10 perlengkapan mudik dengan mobil agar perjalanan lancar dan aman - OMBRO

10 perlengkapan mudik dengan mobil agar perjalanan lancar dan aman

Menempuh perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil semakin diminati dan menjadi pilihan utama, terlebih bagi Anda yang sudah berkeluarga. Selain lebih hemat, mobilitas setelah sampai di kampung halamanpun juga menjadi lebih mudah ketimbang harus mencari angkutan umum disana.

Namun begitu, mudik dengan mobil juga dapat menimbulkan risiko stres karena macet yang panjang dan waktu tempuh yang lebih lama akibat banyaknya jumlah orang yang mengikuti arus mudik lebaran.

10 perlengkapan mudik dengan mobil

Nah, agar mudik tahun ini bisa terasa lebih nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda menyiapkan benda-benda penting dalam perjalanan mudik. Simak 10 perlengkapan mudik dengan mobil agar perjalanan lancar dan aman.


1. Ban serep


Siapkan ban serep mobil dengan tepat dan cermat, karena ban serep memberi andil besar untuk mengatasi masalah ban kempes atau pecah ban. Periksalah kondisinya sebelum perjalanan mudik dilakukan, seperti misalnya menambahkan tekanan angin dan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi fisik ban serep itu sendiri.

Jika di temukan ban serep sudah retak-retak, benjol pada permukaan bannya atau dalam kondisi bocor, sebaiknya ganti atau perbaiki terlebih dahulu ban serep tersebut. Menyiapkan ban serep dengan benar dapat memberikan ketenangan selama perjalanan mudik.


2. Dongkrak mobil


Selain ban serep, dongkrak mobil ini juga perlu anda siapkan sebelum melakukan perjalanan mudik. Ada baiknya anda mencoba dongkrak tersebut terlebih dahulu untuk mendongkrak mobil. Tujuannya untuk memastikan bahwa dongkrak mobil bisa berfungsi dan aman saat digunakan.


3. Toolkit dan segitiga pengaman


Toolkit dan segitiga pengaman juga menjadi benda yang wajib anda persiapakan sebelum melakukan perjalanan mudik. Toolkit ini berguna disaat mengganti ban atau ketika terjadi sedikit masalah pada bagian mesin atau lampu-lampu.

Sedangkan segitiga pengaman akan berfungsi sebagai rambu bahaya yang akan memberikan jarak dan tanda ke pada pengemudi lain di saat mobil anda berhenti / mogok di pinggir jalan.


4. Kabel jumper


Kabel jumper merupakan benda yang wajib anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik. Kabel jumper sangatlah penting terutama bagi anda yang memiliki kendaraan bertransmisi otomatis.

Kabel jumper bisa digunakan ketika mesin mobil mati mendadak akibat kehabisan daya aki di tengah perjalanan. Kabel ini bisa digunakan untuk “meminjam” listrik dari aki mobil lain untuk menyuplai listrik ke mobil anda dengan cara menjumper aki mobilnya. Baca : Cara menjumper aki mobil yang soak.


5. Jerigen dan pompa penyedot bensin


Perjalanan mudik yang kerap macet panjang serta jauh dari pom bensin tentu akan membuat khawatir terhadap jumlah bahan bakar yang tersedia di mobil. Dengan membawa jerigen dan pompa penyedot bensin, anda tidak perlu takut kehabisan bensin selama perjalanan.

Kita bisa menyiapkan bahan bakar cadangan di dalam jerigen ini sehingga bisa kita isikan kedalam tangki untuk mencegah mobil mogok akibat kehabisan bensin.


6. Alat navigasi


Jika mobil anda tidak dilengkapi dengan GPS, anda bisa mempersiapkan buku peta perjalanan mudik terlebih dahulu, atau jika mau lebih mudah kita bisa menyediakan aplikasi GPS yang ada di smartphone anda. Alat ini akan sangat membantu selama perjalanan mudik.

Namun, jangan lupa untuk menyediakan kabel charger atau baterai tambahan untuk mencegah smartphone kehabisan daya listrik. Alat navigasi ini akan mempermudah dalam pencarian rute perjalanan sehinga perjalanan menjadi lebih efisien dan nyaman.


7. Kunci setir


Kunci setir menjadi salah satu benda yang layak untuk disipkan untuk perjalanan mudik. Kita tidak pernah tahu situasi wilayah yang akan kita singgahi.

Walaupun beberapa tempat yang akan dilewati tergolong aman, namun tidak ada salahnya jika kita mengantisipasi segala kemungkinan terburuk seperti pencurian mobil misalnya. Gunakan kunci setir dimanapun kita singgah dan beristirahat selama perjalanan atau ketika tiba di tempat tujuan.

Baca juga :


8. Tempat sampah


Nah benda yang satu ini sebaiknya jangan luput untuk menyertakannya di dalam mobil Anda. Banyaknya sampah bekas makanan, bungkus permen, atau botol minuman pada saat perjalanan jauh, pastinya akan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

Oleh sebab itu, sediakan tempat sampah kecil di dalam mobilmu, atau bisa juga menggantinya dengan kantong plastik. Selain lebih bersih dan nyaman, mobil juga akan terhindar dari datangnya semut dan serangga sejenis lainnya.


9. Uang tunai


Meskipun kini sudah marak dengan sistem uang elektronik, namun jangan lupa untuk tetap menyediakan uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga seperti misalnya, saat kartu tol error dan mengharuskan kita membayar dengan uang tunai atau ketika makan di tempat yang tidak ada fasilitas uang elektroniknya.

Selain itu sediakan pula uang receh yang sewaktu waktu diperlukan seperti pada kondisi membayar toilet atau saat tambah angin pada ban mobil.


10. Plastik ukuran besar


Benda terakhir yang sebaiknya perlu dipersiapkan agar perjalanan mudik nyaman dan lancar adalah platik ukuran besar. Pastik ukuran besar ini bisa berfungsi sebagai alas darurat ketika kita harus melakukan pemeriksaan pada bagian kolong kendaraan. Selain itu, plastik ukuran besar bisa juga berfungsi sebagai ponco / jas hujan.

Nah itulah 10 perlengkapan mudik dengan mobil agar perjalanan lancar dan aman yang bisa ombro informasikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE