cara melembutkan kopling mobil - OMBRO

cara melembutkan kopling mobil

Berkendara dengan kondisi kopling mobil yang keras memang sangat menyiksa, apalagi jika kita harus menghadapi jalanan kota yang pada merayap dan macet. Kaki menjadi cepat lelah dan bisa berbahaya jika kaki yang digunakan untuk memainkan pedal koping menjadi keram.

Ya, kopling keras saat di injak ini sebenarnya sebuah tanda dan ciri-ciri bahwa sistem kopling mobil anda sudah waktunya untuk diperiksa dan diperbaiki. Kampas kopling sudah tipis, kabel kopling rusak, minyak kopling berlumpur, dan lain-lain kerap menjadi penyebab utamanya.

Namun terkadang, masalah waktu dan biaya kerap menjadi kendala bagi kita untuk memeriksakan kopling ke bengel mobl. Nah pada artikel kali ini, ombro akan berbagi tips bagaimana cara melembutkan kopling mobil agar nyaman saat di injak. Dibawah berikut adalah beberapa cara melembutkan kopling mobil

cara melembutkan kopling mobil


1. Atur setelan pedal kopling dengan benar


Setelan pedal kopling yang tidak tepat bisa mengakibatkan pedal kopling keras saat di injak. Sebagai cara termudah untuk melembutkan pedal kopling mobil yang pertama perlu dilakukan adalah dengan mengatur pedal kopling secara benar.

Pengaturan ini meliputi ketinggian pedal kopling , jarak pijak, serta gerak bebas pedal kopling. Cara menyetelnya juga sangat tergantung dengan model kopling yang digunakan, seperti contohnya kopling mekanikal yang menggunakan kabel atau kopling hidrolik yang menggunakan sistem hidrolik dengan minyak rem.

Silahkan baca pada artikel setelan kopling mobil yang benar yang sudah pernah ombro posting sebelumnya untuk mengatur setelan pedal koling yang benar, baik untuk sistem hidrolik ataupun untuk yang sistem mekanikal dengan kabel kopling


2. Lumasi bagian-bagian komponen kopling yang bergesek


Jika dengan mengatur setelan pedal kopling masih belum bisa melembutkan kopling, cara selanjutnya adalah dengan melumasi bagian-bagian komponen kopling yang bergesek.

Ya, persinggungan pada komponen-komponen pedal kopling ini ada beberapa yang perlu mendapatkan pelumasan rutin seperti pada bagian fork, kabel kopling , bahkan pada selongsong shaft untuk release bearing.

Persinggungan pada komponen kopling ini kerap kali berkarat bahkan jika sudah parah, selain membuat kopling keras, kondisi ini juga akan membuat kopling mobil bunyi saat di injak. Untuk mengatasinya cukup mudah, jika posisinya ada di bagian luar maka kita bisa melakukannya sendiri, hanya dengan bermodalkan gemuk (grease) ataupun dengan cairan penetran penghilang karat seperti WD40.

Semprotkan dan lumasi bagian-bagian kopling yang bergesek, mulai dari kabel kopling, pedal kopling hingga komponen hidroliknya. Lebih lengkapnya silahkan baca pada artikel kopling mobil bunyi saat diinjak. Di artikel tersebut sudah ombro jelaskan posisi dan tempat untuk melumasi komponen koplingnya


3. Kuras dan ganti minyak kopling


Jika dengan melumasi bagian-bagian komponen kopling masih belum bisa melembutkan kopling mobil saat diinjak, cara selanjutnya adalah dengan melakukan kuras dan ganti minyak kopling, terlebih jika minyak kopling yang ada memang tidak pernah dikuras sama sekali.

Minyak kopling yang tidak pernah dikuras umumnya akan membentuk lumpur di bagian dasar master kopling, baik pada master atas ataupun master kopling bawah. Lumpur-lumpur ini dapat menyumbat lubang-lubang di dalam komponen master kopling sehingga menciptakan tekanan yang akan membuat pedal kopling keras saat diinjak.

Kuras dan gantilah minyak kopling dengan minyak yang baru dan sesuai spesifikasi penggunaan minyak kopling pada mobil. Minayk kopling yang bersih dan sesuai spesifikasi akan meminimalisir hambatan kerja dari sistem hidrolik kopling sehingga kopling bisa bekerja lebih enteng dan lembut saat pedal diinjak. Baca : Cara mengganti minyak kopling mobil


4. Ganti kabel kopling


Khusus untuk mobil yang menggunakan kabel kopling, maka kondisi kabel kopling ini juga perlu diperhatikan sebagai cara untuk melembutkan kopling mobil. Ya, kabel kopling ini umumnya di selimuti oleh selongsong plastik pada bagian kabelnya.

Selongsong tersebut juga rentan terhadap kotoran, karat dan debu selama penggunaan, bahkan pada beberapa konisi ada yang plastiknya mulai pecah. Kondisi kabel kopling yang kotor, karatan serta plastiknya pecah ini juga dapat membuat pedal kopling menjadi keras saat di injak.

Jika pada kabel kopling ini di temukan kotoran dan karat, maka sebaiknya ganti kabel kopling dengan yang baru, atau jika mau repot, sobat bisa membersihkan bagian dalamnya dan melumasinya kembali dengan grease, namun cara ini hanya tahan dalam hitungan minggu saja.


5. Ganti Kopling set


Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk melembutkan kopling mobil adalah dengan mengganti kopling set. Cara ini adalah jalan terakhir ketika 4 cara diatas sudah tidak mampu lagi melembutkan pedal kopling saat diinjak.

Penyebab kopling keras banyak terjadi akibat kampas kopling tipis, selongsong release bearing yang kotor dan macet, penggunaan clutch cover (matahari) imitasi, dan lain-lain. Kampas kopling yang tipis akan memperpanjang jarak pijak pedal, selain itu juga akan meningkatkan beban pegas (diapraghm spring). Kondisi inilah yang membuat pedal kopling mobil menjadi keras saat di injak.

Gantilah kopling secara keseluruhan, mulai dari kampas kopling, clutch cover (matahari), release bearing, dan lain-lain. Gunakanlah selalu komponen kopling yang asli (genuine) untuk menghindari kesalahan yang bisa merugikan waktu dan biaya.

Selain itu, lumasi bagian-bagian yang memang perlu dilumasi, selain dilakukan pemeriksaan, pelumasan ini juga perlu untuk memperlancar pergerakan komponen kopling saat bekerja.

Demikianlah artikel cara melembutkan kopling mobil agar nyaman saat diinjak yang bisa ombro sampaikan.

Daftar isi
    SHARE