3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil - OMBRO

3 Macam lem gasket terbaik untuk perbaikan mesin mobil

Lem gasket atau dikenal dengan sebutan gasket cair, FIPG (Form In Place Gasket), liquid gasket, dan lain-lain, merupakan material cair yang akan mengental dan keras setelah digunakan untuk mencegah kebocoran selama jangka waktu tertentu. Biasanya, digunakan pada dua bagian yang akan akan disatukan dengan tujuan agar tidak terjadi kebocoran dari bagian tersebut.

Oleh karenanya, lem gasket harus tahan terhadap perubahan suhu mesin serta tahan terhadap tekanan yang terjadi di dalamnya.

Jumlah dan jenis dari lem gasket ini sangatlah beragam, baik mereknya, warnanya, fungsinya, serta kegunaannya. Ya, untuk penggunaan lem gasket ini memiliki kemampuan yang berbeda beda , ada yang tahan panas ada yang tidak, ada yang warna merah, hitam, dan ada juga yang berwarna abu-abu.

Jika lem gasket ini dikaitkan dengan bidang otomotif mobil seperti penggunaannya pada saat perbaikan mesin, maka secara umum ada 3 jenis lem gasket yang paling sering digunakan. Berikut adalah 3 macam lem gasket yang bagus digunakan untuk perbaikan mesin mobil berdasarkan pengalaman yang sudah ombro ketahui, simak infonya dibawah ini...

1. Lem merah (Threebond High Temp RTV Silicone No.2 Red)


Lem gasket cair terbaik pertama yang umum digunakan untuk perbaikan mesin mobil adalah Lem merah. Merek lem merah ini ada beragam jumlahnya, namun yang paling umum dan yang paling banyak digunakan adalah Threebond High Temp Silicone No.2 Red.

lem gasket - lem merah

Lem gasket jenis ini dikenal dengan sebutan lem merah karena pasta / gasket yang digunakan berwarna merah. Selain berwarna merah, tekstur dari lem ini sedikit lebih kental sehingga tidak mudah mencair saat digunakan, selain itu lem ini tidak berbau menyengat seperti cuka. Setelah lem gasket ini kering total, lem gasket ini akan berubah menjadi kenyal.

Lem merah memiliki kemampuan untuk digunakan pada komponen yang memiliki temperatur tinggi termasuk untuk mencegah kebocoran air dan minyak pelumas. Untuk penggunaannya, fungsi lem merah ini lebih banyak digunakan pada perbaikan mesin yang menyangkut cooling system (sistem pendingin) mesin atau yang berhubungan dengan air, contohnya:
  • Digunakan untuk merekatkan selang-selang radiator
  • Digunakan untuk merekatkan waterpipe dengan waterpump
  • Digunakan untuk merekatkan waterpump ke blok mesin
  • Digunakan untuk merekatkan casing penutup thermostat

Meskipun lebih banyak digunakan pada sistem pendingin, lem merah ini juga kerap digunakan pada oil pan (carter oli) khususnya untuk mesin-mesin yang blok mesinnya masih terbuat dari bahan cast iron (besi campuran).

Berdasarkan pengalaman yang ombro alami, lem gasket model ini kurang cocok untuk digunakan pada komponen-komponen yang terbuat dari bahan alumunium alloy yang melindungi kebocoran ATF (oli matic) seperti pada casing torcon di transmisi otomatis atau pada carter oli transmisi otomatis.


2. Lem abu-abu (ThreeBond 1215)


Lem gasket cair terbaik berikutnya yang umum digunakan untuk perbaikan mesin mobil adalah lem abu-abu. Untuk lem abu-abu ini ada dua merek yang familiar ombro gunakan yaitu, Threebond High Temp RTV Silicone No.1 Grey dan ThreeBond 1215. Namun dari kedua merek tadi, ThreeBond 1215 adalah lem gasket pilihan.

lem gasket threebond 1215

Disebut lem abu-abu karena lem gasket ini berwarna abu-abu. Teksturnya tidak kenyal dan cenderung lebih cair jika dibandingkan dengan lem merah. Selain itu, lem abu-abu ini memiliki tingkat perekatan yang lebih baik. Untuk penggunaannya, lem abu-abu ini lebih cocok digunakan pada bagian-bagian mesin yang berbahan alumunium alloy, contohnya:
  • Digunakan untuk merekatkan oil pan ke blok mesin berbahan alumunium alloy
  • Digunakan untuk merekatkan casing cover timing chain
  • Digunakan untuk merekatkan casing rear engine oil seal
  • Digunakan untuk merekatkan casing front engine oil seal

Pada beberapa penggunaan, lem gasket abu-abu ini juga kerap digunakan untuk penyekatan di komponen transmisi otomatis seperti pada casing depan penutup torcon atau pada bagian belakang casing transmisi.

Berdasarkan pengalaman ombro, lem abu-abu ini kurang cocok digunakan untuk merekatkan oil pan ke blok mesin yang berbahan cast iron (besi campuran) karena lem gasket ini sifatnya lebih cair sehingga lebih tipis dan lebih mudah mengalami kebocoran jika digunakan untuk menyekat oil pan mesin.

Baca juga :


3. Lem Indian (Permatex Indian Head Gasket Shellac Compound)


Lem gasket cair terbaik berikutnya yang umum digunakan untuk perbaikan mesin mobil adalah lem indian. Dikenal dengan lem indian karena prioduk yang terkenal untuk lem gasket ini terdapat gambar kepala orang indian dengan tulisan INDIAN HEAD. Sebenarnya, nama lem gasket ini adalah GASKET SHELLAC, dan untuk merknya sendiri ada yang bergambar kepala singa, kepala elang, atau hanya tulisan gasket shellac.

lem gasket - lem indian

Kegunaan lem gasket shellac ini adalah untuk melapisi gasket perpak blok mesin (gasket cylinder head) agar terhindar dari kebocoran oli, udara, ataupun air. Untuk penggunaannya cukup dengan mengoleskan lem gasket shellac ini di seluruh permukaan cylinder head gasket sebelum dipasang ke blok mesin.

Gasket shellac ini seringnya digunakan ketika mesin mengalami masalah kembali dan perlu dilakukan pembongkaran ulang. Untuk mengurangi biaya pembelian gasket perpak yang baru, maka gasket shellac ini kerap dijadikan solusi agar terhindar dari kebocoran yang terjadi pada gasket perpak yang dipasang.

Meskipun begitu, saat pemasangan awal cylinder head gasket ini (baik yang model asbes atau model plat seng), kita harus tetap mengacu pada buku panduan service masing-masing kendaraan karena banyak pabrikan yang tidak merekomendasikan penggunaan gasket shellac ini saat pemasangan cylinder head gasket.

Demikianlah artikel tentang 3 macam lem gasket yang bagus digunakan untuk perbaikan mesin mobil ini bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.
Daftar isi
    SHARE