5 Keuntungan memiliki kamera di dalam mobil - OMBRO

5 Keuntungan memiliki kamera di dalam mobil

Kamera dashboard mobil memang sejatinya hanya digunakan untuk merekam kondisi jalanan selama mengemudi, atau jika diperlukan, kamera dashboard mobil ini juga bisa digunakan saat kendaraan dalam posisi diparkir sehingga menjadi layaknya sebuah cctv mobil tersembunyi yang dapat merekam segala aktivitas yang terjadi di hadapan layar kamera.

Ya, aksesoris mobil yang satu ini memang bisa dibilang penting dan ngga penting bagi sebagian orang, namun tahukah anda jika banyak keuntungan yang bisa didapatkan? Apa keuntungan memiliki kamera di dalam mobil? Bagaimana kita bisa mengambil keuntungan dari memasang kamera di dalam mobil?

Keuntungan memiliki kamera didalam mobil

Salah satu keuntungan utama dari memiliki kamera di dalam mobil adalah bahwa kamera tersebut dapat membantu Anda melakukan perjalanan dengan lebih aman. Kamera dapat membantu Anda melihat apa yang terjadi di sekitar mobil Anda, sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari kecelakaan atau kejadian lain yang tidak diinginkan.

Selain itu, kamera juga dapat membantu Anda mengidentifikasi apa yang menyebabkan kecelakaan jika terjadi, sehingga Anda dapat mengambil tindakan lebih lanjut untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, untuk lebih lengkap dan jelasnya, berikut ombro sampaikan keuntungan-keuntungan memiliki kamera di dalam mobil. Berikut 5 keuntungan memiliki kamera dashboard mobil .


1. Bisa digunakan sebagai bukti klaim asuransi mobil


Keuntungan memiliki kamera didalam mobil yang ke pertama adalah rekaman kamera dashboard mobil ini bisa digunakan sebagai bukti klaim asuransi saat kendaraan mengalami kerusakan yang dapat di tanggung oleh pihak asuransi mobil.

Bukti rekaman kamera mobil memilki kekuatan yang cukup valid sebagai lampiran klaim asuransi dan memiliki peluang yang lebih besar agar klaim asuransi dapat di terima, asalkan kerusakan yang terjadi memang dapat di terima oleh pihak asuransinya.


2. Merekam kejadian tidak terduga


Keuntungan memiliki kamera dashboard mobil yang kedua adalah kamera dashboard bisa digunakan untuk merekam kejadian-kejadian tidak terduga seperti misalnya saat terjadi kecelakaan lalu lintas, peristiwa tabrak lari, pohon tumbang, tanah longsor, atau bahkan ketika ada pesawat jatuh dan lain sebagainya.

Rekaman-rekaman tersebut akan tersimpan kedalam memori kamera dashboard dan bisa dilihat kembali di kemudian waktu jika diperlukan.


3. Bisa digunakan sebagai bukti dari tindakan kriminal


Keuntungan memiliki kamera dashboard mobil yang ketiga adalah rekaman kamera dashboard mobil ini bisa digunakan sebagai bukti dari sebuah tindakan kriminal kepada pihak berwajib (kepolisian) sehingga kita dapat terhindar dari kerugian dan jeratan hukum yang berlaku.

Berikut beberapa tindakan kriminal yang mungkin terjadi selama berkendara
  • Kejahatan bermodus pencurian dengan dalih ban bocor
  • Kejahatan bermodus pemerasan dengan dalih kecelakaan dan tabrak lari
  • Pencurian barang berharga dalam kendaraan (saat parkir ataupun di lampu merah)
  • Kerusakan kendaraan yang disengaja oleh orang lain

Selain bisa digunakan sebagai bukti, dengan adanya kamera yang terlihat, bisa saja hal ini akan mengurungkan niat pelaku kejahatan dan akhirnya dapat membantu anda terhindar dari modus kejahatan yang akan dilakukan olehnya.

Baca juga:


4. Melacak posisi kendaraan


Keuntungan memiliki kamera dashboard mobil yang ke empat adalah agar posisi kendaraan lebih mudah dilacak. Ya, pada kamera dashboard mobil terkini, umumnya sudah dibekali dengan fitur tambahan seperti GPS (Global Positioning System) yang dapat kita pantau posisi kendaraan secara real time.

Bahkan ada pula fitur yang dapat mengirimkan gambar rekaman video secara online saat kendaraan berjalan sehingga lebih mudah dan akurat dalam menentukan lokasi dimana kendaraan tersebut berada. Bagi pelaku usaha travel ataupun transportasi online lainya, fitur ini tentunya akan sangat bermanfaat guna membantu proses pengawasan kendaraannya.


5. Untuk kesenangan dan hobi


Keuntungan memiliki kamera dashboard mobil yang ke lima adalah kamera dashboard ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan kesenangan dan hobi. Misalnya digunakan untuk merekam seluruh situasi jalan selama perjalanan menuju ke daerah wisata tertentu dan kemudian membagikannya rekaman tersebut ke berbagai media sosial di internet seperti youtube, facebook, ataupun instagram dan lain-lain.

Selain itu, rekaman dari kamera dasboard mobil ini juga bisa digunakan sebagai evaluasi pembelajaran terhadap cara mengemudi yang kita jalani, apakah sudah berkendara dengan aman dan nyaman atau malah membahayakan orang dan lalu lintas disekitar kita.

Demikianlah 5 keuntungan memiliki kamera dashboard mobil yang bisa ombro sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE