Penyebab aki mobil tidak mengisi - OMBRO

Penyebab aki mobil tidak mengisi

Aki mobil merupakan salah satu komponen dalam sistem pengisian listrik dimobil yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik untuk digunakan saat menghidupkan mesin mobil.

Ya, listrik yang disimpan dalam aki mobil ini akan digunakan untuk memutar starter motor serta mempersiapkan komponen-komponen kelistrikan mesin seperti ECU, sensor, aktuator dan lain-lain sehingga mesin dapat dihidupkan.

Penyebab aki mobil tidak mengisi

Setelah mesin hidup, maka peran aki akan digantikan oleh dinamo ampere yang berperan untuk menghasilkan listrik untuk kemudian sebagian disimpan kedalam aki mobil. Namun begitu, terkadang kita akan menemukan sebuah kondisi dimana aki mobil tidak mengisi dan tidak dapat menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh dinamo ampere.

Jika masalah aki mobil tidak mengisi ini terus di diamkan, maka cepat atau lambat mobil bisa mogok dan dapat menyulitkan kita ditengah perjalanan. Lantas apa saja penyebab aki mobil tidak mengisi ini ? Berikut akan ombro bagikan informasi tentang 3 penyebab aki mobil tidak mengisi. Simak infonya dibawah ini.


1. Aki mobil sudah soak / rusak


Penyebab aki mobil tidak mengisi yang pertama adalah aki mobil sudah soak / rusak. Aki mobil yang soak dan rusak umumnya sudah tidak dapat digunakan untuk menyimpan arus listrik yang dihasilkan dari dinamo ampere.

Seperti kita ketahui bahwa untuk menyimpan arus listrik, aki menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat bereaksi terhadap listrik seperti asam sulfat, timbal, dan timbal peroksida. Masing-masing bahan ini secara kimiawi juga luntur dengan sendirinya setelah berulang kali mengalami proses melepas dan menyimpan arus listrik.

Ketika reaksi diantara bahan-bahan kimia tersebut sudah berkurang bahkan hilang, ini menandakan bahwa aki mobil sudah soak dan rusak sehingga tidak dapat menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh dinamo ampere.

Selain habis karena penggunaan, penyebab aki soak bisa diakibat oleh beberapa hal lain diantaranya :
  • Air aki pernah habis dan kering sehingga terjadi kerusakan elemen di dalam aki
  • Salah memilih dan menggunakan air aki saat melakukan penambahan air aki
  • Umur aki sudah lebih dari 3 tahun
  • Dinamo ampere overcharge dan membuat air aki mendidih
  • Dan lain-lain

Kerusakan elemen didalam aki inilah yang kerap menyebabkan aki mobil tidak mengisi dan menyebabkan aki mobil menjadi soak/rusak. Untuk memudahkan anda dalam menentukan apakah aki sudah soak atau belum, dibawah berikut merupakan ciri-ciri atau tanda yang sering terjadi saat aki mobil soak:
  • Bodi/casing aki terlihat menggelembung dan terminal aki banyak keraknya.
  • Mobil susah di starter, baik saat posisi dingin ataupun panas.
  • Jika menggunakan aki basah, air akinya terlihat keruh dan menghitam.
  • Saat di cek dengan alat-alat tes aki, hasilnya sudah jauh dibawah normal.

Untuk lebih jelasnya tentang informasi seputar ciri-ciri aki mobil soak, anda dapat membacanya pada artikel 4 Tanda aki mobil soak pada kendaraan yang sudah pernah ombro posting sebelumnya


2. Kabel/sambungan antara dinamo ampere dan aki bermasalah


Penyebab aki mobil tidak mengisi yang kedua adalah adanya masalah pada kabel dan sambungan antara dinamo ampere dan aki mobil. Ya, dinamo ampere dan aki mobil dirangkai menjadi sebuah sistem yang dikenal sebagai sistem pengisian listrik dimobil dengan menggunakan beberapa komponen tambahan seperti kabel, sekiring, socket dan terminal.

Seiring waktu pemakaian, masing-masing komponen dalam sistem pengisian mobil tersebut umumnya juga akan mengalami masalah. Berikut beberapa masalah yang kerap menimpa komponen serta kabel dan sambungan dalam sistem pengisian mobil
  • Sekring dinamo ampere putus akibat adanya short circuit.
  • Socket dan sambungan kabel pengisian putus akibat sudah rapuh, putus, atau terganggu hubungannya akibat kerak dan karat.
  • Kepala terminal aki terututup kerak dan kotoran sehingga mengganggu hantaran arus listrik dari dinamo ampere.

Ketika komponen, kabel, dan sambungan antara dinamo ampere dengan aki mobil bermasalah maka aliran listrik dari dinamo ampere ke aki mobil yang akan mengisi aki mobil menjadi tidak sampai sehingga aki mobil tidak dapat menyimpan arus listrik tersebut.

Baca juga :


3. Dinamo ampere rusak


Penyebab aki mobil tidak mengisi yang ketiga adalah terjadinya kerusakan dinamo ampere. Seperti yang sudah kita ketahui dinamo ampere (alternator) berfungsi untuk menghasilkan listrik bagi komponen-komponen kelistrikan di mobil selama mesin mobil bekerja.

Ya, ketika dinamo ampere ini berkerja maka ia akan menjadi sumber kelistrikan bagi seluruh komponen listrik di mobil termasuk untuk mengisi aki mobil.

Namun, ada masanya dinamo ampere ini juga akan mengalami kerusakan dan menyebabkan ia tidak dapat menghasilkan arus listrik lagi. Berikut beberapa penyebab dinamo ampere rusak yang ombro ketahui :
  • IC regulator atau komponen cut off pada dinamo amper rusak
  • Carbon brush / sikat arang habis
  • Rotor koil dan stator koil kabelnya terputus/short
  • Dioda trio didalam dinamo ampere putus
  • dan lain-lain

Ketika komponen-komponen dalam dinamo ampere ini rusak dan bermasalah, maka arus listrik yang diperlukan untuk disimpan ke dalam aki mobil menjadi tidak ada sehingga aki mobil menjadi kosong dan tidak memiliki listrik yang tersimpan didalamnya. Saat aki mobil kosong dan tidak memiliki daya listrik, maka seluruh sistem kelistrikan di mobil akan mati dan mobil menjadi mogok.

Dibawah berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa anda perhatikan untuk menentukan apakah dinamo ampere (alternator) ini bermasalah atau tidak
  • Lampu indikator bergambar aki di dashboard menyala terus meskipun sekring dinamo ampere tidak putus dan sambungan kabel dinamo ampere dalam kondisi yang bagus.
  • Saat kunci kontak di ON, tidak ada daya magnet yang muncul di pully dinamo ampere.
  • Sudah ganti aki baru tapi mobil masih mogok karena aki kehabisan setrum lagi.

Untuk memudahkan anda dalam menentukan apakah dinamo ampere bermasalah atau tidak, silahkan baca tips mudah cara mengecek dinamo ampere mobil yang sudah pernah ombro terbitkan sebelumnya.

Daftar isi
    SHARE