Tips mencegah pencurian ban mobil - OMBRO

Tips mencegah pencurian ban mobil

Maraknya pencurian ban mobil tentu saja membuat gerah para pemilik kendaraan. Pasalnya, harga ban mobil yang cukup mahal bisa membuat kantong terkuras saat itu juga, selain itu, tentu saja kita membutuhkan alat transportasi lain karena mobil yang ada tidak bisa kita kendarai akibat bannya hilang.

Untuk menghindari pencurian ban mobil, tentu kita memerlukan beberapa tindakan preventif yang memang layak dilakukan dan tidak merepotkan dalam penggunaannya. Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi tips untuk mencegah pencurian ban mobil, simak infonya dibawah berikut ini..


1. Parkir di tempat yang aman


parkir di garasi

Langkah pertama yang paling mudah untuk mencegah pencurian ban mobil adalah dengan memilih tempat parkir yang aman, seperti misalnya di garasi, atau pada tempat parkir yang memiliki CCTV dan staf keamanan yang kompeten.

Hindarilah memarkir kendaraan di area-area yang kurang aman seperti:
  • Tempat yang jauh dari pantauan petugas keamanan
  • Tempat yang minim pencahayaan (kurang terang)
  • Tempat yang sepi dari lalu-lalang orang yang melintas
Dengan memarkir kendaraan pada tempat yang aman, maka kita sudah mencegah agar tidak terjadi pencurian ban mobil pada mobil kita.


2. Memasang mur roda anti maling


pasang mur roda anti maling

Tips selanjutnya untuk mencegah pencurian ban mobil adalah dengan memasang mur roda anti maling. Mur roda anti maling ini umumnya memiliki desain dan kunci khusus sehingga tidak dapat dibuka oleh sembarang kunci roda mobil.

Umumnya, mur roda anti maling dijual satu set (berisi 4 atau 5 mur dengan satu socket kunci khusus untuk buka pasang murnya). Anda cukup menggunakan satu buah mur roda anti maling pada setiap roda mobil. Dengan begitu ke empat roda mobil anda sudah terlindungi.

Hal ini, akan membuat pencuri ban mobil enggan untuk mencuri karena mur roda sulit untuk dibuka jika tanpa kunci khusus yang disediakan saat pembelian.

Baca juga :



3. Pasang alarm mobil yang lebih canggih


pasang alarm yang canggih

Alarm mobil tersedia dengan beragam sensitivitas. Ada yang sangat sensitif dan ada yang kurang sensitif. Untuk mencegah pencurian ban mobil, pasanglah alarm mobil yang lebih canggih yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi.

Seperti misalnya, ketika mobil di angkat atau terkena hentakan saat pencuri membuka ban mobil, alarm mobil segera berbunyi nyaring. Dengan begitu, maka pencuri akan segera pergi meninggalkan aksinya dan kita akan terhindar dari pencurian ban mobil.


4. Parkir dekat dinding atau trotoar yang tinggi


parkir dekat dinding atau trotoar tinggi

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah pencurian ban mobil adalah dengan memarkir mobil dekat dengan dinding atau trotoar yang tinggi. Ya, posisi parkir yang merapat ke dinding atau ke trotoar yang tinggi akan menutup ruang gerak bagi pencuri saat beraksi.

Untuk membuka ban mobil, dibutuhkan ruang yang cukup untuk memasang dongkrak hingga mengeluarkan ban dari porosnya. Dengan merapatkan parkir pada dinging atau trotoar yang tinggi maka ruang gerak akan menjadi sempit dan pencuripun akan enggan untuk melakukan aksinya.
Daftar isi
    SHARE