Penyebab kompresor ac mobil tidak berputar dan solusinya - OMBRO

Penyebab kompresor ac mobil tidak berputar dan solusinya

Kompresor ac menjadi bagian yang paling penting pada sistem ac mobil karena disanalah aliran dan sirkulasi freon (zat pendingin) di pompa dan di sirkulasikan ke seluruh sistem ac. Ya, kompresor ac berfungsi untuk memompa freon agar dapat bersirkulasi ke seluruh saluran sistem ac di mobil.

Cara kerja kompresor ac ini dimulai dari putaran pulley kompresor ac yang terhubung dengan pulley crankshaft dengan menggunakan magnetic clutch agar kedua pulley tersebut dapat terhubung dan kompresor bisa berputar utuk memompa freon.

kompresor ac mobil tidak berputar

Jika kompresor ac mobil ini tidak berputar, maka bisa dipastikan bahwa ac mobil menjadi tidak dingin. Lantas apa saja yang menjadi penyebab kompresor ac mobil tidak berputar ? Nah, pada artikel kali ini Ombro akan berbagi indformasi tentang apa saja penyebab-penyebab kompressor ac mobil tidak berputar.


1. Fan belt AC putus


Penyebab kompresor ac mobil tidak berputar yang paling pertama adalah putusnya fan belt ac. Fan belt ac ini berfungsi untuk menghubungkan pulley ac dengan pulley crankshaft pada mesin. Sehingga, ketika mesin hidup dan berputar, maka putarannya bisa digunakan oleh pulley kompresor ac untuk memutar pompa di dalam kompressor.

Ketika kompresor ac mobil tidak berputar, hal pertama yang harus dipastikan adalah kondisi dari fan belt ac. Ketika fan belt ac putus, maka bisa dipastikan kompressor ac mobil tidak dapat berputar. Untuk mengatasinya jelas, sobat harus mengganti fan belt ac dengan yang baru.

Namun jika fan belt ac tidak putus dan dalam kondisi baik, ini artinya ada masalah lain yang menyebabkan kompresor ac mobil tidak berputar.


2. Sekring Magnetic Clutch putus


Setelah pemeriksaan fan belt ac, hal selanjutnya yang bisa menjadi penyebab kompresor ac mobil tidak berputar adalah putusnya sekring magnetic clutch. Sekring magnetic clutch yang putus ini kerap terjadi akibat beban dan arus listrik yang mengalir sudah terlalu besar. Akibatnya sekring magnetic clutch ini terputus.

Sekring magnetic clutch umumnya ada di dalam fuse box yang terletak di ruang mesin. Ada beberapa kode sekring yang digunakan untuk menandakan sekring magnetic clutch ini, seperti misalnya MGC pada sekring mobil avanza, atau MG CLT pada mobil Agya.

Oleh karena itu, periksalah sekring magnetic clutch ini dan pastikan dalam kondisi yang bagus. Jika sekring ini putus maka gantilah sekring tersebut dengan ukuran ampere yang sama. Silahkan baca pada artikel ciri-ciri sekring mobil putus untuk mengetahui bagus atau tidaknya sekring magnetic clutch ini.

Baca juga :


3. Relay Magnetic Clutch rusak


Jika sekring magnetic clutch tidak putus, penyebab kompresor ac mobil tidak berputar selanjutnya adalah rusaknya relay magnetic clutch. Relay magnetic clutch bekerja secara elektromagnet, ketika saklar ac di kabin di onkan, maka arus listrik dengan beban yang lebih besar akan mengalir ke kumparan magnetic clutch di kompresor ac. Dengan begitu, saklar ac tetap aman dan tehindar dari kerusakan akibat kelebihan arus listrik.

Ketika relay magnetic clutch ini rusak (short, atau kumparan terputus), maka arus listrik yang digunakan untuk menarik magnetic clutch agar bisa menempel pada pulley kompresor menjadi terputus. Akibatnya kompresor ac mobil tidak berputar.

Untuk mengetahui rusak atau tidaknya relay ini, sobat bisa mencobanya dengan menukar relay yang modelnya sama yang biasanya ada di fuse box untuk komponen lainnya. Seperti misalnya relay untuk klakson bisa sobat pindah posisinya ke tempat relay magnetic clutch ini. kemudian cobalah untuk menghidupkan ac mobil.


4. Magnetic Clutch rusak


Jika fan belt sudah ok, sekring ok, relay ok, namun kompresor ac mobil tidak berputar juga, maka komponen magnetic clutch bisa menjadi penyebab utamanya. Magnetic clutch ini merupakan komponen yang bekerja secara elektro magnet. Ketika ia diberi arus listrik, maka akan muncul kemagnetan dan membuat pulley kompresor ac menempel dan ikut berputar dengan putaran mesin.

Masalah yang kerap terjadi pada magnetic clutch ini adalah lilitan di dalam magnetic clutch ini terputus. Untuk mengetesnya, sobat bisa mencoba menjumper socket magnetic clutch dan menghubungkannya ke positif aki mobil dengan menggunakan seutas kabel.

Jika saat di jumper, magnetic clutch tidak dapat menempel ke pulley kompresor, maka bisa dipastikan bahwa magnetic clutch sudah dalam keadaan rusak dan perlu diganti.


5. Sensor suhu dan tekanan ac bermasalah


Jika seluruh rangkaian penyebab ac mobil tidak berputar diatas masih belum menyelesaian masalah, maka penyebab lain yang terakhir ombro ketahui adalah sensor suhu dan tekanan ac yang bermasalah. Kedua sensor ini dapat mempengaruhi kerja dari magnetic clutch.

Seperti misalnya saat AC dinyalakan, seharusnya magnetic clutch sudah dalam posisi ON dan merekat pada pulley kompressor, tetapi, karena sensor tekanan freon rusak, sensor yang rusak tersebut menganggap tekanan freon terlalu tinggi. Akibatnya, membuat magnetic clutch tidak aktif.

Untuk pemeriksaan yang seperti ini, sebaiknya dilakukan oleh orang yang memang profesional. Periksakanlah di bengkel sevice AC mobil yang memang sobat percaya atau bawa ke dealer resminya agar penanganannya lebih baik dan menyeluruh.

Demikianlah artikel tentang penyebab kompresor ac mobil tidak berputar dan solusinya yang bisa ombro sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE