Ciri-ciri sekring mobil putus - OMBRO

Ciri-ciri sekring mobil putus

Sekring pada mobil memiliki fungsi utama untuk mencegah terjadinya short circuit pada jalur kelistrikan mobil yang efeknya bisa membuat mobil terbakar. Ketika terdapat jalur kelistrikan yang mengalami short circuit, maka sekring menjadi komponen yang pertama kali akan memutus arus listrik yang mengalir pada jalur komponen tersebut.

Dengan putusnya sekring, ini berarti aliran listrik pada jalur tersebut akan terputus sehingga panas berlebihan akibat arus listrik yang mengalir terus menerus dalam waktu singkat bisa dihindari. Dengan begitu, short circuit yang terjadi tidak menimbulkan kebakaran pada kabel kelistrikan tersebut.

ciri-ciri sekring mobil putus

Lantas bagaimana kita mengetahui ciri-ciri sekring mobil putus? Pada artikel berikut, ombro akan menginformasikan apa saja ciri-ciri sekring mobil putus, dan bagaimana cara mudah memeriksanya tanpa menggunakan alat. Berikut ciri-ciri sekring mobil putus...


1. Permukaan Sekring tampak hitam seperti terbakar


Ciri-ciri sekring mobil putus yang paling mudah untuk diketahui adalah ketika permukaan sekring tampak hitam seperti habis terbakar. Munculnya warna hitam pada permukaan sekring ini menandakan bahwa telah terjadi short di dalam jalur kelistrikan pada sekring tersebut.

Ketika short terjadi, maka sekring (fuse) ini menjadi komponen pertama yang akan mengalami putus untuk mencegah terbakarnya jalur kelistrikan. Akibatnya, permukaan sekring akan tampak hitam seperti bekas terbakar.

sekring terdapat warna hitam bekas terbakar

Bahkan pada sekring jenis blade (pisau), tak jarang plastik transparan penutup sekring ini ikut meleleh akibat panas yang terjadi saat short. sedangkan untuk sekring tabung kaca biasanya akan terlihat menghitam pada bagian dalam tabung.

Baca juga :


2. Kawat di dalam sekring terputus


Ciri-ciri sekring mobil putus berikutnya adalah kawat penghubung bagian dalam sekring ini terlihat putus (tidak tersambung). Ketika kita meihat kawat di dalam sekring ini terputus, kita sudah bisa memastikan bahwa kondisi ini merupakan ciri-ciri sekring mobil putus.

Perhatikan contoh ciri-ciri sekring mobil putus pada gambar dibawah ini untuk sekring jenis blade dan jenis tabung kaca.

sekring yang putus kawatnya


3. Ada perangkat elektrik dimobil yang tiba-tiba mati total


Meskipun bukan jaminan ketika ada perangkat elektrik di mobil yang mati tiba-tiba merupakan ciri-ciri sekring mobil putus, namun banyak yang mengalami bahwa perangkat elektrik tersebut mati total akibat sekring mobil putus.

Untuk memastikannya tentu memerlukan pemeriksaan yang bisa dilakukan dengan cara memeriksa kondisi sekring yang digunakan pada perangkat elektrik tersebut. Sepeti misalnya lampu headlamp tiba-tiba mati total, maka langkah terbaik yang pertama kali dapat adalah dengan memeriksa kondisi sekring untuk lampu headlamp.

Pemeriksaan sekring yang putus ini sebenarnya mudah, cukup melalui bentuk dan visual yang ditampakkan oleh sekring terebut kita sudah bisa memastikan jika sekring tersebut sudah putus dan perlu diganti.

Namun adakalanya sekring terlihat tidak putus namun tidak berfungsi saat digunakan. Jika hal tersebut terjadi, coba tukar sekring dengan bentukdan ukuran yang sama. Jika komponen listrik yang mati tadi bisa berfungsi seperti semula, ini menandakan bahwa sekring tersebut sudah putus.

Daftar isi
    SHARE