5 Cara membedakan velg mobil asli dan replika - OMBRO

5 Cara membedakan velg mobil asli dan replika

Mengganti velg mobil merupakan langkah awal yang banyak dilakukan oleh para modifikator untuk merubah tampilan mobilnya. Selain lebih cepat, mengganti velg mobil juga langsung membuat tampilan mobil menjadi lebih berbeda dari sebelumnya.

Namun, untuk mengganti velg mobil ini juga diperlukan sedikit pengetahuan agar tidak terjebak pada velg replika yang umumnya memiliki tingkat keamanan lebih rendah dibanding velg asli meskipun memiliki desain serupa.

Ya, tingkat keamanan velg replika yang lebih rendah dibanding velg asli dapat meningkatkan resiko dan bahaya saat velg tersebut digunakan. Oleh karenanya, dapat membedakan mana velg asli dan replika menjadi hal yang perlu diketahui agar tidak salah memilih velg.

cara membedakan velg mobil asli dan replika

Secara kasat mata, memang cukup sulit untuk membedakan mana velg asli dan replika. Namun begitu, banyak perbedaan velg mobil asli dan replika yang masih bisa kita perhatikan sehingga tidak salah dalam memilih velg.

Berikut adalah 5 perbedaan velg mobil asli dan replika yang perlu kita pertimbangkan saat memilih velg mobil.


1. Harga velg


Perbedaan velg asli dan replika yang pertama adalah harga velg. Ya, harga velg yang ditawarkan cukup bisa menggamnbarkan apakah itu velg asli atau velg replika. Velg asli umumnya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan velg replika.

Jika harga velg replika berkisar di rentang harga Rp 3-6 juta, maka velg asli bisa mencapai rentang harga di kisaran Rp 14-20 jutaan. Harga yang mahal pada velg asli juga sebanding dengan tingkat kekuatan dan keamanan yang ditawarkan dari velg tersebut.

Untuk velg asli umumnya sudah sudah dilakukan uji coba velg terlebih dahulu, baik dari sisi desain, kekuatan, keamanan, ketahanan dan lain-lain sehingga memiliki sertifikasi dan standar keamanan tingkat internasional yang berlaku di seluruh dunia.


2. Kualitas pembuatan velg


Perbedaan velg asli dan replika yang kedua adalah kualitas pembuatan velg. Kualitas dan proses pembuatan velg asli jauh lebih baik dibanding dengan velg replika. Velg asli dikenal lebih ringan dan lebih kuat karena jaminan kualitas saat proses pembuatannya.

Velg asli dibuat dengan metode forging yang diketahui dapat menciptakan velg yang benar-benar kuat namun berbobot lebih ringan. Sedangkan velg replika, umumnya menggunakan metode casting, yaitu metode cor dan cetak sehingga proses pembuatan velgnya bisa lebih cepat dan banyak, namun dengan kualitas yang lebih rendah dibanding metode forging. Baca : macam-macam proses pembuatan velg mobil

Selain lebih ringan dan kuat, velg asli memiliki hasil yang lebih halus di segala sisi, termasuk pada detail dan finishing jika dibandingkan dengan velg replika.


3. Bobot velg


Perbedaan velg asli dan replika yang ke tiga adalah bobot velg. Untuk velg asli, umumnya memiliki bobot velg yang lebih ringan di banding dengan velg replika. Hal ini di sebabkan karena material bahan campuran serta metode yang digunakan pada proses pembuatan velg asli tidak sama dengan proses cetak dan material bahan pembuat velg replika.

Akibatnya terjadi perbedaan bobot velg antara velg asli dan replika meskipun sama-sama berbahan dasar alloy (alumunium). Sebagai contoh, sebuah velg asli merek enkei dengan kode produksi NT03 17/18 racing series memiliki bobot velg seberat 20.1 lbs atau sekitar 9.1 kg, sedangkan untuk versi replikanya memiliki bobot yang lebih berat dari versi aslinya. Setidaknya ada perbedaan bobot velg sekitar 40-50% antara velg asli dan replika.

Baca juga :


4. Kode produksi velg


Perbedaan velg asli dan replika yang ke empat adalah kode produksi velg. Untuk velg asli, kerap mencetak kode produksi dan merek velg langsung di badan velg dengan metode emboss, sehingga huruf ataupun angka yang di cetak akan terlihat menonjol keluar.

Kode produksi pada velg asli ini umumnya mengandung nomor seri yang dapat dipertanggung jawabkan baik dari segi ukuran, bobot, bahan, serta model yang digunakan untuk nomer seri pada velg tersebut. Sedangkan untuk velg replika, umumnya menggunakan sticker atau bahan yang ditempel lainnya ke badan velg sehingga lebih mudah luntur dan hilang.

Selain itu, pada velg replika juga kerap ditemukan bahasa yang berbeda dari velg asli, seperti misalnya pada velg asli kita akan melihat tulisan "made in", namun pada velg replika kita akan tulisan berupa "design by" atau "mode in" dan lain-lain.


5. Logo dan kemasan velg


Perbedaan velg asli dan replika yang ke lima adalah logo dan kemasan velg. Ya, logo pada velg replika umumnya dibuat tidak sama meskipun sepintas terlihat sama dengan velg aslinya. Banyak terdapat perbedaan-perbedaan kecil yang tampil pada logo velg replika tersebut seperti misalnya beda huruf, beda detail, struktur penulisan atapun warna yang digunakan.

Selain itu, kemasan yang diberikan antara velg asli dengan velg replika juga sangat jauh berbeda. Pada velg asli kemasan akan terlihat lebih rapi dan lebih lengkap seperti adanya sticker produksi, buku petunjuk dan perawatan velg, sertifikat, bahkan bahan pelapis tambahan untuk melindungi velg dari goresan-gorsean kecil saat proses pengiriman.

Jadi, ketika anda ingin membeli velg mobil, perhatikanlah kelima perbedaan velg asli dan replika di atas agar dapat membedakan mana velg asli dan mana velg yang replika. Apabila anda masih bingung untuk membedakannya, ada baiknya untuk membeli velg tersebut langsung di dealer resmi karena produk yang terdapat di sana dijamin keasliannya.

Daftar isi
    SHARE