Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Produsen / Pembuat - OMBRO

Jenis-Jenis Velg Mobil Berdasarkan Produsen / Pembuat

Jika pada postingan sebelumnya kita sudah membahas macam-macam velg mobil berdasarkan material bahan pembuatnya, nah pada artikel kali ini Ombro akan menginformasikan jenis-jenis velg mobil jika diklasifikasikan berdasarklan produsen/ pembuat velg tersebut.

Ya, penggolongan velg mobil berdasarkan produsen ini memang penggologan yang cukup ramai dibicarakan. Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan proses pembuatan velg atau bahan material pembuat velg, melainkan dari desain velg, spesifikasi velg, dan produsen pembuatnya.

Pasalnya, pada penggolongan berdasarkan produsen pembuatnya ini, kita akan mengenal tiga jenis velg yang beredar di pasaran, yaitu velg mobil OEM, Aftermarket, dan Replica. Seperti apa penjelasannya ? Berikut penggolongan velg mobil berdasarkan produsen /pembuat.

jenis-jenis velg mobil berdasarkan produsen


1. Original Equipment Manufactured (OEM)


Velg mobil jenis Original Equipment Manufacturer (OEM) adalah Velg mobil yang dibuat dan disetujui oleh masing-masing produsen mobil.

Ini berarti, velg mobil jenis OEM adalah jenis velg mobil yang diproduksi oleh produsen mobilnya itu sendiri, atau melalui kerjasama dengan vendor dimana setiap produk yang keluar dari vendor tersebut sudah di cek, di uji, serta sudah mendapatkan lisensi dari produsen brand mobil yang sama tersebut.

Kelebihan velg OEM ini terletak pada kualitasnya yang lebih terjamin, termasuk urusan kekuatan serta detail produksinya. Sebelum di lepas ke pasaran, velg OEM ini akan selalu di uji dan di tes terlebih dahulu sehingga kualitasnya tertap terjaga dan dapat diandalkan.

Satu kekurangan yang cukup terlihat adalah sifat produksinya yang massal mengakibatkan desain dari velg OEM ini sangat monoton dengan pilihan yang kurang variatif.


2. Aftermarket


Velg mobil jenis Aftermarket adalah velg mobil yang diproduksi oleh pabrikan lain selain pabrik mobil itu sendiri. Velg Aftermarket tidak terkait dengan produsen mobil, baik secara lisensi ataupun desain. Ya, desain velg aftermarket umumnya memiliki variasi dan desain tersendiri.

Velg aftermarket secara umum memiliki kualitas yang sebanding dengan velg OEM, baik dari sisi ketahanan, proses produksi hingga bahan material yang digunakan. Bahkan beberapa diantaranya ada yang memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih unggul (tentu dengan harga yang juga lebih mahal dari velg OEM).

Namun perlu diingat, hanya velg-velg aftermarket dari produsen-produsen ternama saja yang umumnya memiliki kualitas dan ketahanan velg sudah teruji, Silahkan baca pada artikel 5 merek velg mobil berkualitas 

Produsen-produsen ini memproduksi velg dengan kualitas handal dan desain yang menarik. Untuk harganya tentu sebanding, kebanyakan mencapai belasan bahkan puluhan juta.


3. Replica


Velg mobil jenis Replica adalah velg mobil yang dibuat menyerupai produk-produk pada velg OEM dan Aftermarket. Sesuai namanya, replica berarti tiruan sehingga velg-velg replica ini lebih banyak meniru (desain khususnya) velg-velg yang sudah diproduksi oleh produsen velg OEM dan velg aftermarket.

Ada yang sekedar meniru desainnya tapi menggunakan merek sendiri, dan ada juga yang benar-benar menyamakan (memalsukan) baik desain, stamp, hingga center caps dari merek-merek ternama.

Pada velg replica kerap kita temukan merek-merek velg terkenal seperti Enkei, BBS, OZ, Konig, Work, dan lain-lain. Namun kesemuanya itu hanyalah produk palsu dari merek merek terkenal tersebut.

Ciri yang paling mudah dikenali dari velg replica ini adalah harganya yang jauh lebih murah 5 kali hingga 10 kali lipat dari harga velg aslinya. Selain itu, kualitas dari velg replica ini juga terbilang lebih rendah sehingga lebih beresiko saat digunakan. Ada harga ada kualitas, begitulah kira-kira penggambaran dari velg replica ini.
Daftar isi
    SHARE