Arti lampu indikator mobil avanza - OMBRO

Arti lampu indikator mobil avanza

Setiap pengemudi setidaknya perlu memahami arti lampu indikator mobil yang ada di panel dashboard. Lampu indikator ini merupakan petunjuk terhadap kondisi dan kerja seluruh komponen di kendaraan.

Ada lampu indikator yang sifatnya umum dan normal, namun ada pula lampu indikator yang sifatnya berbahaya jika tidak segera di periksa ataupun ditangani.

Lampu-lampu indikator di dashboard mobil ini semuanya akan menyala pada saat posisi kunci kontak berada pada posisi ON, namun setelah mesin mobil di hidupkan dan mobil mulai berjalan, maka semua lampu indikator yang menyala tadi akan segera padam.

arti lampu indikator mobil avanza

Jika ada salah satu atau beberapa lampu indikator yang masih menyala, maka hal ini menjadi petunjuk bagi pengemudi bahwa telah terjadi masalah pada sistem yang diwakili oleh nyalanya lampu indikator.

Sehingga, ketika lampu indikator tersebut menyala, pengemudi bisa memutuskan apakah mobil masih bisa digunakan untuk meneruskan perjalanan atau harus segera berhenti untuk mencegah kerusakan mesin yang lebih parah yang dapat memakan biaya perbaikan yang mahal.

Nah, tiap-tiap merek dan produsen mobil memiliki perbedaan terkait model dan bentuk lampu indikator yang ditampilkan. Namun untuk sistem-sistem penting yang sifatnya bisa berbahaya apabila masalah yang muncul tidak segera ditangani umumnya di buat serupa.

Pada artikel kali ini, ombro akan menginformasikan beberapa arti lampu indikator mobil avanza yang perlu diketahui. Perhatikan arti lampu indikator mobil avanza pada tabel di bawah berikut ini.

Arti lampu indikator mobil avanza


GAMBAR LAMPU INDIKATOR DETAIL LAMPU INDIKATOR PENJELASAN ARTI LAMPU INDIKATOR

Lampu Indikator tekanan oli mesin rendah Menunjukkan bahwa tekanan oli dalam mesin rendah

Lampu Indikator system pengisian Menunjukan adanya malfungsi / masalah pada sistem pengisian (charging system)

Lampu Indikator Sistem pengereman Menunjukkan bahwa level minyak rem rendah atau terjadi malfungsi pada sistem rem. Lampu ini juga menyala saat rem parkir digunakan. Bila lampu padam setelah rem parkir dibebaskan sepenuhnya, sistem beroperasi dengan normal.

Lampu Indikator temperatur cairan pendingin mesin tinggi Menunjukkan bahwa temperatur mesin mobil panas berlebihan .Berkedip : mesin mulai masuk ke awal overheat, Menyala : mesin sudah overheat (panas tinggi)

Lampu indikator malfungsi pada sistem kontrol elektronik dan emisi Menunjukkan adanya malfungsi pada sistem kontrol injeksi elektronik ataupun pada sistem kontrol emisi kendaraan

Lampu Indikator malfungsi pada SRS-airbag Menunjukkan terjadinya malfungsi pada sistem SRS airbag dan pretensioner seat belt.

Lampu Indikator ABS Menunjukkan terjadinya malfungsi pada sistem ABS (Anti-Lock Braking System)

Lampu Indikator EPS Menunjukkan terjadinya malfungsi pada sistem EPS (Electronic Power Steering)

Lampu pengingat sabuk keselamatan pengemudi (sabuk pengaman / seat belt) Mengingatkan pengemudi untuk menggunakan sabuk pengaman (seat belt) dan mengencangkannya sesuai dengan petunjuk pemakaian.

Lampu Indikator Rem Parkir Menunjukkan rem parkir dalam kondisi tertarik dan memperingati pengemudi untuk membebaskan rem parkir

Lampu indikator peringatan level bahan bakar rendah Mengingatkan pengemudi bahwa bahan bakar sudah mau habis, perlu dilakukan pengisian bahan bakar

Lampu Indikator Key-Free (jika dilengkapi) Menunjukkan terjadinya malfungsi pada sistem Key-free

Lampu peringatan transmisi otomatis (jika dilengkapi) Menunjukkan adanya malfungsi pada sistem transmisi otomatis, diperlukan pemeriksaan dengan scanner dan mekanik terlatih

Baca juga :

Dari tabel arti lampu indikator mobil avanza diatas, maka kita bisa menggunakannya sebagai acuan ketika lampu tersebut menyala.

Seperti misalnya saat sedang berkendara, kita melihat lampu indikator berbentuk gambar aki mobil menyala, maka kita bisa menyimpulkan bahwa telah terjadi malfungsi pada sistem pengisian listrik di mobil. Malfungsi pada sistem pengisian bisa mengakibatkan aki mobil soak dan mobil mogok akibat kehabisan listrik.

Dengan begitu, maka kita bisa mengambil keputusan untuk melakukan pemeriksaan terhadap sistem pengisian aki mobil tersebut untuk menghindari mobil mogok akibat aki tekor dan soak.

Demikianlah artikel arti lampu indikator mobil avanza ini bisa ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE