Berapa lama umur kampas kopling mobil ? - OMBRO

Berapa lama umur kampas kopling mobil ?

Bagi para pemilik mobil bertransmisi manual, mungkin saja masih ada yang bertanya-tanya tentang berapa umur kampas kopling mobil yang bisa digunakan. Hal ini tentu wajar saja, pasalnya di dalam buku panduan perawatan kendaraan memang tidak dijelaskan secara pasti kapan kampas kopling harus diganti dan berapa umur kampas kopling mobil masih layak untuk digunakan.

Ya, memang tidak ada patokan pasti terkait umur kampas kopling yang bisa digunakan karena menyangkut banyak hal. Namun, berdasarkan pengalaman yang ombro ketahui, umur kampas kopling mobil ini bisa bertahan hingga 4 -5 tahun atau jika di hitung dengan kilometer berada diangka 80.000 hingga 100.000 kilometer, tentunya dengan catatan : baik dalam penggunaannya.

umur kampas kopling mobil

Untuk mencapai umur kampas kopling seperti yang sudah ombro sebutkan diatas memang diperlukan perhatian lebih terhadap perawatan dan penggunaan kopling mobilnya, mulai dari perawatan, cara pakai kendaraan, dan lain-lain . Semua kondisi tersebut sangat mempengaruhi umur kampas kopling mobil.

Berikut beberapa kondisi yang bisa membuat umur kopling mobil lebih panjang
  1. Penggunaan kopling mobil dilakukan secara normal dan wajar, tidak terburu-buru melepas pedal kopling saat rpm tinggi, dan menggunakan posisi gigi yang tepat terhadap kondisi kecepatan dan jalan.
  2. Rutin melakukan perawatan terhadap komponen hidrolik kopling untuk mencegah kopling keras akibat adanya lumpur di dalam master kopling.
  3. Lebih banyak melaju di jalan yang landai dengan permukaan keras seperti aspal atau beton.
  4. Tidak membawa beban muatan yang melebihi batas maksimal yang dianjurkan oleh pihak pabrikan

Jika penggunaan kopling mobil melebihi hal-hal yang ada seperti pada contoh diatas, maka umur kopling mobil bisa menjadi sangat pendek dan cepat habis. Seperti pada contoh yang pernah ombro ketahui, ada mobil yang baru di ganti koplingnya, namun seminggu kemudian sudah habis kembali kampas koplingnya.

Setelah di cek dan diselidiki ternyata mobil tersebut digunakan untuk membawa muatan yang melebihi kapasitas angkutnya. Selain itu, mobil tersebut juga terjebak di jalan off road yang berlumpur sambil membawa muatan yang berlebih tadi. Alhasil, kampas kopling mobil tersebut habis sehingga mobil menjadi mogok.

Ini artinya, umur kampas kopling mobil sangat tergantung dari banyak hal seperti yang sudah ombro sebutkan diatas. Namun begitu, ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk mengetahui bahwa umur kampas kopling sudah mau habis.

Berikut ciri-ciri kampas kopling mobil mulai habis :
  1. Menurunnya kecepatan akselerasi mobil
  2. Putaran RPM mesin menjadi lebih tinggi saat jalan normal
  3. Mobil terasa lebih sulit untuk menanjak
  4. Muncul bau gosong seperti terbakar
  5. Saat pindah gigi terasa keras
  6. Jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek

Untuk penjelasan lebih dalam terkait ciri-ciri kampas kopling mobil habis ini, sobat bisa membacanya pada artikel ciri-ciri kampas kopling mobil habis yang sudah pernah ombro terbitkan beberapa waktu lalu. Dalam artikel tesebut juga dijelaskan bagaimana cara mengecek kopling mobil secara mudah.

Baca juga :
  1. Penyebab kampas kopling cepat habis
  2. Komponen kampas kopling mobil dan fungsinya
  3. Setelan kopling mobil yang benar

Jika ciri-ciri kampas kopling mobil habis sudah muncul, ini menandakan bahwa umur kampas kopling mobil sobat sudah waktunya diganti, namun ada baiknya periksakan terlebih dahulu untuk memastikan gejala yang muncul tersebut.

Demikianlah artikel berapa umur kampas kopling mobil yang layak digunakan ini bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE