menghilangkan bau di mobil ? Nah, pada artikel berikut ini, ombro akan memberikan tips bagaimana cara menghilangkan bau di mobil.


Sumber penyebab bau di mobil


Sebelum memulai cara menghilangkan bau di mobil, ada baiknya kita menemukan terlebih dahulu apa sumber penyebab bau di mobil dan menghilangkannya terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang kerap menjadi sumber penyebab bau di mobil

1. Bau plastik pada mobil baru

Mobil baru memang memiliki bau khas yang tidak semua orang suka. Bau yang muncul pada mobil baru biasanya bersumber dari lapisan plastik plastik pelindung jok dan karpet lantai, bahan perekat pada interior mobil hingga bau dari jok kulit mobil.

2. Bau dari sisa makanan yang membusuk

Saat berkendara jauh, kita kerap membawa makanan-makanan untuk dimakan di dalam mobil. Tanpa disadari, sering kali makan tersebut jatuh dan tertinggal sehingga membusuk di dalam mobil. Makanan yang sudah busuk dan mengandung bakteri ini kerap menjadi sumber bau di mobil.

3. Karpet dan jok mobil yang lembab

Karpet dan jok mobil yang lembab juga bisa menjadi sumber penyebab bau di dalam mobil. Hal ini bisa terjadi akibat terkena tumpahan air minum atau ketika kita masuk kedalam mobil dengan kondisi sepatu basah terkena air atau hujan.

4. Bau rokok

Bau rokok juga kerap menjadi sumber penyebab bau di mobil. Selain menimbulkan bau, sisa asap rokok yang menempel pada seluruh interior mobil juga cukup berbahaya bagi kesehatan seluruh penumpang di dalamnya. Sebaiknya hindari merokok di dalam mobil.

5. Bau AC mobil yang tidak terawat

Sumber penyebab bau di mobil berikutnya adalah AC mobil yang tidak dirawat kebersihannya. Sumber bau yang muncul pada AC mobil kerap terjadi pada bagian evaporator AC yang sudah kotor. Jadi, ketika AC menyala, maka bau akan keluar dan muncul dari kisi-kisi AC mobil.

Baca juga :



Cara menghilangkan bau di mobil


Setelah kita mengenali sumber dan penyebab bau di mobil ini, maka kita bisa melakukan tindakan untuk menghilangkan bau dan mencegah terjadinya penyebab bau di mobil muncul kembali. Berikut cara mengilangkan bau di mobil

1. Bersihkan sumber bau

Jika memungkinkan buang sumber penyebab bau di mobil kemudian bersihkan sisa-sisa sumber penyebab bau di mobil. Keluarkan semua barang-barang sumber penghasil bau seperti sepatu yang lembap, bak sampah mobil yang penuh atau pakaian kotor yang tertinggal di mobil. Keluarkan juga karpet mobil, jemur dan keringkan segera setelah terkena air hujan,

Gunakan vakum pembersih debu (vacuum cleaner) untuk menghisap seluruh kotoran dan sisa makanan sumber penyebab bau di mobil. Selain itu, lap pada bagian dashboard dengan cairan pembersih yang aman untuk menghilangkan aroma yang menempel di bagian tersebut.

2. Maksimalkan sirkulasi udara

Udara pengap akibat kabin selalu tertutup rapat semakin menambah kuat aroma bau tidak sedap di dalam mobil. Oleh karena itu, bukalah semua kaca jendela mobil agar udara pengap di dalam kabin bisa berganti dengan udara yang lebih segar dan baru.

Jika mobil masih berjalan namun kondisi diluar hujan (sehingga tidak dapat membuka kaca jendela mobil), sobat bisa memanfaatkan fitur yang menyerap udara dari luar. Dengan begitu udara luar akan masuk dan mengganti udara pengap didalam mobil.

Disaat yang sama dan jika pembersihan dilakukan dirumah, selain membuka pintu dan kaca jendela, sebaiknya mobil juga dijemur dibawah sinar matahari. Panas matahari dapat membantu menghilangkan bau akibat bahan kimia sehinga sangat efektif dilakukan untuk bau yang muncul pada mobil baru.

3. Manfaatkan bahan alami penyerap bau

Untuk memaksimalkan cara menghilangkan bau di mobil, gunakan bahan bahan alami penyerap bau di mobil. Sobat bisa mengunakan baking soda yang cukup terkenal ampuh untuk menyerap aroma bau tak sedap.

Selain itu, bubuk kopi dan bongkahan arang hitam juga bisa digunakan untuk menyamarkan bau tidak sedap yang muncul dimobil. Masukkan bubuk kopi dalam wadah terbuka dan letakkan ke dalam mobil untuk waktu semalaman. Metode ini cukup ampuh untuk menghilangkan bau di mobil

4. Gunakan pewangi alami untuk mobil

Gunakan potongan jeruk nipis atau jeruk lemon yang dimasukkan ke dalam kantung jaring bisa digunakan sebagai pengharum alami mobil. Letakkan atau gantung dekat dengan kisi-kisi AC agar aromanya bisa menyebar saat AC dinyalakan. Atau yang paling mudah, sobat juga bisa menyelipkan daun jeruk nipis tepat di ventilasi AC mobil.

5. Bawa ke bengkel dan salon mobil (auto detailing)

Jika masalah bau ini belum terselesaikan, terlebih khusus untuk masalah bau mobil yang disebabkan oleh AC mobil, maka satu-satunya cara adalah dengan membawanya ke bengkel guna melakukan pembersihan evaporator AC yang umumnya sulit dilakukan sendiri. Jika memungkinkan pilih bengkel yang sekaligus menyediakan jasa salon mobil atau auto detailing.

Pilihlah paket khusus untuk interior detailing agar bagian dalam mobil kembali bersih dan segar. Karena pada umumnya salon-salon mobil menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kabin kendaraan. Selain lebih bersih, mobil yang keluar dari salon mobil akan tampak seperti baru kembali.

Nah,demikianlah artikel cara menghilangkan bau di mobil ini bisa ombro sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE