Mengenal apa itu nano ceramic coating - OMBRO

Mengenal apa itu nano ceramic coating

Setiap pemilik mobil pastinya ingin memiliki bodi mobil yang selalu mengkilap, terlihat baru dan tidak kusam. Namun sayangnya, memiliki bodi mobil yang selalu mengkilap, terlihat baru dan tidak mudah kusam warnanya tidaklah semudah yang dibayangkan.

Paparan sinar matahari yang terus menerus, siraman air hujan, menerobos banjir, hingga sisa aspal yang menempel di bodi kerap mempercepat pudarnya warna cat di bodi mobil.

apa itu nano ceramic coating

Untuk mendapatkan kondisi bodi mobil yang mengkilap, terlihat baru dan tidak pudar warnanya, melakukan perawatan bodi mobil secara rutin sudah menjadi hal mutlak yang wajib dilakukan.

Mulai dari cuci mobil, poles bodi secara menyeluruh, waxing dan sealant bodi, hingga pengaplikasian teknologi-teknologi pelindung cat dan bodi mobil seperti penggunaan film protection, hingga yang cukup terbaru adalah perlindungan dengan nano ceramic coating.


Apa itu pelindung Nano Ceramic Coating


Pelindung Nano Ceramic Coating adalah sebuah produk perlindungan cat mobil secara permanen yang usia penggunaannya memiliki jangka waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan penggunaan wax dan sealant pada bodi mobil.

Pelindung nano ceramic coating menggunakan material berbahan dasar silika yang memiliki tingkat kerapatan lebih tinggi dibandingkan pelindung cat mobil lainnya. Tingkat kerapatan molekul yang lebih tinggi inilah yang akhirnya mampu menahan kotoran, debu, dan residu lainnya sehingga sulit masuk ke dalam pori-pori cat mobil.

Pelindung nano ceramic coating ini bersifat permanen dan tahan lama. Ya hal ini disebabkan karena lapisan pelindung nano ceramic coating akan mengeras nantinya, sehingga dapat melindungi cat mobil untuk jangka waktu yang cukup lama.


Cara kerja lapisan coating nano ceramic


Lapisan coating nano ceramic bekerja layaknya sebuah kertas putih bersih yang di laminating. Ada penambahan lapisan keras diatas kertas putih tersebut. Selama lapisan laminating tidak rusak, maka warna kertas tadi akan selalu tetap terjaga. Begitupun dengan lapisan coating nano ceramic yang diterapkan pada permukaan cat mobil.

Lapisan nano ceramic coating berbentuk lapisan tipis tembus pandang yang memiliki ketebalan partikel penyusun berukuran nano ( 0.000000001 m ). Lapisan nano ceramic coating ini dibuat dengan teknologi tinggi yang awalnya berupa cairan kimia.

Setelah cairan kimia nano ceramic coating ini dioleskan pada permukaan cat, maka cairan tadi akan masuk dan meresap ke dalam pori-pori cat. Selanjutnya, cairan ini kemudian akan mengeras dan membentuk lapisan baru nano ceramic diatas pemukaan cat mobil anda. Dengan begitu permukaan cat pada bodi mobil menjadi tidak memiliki pori-pori bagaikan permukaan keramik.

Dengan tertutupnya seluruh pori-pori pada permukaan cat mobil, maka kotoran tidak akan mudah menempel. Efeknya, body mobil menjadi lebih gampang dibersihkan dan permukaan cat menjadi tidak mudah meninggalkan noda / bercak terutama water spot yang bisa menimbulkan jamur.


Manfaat Nano Ceramic Coating


Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan saat menggunakan nano ceramic coating sebagai pelindung cat mobil, berikut diantaranya adalah

  • Hydrophobic effect yang akan memberikan efek daun talas pada bodi mobil. Efek daun talas ini akan membuat air tidak mudah menempel di bodi mobil.
  • Self cleaning effect yang akan memberikan efek agar kotoran, debu dan berbagai macam residu tidak mudah menempel pada permukaan cat bodi mobil. Efeknya akan mempermudah pembersihan saat melakukan cuci mobil.
  • Perlindungan terhadap kontaminasi natural acid dan jamur yang berbahaya bagi cat dan bodi mobil
  • Melindungi cat mobil agar tidak mudah pudar akibat paparan sinar ultraviolet
  • Membuat permukaan cat mobil menjadi lebih tahan terhadap baret halus seperti swril mark akibat cara mencuci mobil yang salah.
  • Menghidupkan warna cat mobil agar kembali terlihat seperti baru
  • Mempertahankan warna cat mobil agar tetap terlihat "wet look" dan kinclong secara permanen

Baca juga :



Proses menggunakan pelindung nano ceramic coating


Meskipun pengaplikasian nano ceramic coating ini bisa dilakukan sendiri di rumah, namun menggunakan jasa ahli akan lebih baik karena sudah memahami teknik dan cara penggunaannya yang baik dan benar. Selain itu, alat-alat khusus yang digunakan juga lebih memadai sehingga proses penggunaan nano ceramic coating ini bisa dilakukan dengan sempurna.

Berikut beberapa proses yang dilakukan untuk menggunakan pelindung nano ceramic coating
  1. Pencucian mobil
    Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan pencucian bodi mobil secara menyeluruh hingga benar-benar bersih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu, kotoran serta tanah yang menempel di bodi kendaraan.
  2. Penghilangan jamur, aspal dll
    Langkah selanjutnya adalah menghilangkan jamur, sisa aspal , serta kotoran yang menempel dan cukup sulit dihilangkan.
  3. Compound penghilang baret halus
    Langkah ketiga adalah dengan pemberian compound untuk menghilangkan baret-baret halus yang terjadi pada permukaan cat mobil
  4. Polishing Compund untuk mengangkat warna cat kembali ke warna aslinya
    Langkah ke empat adalah pemberian polishing compound yang berfungsi untuk menyegarkan dan mengangkat warna cat agar kembali ke warna aslinya.
  5. Finishing compund
    Langkah kelima adalah finishing compound yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan serta menyegarkan kembali warna cat bodi mobil.
  6. Pengaplikasian nano ceramic coating
    Setelah warna cat dan bodi mobil sudah bersih dan segar seperti baru, barulah proses pemnggunaan nano ceramic coating ini dapat dilakukan. Untuk pengaplikasian nano ceramic coating ini membutuhkan suhu yang stabil (21-23 derajat celcius) serta kondisi ruangan yang tertutup agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

    Untuk proses pengerjaannya umumnya membutuhkan waktu setidaknya 3 hari kerja untuk mobil lama dan 2 hari kerja untuk mobil-mobil baru. Meskipun begitu semua tergantung dari kondisi cat mobil yang ada pada mobil anda.

Oleh karena prosesnya yang cukup lama karena membutuhkan proses kerja detailing yang harus sempurna, biaya yang diperlukan untuk menggunakan nano ceramic coating ini juga terbilang cukup mahal.

Setidaknya pemiliki mobil harus menyiapkan dana 3 hingga 5 juta untuk mendapatkan hasil nano ceramic coating yang terbaik, baik dari produk nano ceramic coatingnya sendiri ataupun untuk jasa pengerjaannya.
Daftar isi
    SHARE