Penyebab nozzle bocor pada mesin diesel - OMBRO

Penyebab nozzle bocor pada mesin diesel

Nozzle / injektor nosel merupakan salah satu komponen penting pada sistem bahan bakar mesin diesel. Nozzle memiliki fungsi untuk menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang bakar dalam bentuk spray (kabut).

Tanpa hasil pengabutan yang baik pada nozzle injektor, umumnya mesin diesel akan mengalami banyak masalah mesin seperti misalnya :

Ya, hasil pengabutan yang dihasilkan oleh nozzle injektor ini juga memegang peranan penting bagi tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel.

Salah satu masalah pada nozzle injektor sehingga bisa berdampak kurang baik pada mesin diesel ini adalah nozzle bocor. Nozzle bocor selain menyebabkan mesin menjadi boros solar, ia juga kerap menjadi peyebab munculnya asap hitam pada mesin diesel.

penyebab nozzle bocor

Lantas apa yang menjadi penyebab nozzle bocor pada mesin diesel ini ? Berikut adalah penyebab-penyebab nozzle bocor solar yang kerap terjadi pada mesin diesel. Simak infonya dibawah berikut ini


1. Ada kotoran yang mengganjal di nozzle


Penyebab nozzle bocor yang pertama adalah adanya kotoran halus yang mengganjal di noozle tip. Kotoran alus ini bisa berupa debu atau pasir yang menggumpal di dalam noozle sehingga menempel dan nyangkut di dalam tip nozzle.

Ketika kotoran halus ini mengganjal di bagian noozle tip, maka nozzle tidak dapat menutup saluran bahan bakar dengan sempurna. Akibatnya, bahan bakar akan menetes keluar dari nozzle.

Penyebab masuknya kotoran ini bisa diakibatkan oleh perawatan dan penggantian filter solar yang tidak teratur serta penggunaan bahan bakar solar yang kurang baik seperti membeli di agen-agen bahan bakar yang tidak resmi dan illegal.


2. Terjadi keausan pada dinding nozzle


Peyebab nozzle bocor yang berikutnya adalah akibat terjadi keausan pada nozzle. Nozzle injektor bekerja secara naik turun untuk membuka dan menutup lubang nozzle. Proses naik turun jarum nozzle ini akan mengakibatkan gesekan-gesekan pada nozzle tip.

Seiring lamanya waktu pemakaian kendaraan, bagian yang bergesekan antara jarum nozzle dengan nozzle tip ini lama-kelamaan akan menjadi aus. Keausan yang terjadi pada nozzle tip akan mengakibatkan nozzle bocor.

Untuk mengatasinya maka penggantian nozzle tip merupakan pilihan dan solusi terbaik untuk megatasi nozzle bocor seperti ini.


3. Menggunakan bahan bakar yang kotor dan mengandung bahan kimia perusak


Penyebab nozzle bocor ya selanjutnya adalah penggunaan bahan bakar yang kotor dan mengandung bahan kimia perusak. Ya, bahan bakar yang kotor dan mengandung bahan kimia perusak umumnya kerap membuat kerja dari fuel sistem pada mesin diesel cepat rusak seperti contohnya adalah nozzle bocor.

Kondisi ini sering terjadi pada daerah-daerah yang wilayah penyebaran bahan bakar solar untuk mesin disel sulit ditemukan. Akibatnya, mau tidak mau, digunakanlah bahan bakar solar yang kadang sudah kotor dan bahkan sudah kurang layak digunakan pada mesin diesel tersebut.

Penggunaan bahan bakar yang seperti inilah yang akan mempercepat kerusakan nozzle dan menjadi penyebab nozzle bocor.


4. Penanganan nozzle saat servis yang kurang baik


Penyebab nozzle bocor yang terakhir ombro ketahui adalah akibat penanganan nozzle saat servis atau perbaikan yang kurang baik da tidak tepat. Penyebab yang satu ini merupakan bagian dan faktor dari kelalaian kerja.

Ya, nozzle bocor bisa terjadi apabila saat perbaikan tidak ditangani dengan tepat seperti contohnya:
  • Saat service, nozzle terjatuh dan membentur benda keras di lantai
  • Saat membongkar pasang nozzle , bagian nozzle tip tidak di rendam solar dan dibiarkan kering terlalu lama
  • Jarum nozzle tertukar antara nozzle satu dengan nozzle yang lainnya.

Penanganan nozzle saat perbaikan yang kurang baik seperti contoh diatas ini juga bisa menjadi penyebab noozle bocor. Oleh karenanya selalu perhatikan kualitas bengkel dan mekanik yang akan menangani perbaikan pada kendaraan anda.

Daftar isi
    SHARE