Setelan Kopling Mobil Yang Benar - OMBRO

Setelan Kopling Mobil Yang Benar

Kopling mobil memiliki peran penting guna membantu kemudahan pengemudi dalam mengontrol perpindahan gigi transmisi selama berkendara. Kopling bertugas untuk memutuskan tenaga putar dari mesin yang menuju ke transmisi sehingga perpindahan gigi bisa dilakukan dengan mudah.

Karena perannya yang cukup berat akibat harus menahan gesekan putaran antara mesin dengan transmisi, maka setelan kopling lambat laun akan mengalami perubahan.

Setelan Kopling Mobil Yang Benar

Perubahan yang terjadi pada setelan kopling, jika tidak segera diatasi dan diperbaiki maka hal ini dapat mempercepat kerusakan kopling secara keseluruhan sekaligus menyulitkan pergantian gigi selama berkendara.

Terdapat 2 hal utama yang perlu dilakukan dalam penyetelan pedal kopling yang benar yaitu
  1. Ketinggian pedal kopling
  2. Jarak gerak bebas pedal kopling
Setelan kopling mobil yang benar



#1. Cara menyetel ketinggian pedal kopling


Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan setelan kopling mobil yang benar adalah dengan menyetel ketinggian pedal kopling. Ketinggian pedal kopling ini merupakan jarak yang diukur dari posisi ujung pedal kopling terhadap lantai kendaraan ( biar mudah bisa dihitung dari atas karpetnya).

Ukuran ketinggian pedal kopling untuk masing-masing tipe mobil ini berbeda. Ukuran terbaik adalah mengikuti ukuran penyetelan pedal kopling pada buku manual perbaikan kendaraan.

Namun jika anda benar-benar tidak tahu berapa jarak normalnya, anda dapat menyamakan ketinggian dengan pedal rem sebagai patokan untuk mempermudah proses penyetelan.

Alat/kunci yang umum digunakan adalah kunci pas 12 atau kunci pas 14 (sesuaikan dengan ukuran baut dan mur penyetel)


Langkah-langkah menyetel ketinggian pedal kopling

  1. Perhatikan letak Baut Penyetel Ketinggian pedal kopling seperti pada gambar dibawah ini
    cara menyetel ketinggian pedal kopling
  2. Putar ke kiri Mur Pengunci hingga kendur dan Baut penyetel mudah diputar
  3. Putar baut penyetel ketinggian pedal kopling ke arah Kiri untuk menaikkan ketinggian pedal kopling. Putar ke kanan untuk menurunkan ketinggian pedal. Sesuaikan ketinggian pedal kopling dengan ketinggian pedal rem untuk mempermudah penyetelan.
  4. Ketika ketinggian pedal sudah di dapat, putar Mur Pengunci untuk mencegah Baut Pengunci kendor dan terlepas.

Setelah ketinggian pedal kopling sudah didapat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan setelan terhadap Jarak gerak bebas pedal kopling.



#2. Jarak gerak bebas pedal Kopling Hidrolik Mobil


Pengaturan jarak gerak bebas pedal kopling ini berguna untuk mencegah kopling terus menerus menempel pada Fly Wheel yang dapat menyebabkan kampas kopling menjadi cepat habis.

Ukuran umum yang digunakan untuk jarak gerak bebas pedal kopling berkisar di rentang 1.5-3 cm, namun pastikan dengan melihat buku panduan tentang rentang jarak yang di rekomendasikan di masing-masing mobil.

Untuk Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling ini terbagi menjadi 2 model, tipe kopling hidrolik dan tipe mekanikal (kabel)


A. Cara setel jarak gerak bebas pedal kopling tipe hidrolik

  1. Perhatikan posisi dan tempat untuk menyetel jarak gerak bebas pedal kopling hidrolik seperti pada gambar dibawah berikut.
    cara setel kopling hidrolik mobil
  2. Gunakan kunci pas 8 atau 10 (sesuaikan ukuran) untuk mengendurkan mur pengunci
  3. Gunakan tang atau yang sejenisnya untuk memutar batang pendorong hidrolik kopling. Putaran batang hidrolik searah jarum jam akan memperpendek jarak gerak bebas pedal kopling, sedangkan putaran sebaliknya akan memperpanjang jarak gerak bebas pedal kopling.
    cara menyetel kopling mobil sedan
  4. Atur jarak gerak bebas pedal kopling sesuai dengan ukuran yang ditentukan (contoh: 2.5cm).
  5. Kencangkan kembali mur penyetel sambil menahan batang hidrolik agar benar-benar terkunci dan tidak kendor.

Baca juga:



B. Cara setel jarak gerak bebas pedal kopling tipe mekanikal model 1

  1. Perhatikan posisi dan tempat untuk menyetel jarak gerak bebas pedal kopling mekanikal seperti pada gambar dibawah berikut.
    setelan kopling mobil yang baik
  2. Gunakan kunci pas 10 atau 12 (sesuaikan ukuran) untuk mengendurkan Mur Pengunci
  3. Putar Mur Pengunci ke arah kiri (kendurkan) untuk memperpanjang jarak gerak bebas pedal, putar ke kanan (kencangkan) untuk memperpendek jarak gerak bebas pedal kopling
  4. Atur jarak gerak bebas sesuai dengan rekomendasi penyetelan lalu pastikan mur pengunci dalam posisi yang pas. Sebagai catatan, beberapa Mur pengunci umumnya menggunakan mur dengan sistem self Lock (mengunci sendiri).


C. Cara setel jarak gerak bebas pedal kopling tipe mekanikal model 2

  1. Perhatikan posisi dan tempat untuk menyetel jarak gerak bebas pedal kopling tipe mekanikal yang modelnya seperti pada gambar dibawah berikut
    setelan kopling mobil yang benar
  2. Untuk menyetel kopling tipe mekanikal dengan model seperti pada gambar diatas cukup mudah, Anda hanya perlu menarik kabel kopling ke arah luar untuk membebaskan adjusting nut.
  3. Setelah adjusting nut bebas, putar kekiri untuk membuat jarak gerak bebas pedal kopling membesar. Putar Adjusting nut ke arah kanan untuk memperkecil jarak gerak bebas kopling.
  4. Lepaskan kembali tarikan kabel kopling agar adjusting nut kembali ke posisi mengunci. Kemudian cek kembali jarak gerak bebas pedal kopling agar sesuai dengan rekomendasi pada mobil anda.
Daftar isi
    SHARE