Mengetahui Berapa Volt Aki mobil dengan voltmeter - OMBRO

Mengetahui Berapa Volt Aki mobil dengan voltmeter

Sebagai komponen penting untuk menghidupkan mesin mobil, aki mobil harus memiliki arus dan tegangan listrik yang mencukupi agar motor starter bisa berputar dan menghidupkan mesin. Ukuran tegangan aki mobil pada umumnya adalah 12Volt, hal ini bisa anda ketahui dari kemasan bodi aki yang biasanya juga mencantumkan angka 12V.

Namun begitu tegangan aki yang sudah terpasang di mobil bisa lebih dan bisa kurang dari 12V. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah aki mobil memiliki kekuatan yang cukup untuk mulai menjalankan mesin adalah dengan mengukur keadaan tegangan aki dengan voltmeter.

berapa volt aki mobil

Anda bisa menggunakan voltmeter analog (voltmeter dengan pembacaan jarum) atau dengan voltmeter digital (voltmeter dengan pembacaan angka). Namun untuk memberikan hasil yang akurat saat pembacaan tegangan aki, voltmeter digital lebih dianjurkan.

Untuk keakuratan pembacaan nilai tegangan voltase aki, sebaiknya kabel terminal aki positive dan negativenya di lepas terlebih dahulu agar kondisi open circuit bisa didapatkan. Namun jika hal tersebut merepotkan, anda cukup memastikan kunci starter mobil dalam posisi OFF dan semua lampu mobil juga dalam posisi OFF.


Memeriksa berapa volt aki mobil dengan voltmeter


Voltmeter bisa anda temukan pada alat bernama Multimeter. Multimeter ini berisi serangkaian alat ukur kelistrikan lainnya seperti Ohm-meter, Ampere-meter, dan Volt-meter. Volt-meter pada alat multimeter ini biasanya tersedia dua macam yaitu untuk mengukur tegangan Direct Current (DC) dan pengukur tegangan Alternative Current (AC).

Jika kita ingin gunakan untuk mengukur tegangan aki mobil, maka kita harus menggunakan voltmeter untuk tegangan Direct Current (DC). Pastikan saklar menunjuk pada nilai tegangan diatas tegangan battery, sebagai contoh pindahkan saklar ke posisi 20V DC (perhatikan pada gambar dibawah)

berapa volt aki mobil

Dengan begitu kini anda siap untuk mengukur tegangan aki mobil, berikut adalah beberapa persiapan yang perlu diketahui sebelum mengukur berapa volt aki mobil

Persiapan sebelum pemeriksaan tegangan aki mobil

  1. Siapkan alat ukur voltmeter
  2. Buka kap mesin mobil
  3. Cabut kunci mobil dan tutup semua pintu termasuk bagasi.
  4. Pastikan tidak ada lampu ataupun komponen listrik mobil lainnya yang menyala.

Berikut langkah-langkah untuk memeriksa tegangan aki dengan menggunakan voltmeter versi digital.

Langkah-langkah mengukur berapa volt aki mobil

  1. Cari terminal positif (+) aki lalu lepaskan karet / plastik pelindung pada terminal positif.
  2. Pastikan voltmeter sudah dalam keadaan ON / berfungsi
  3. Hubungkan kabel positif voltmeter (warna merah) ke terminal positif (+) aki mobil.
  4. Hubungkan kabel negatif voltmeter (warna hitam) ke terminal negatif (-) aki mobil.
  5. Perhatikan voltmeter (Lihat pada layar penunjukkan angka),aki mobil yang baik memiliki tegangan sekitar 12.3V sampai 12,6V.

Jika tegangan aki kurang dari 12V maka aki mobil perlu dicas kembali, untuk itu anda dapat membaca artikel berikut tentang cara mengecas aki mobil dan berapa lama cas aki mobil.

Daftar isi
    SHARE