Fungsi talang air mobil (Door Visor) - OMBRO

Fungsi talang air mobil (Door Visor)

Talang air (door visor) merupakan salah satu aksesoris mobil yang dipasang pada bagian atas pintu mobil sepanjang kaca jendela. Jumlah talang air yang digunakan umumnya beragam dan sangat tergantung dari tipe serta model mobil yang digunakan.

Talang air terbuat dari bahan plastik bening berwarna variatif dengan bahan yang cukup tebal dengan ketebalan diantara 1 mm hingga 3 mm. Warna yang disediakan untuk talang air ini rata-rata berwarna gelap kehitam-hitaman, meskipun begitu, tak jarang juga bisa ditemukan dengan warna lain seperti silver ataupun coklat.

fungsi talang air mobil

Kisaran harga talang air mobil yang ditawarkan dipasaran pun umumnya cukup bervariatif. Pemilik mobil bisa membelinya dengan biaya mulai dari 250 ribuan hingga 1 juta. Biasanya besaran biaya yang perlu dikeluarkan sangat tergantung dari jenis serta kualitas barang yang dipilih.

Sebagai komponen aksesoris mobil, talang air menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan tampilan mobil, selain itu ia juga memiliki fungsi dan manfaat yang tidak bisa di sepelekan. Apa saja sih fungsi talang air mobil (door visor) ini ? Simak penjelasannya dibawah berikut ini


1. Mencegah air hujan masuk melalui jendela


Fungsi talang air mobil yang paling banyak dirasakan manfaatnya adalah untuk mencegah air hujan masuk melalui jendela ketika kaca di turunkan sedikit kebawah. Sebagai contoh, ketika sedang mengambil tiket tol / tiket parkir pada kondisi hujan.

Dengan adanya talang air pada pintu mobil, maka sisi dalam mobil akan sedikit terhindar dari masuknya air hujan kedalam kabin saat kaca jendela di turunkan sedikit kebawah.


2. Mencegah komponen power window terkena air hujan


Fungsi talang air mobil yang selanjutnya dan kerap tidak kita sadari adalah untuk mencegah komponen power wondow (tombol-tombol) power window yang menempel disisi door trim tidak mudah basah terkena air hujan.

Air hujan yang membasahi tombol-tombol power window bisa mengakibatkan korsleting listrik,karat pada komponen power window hingga menyebabkan power window macet .


3. Membantu sirkulasi udara di kabin saat parkir di tempat panas


Fungsi talang air mobil yang terakhir ombro ketahui adalah untuk membantu sirkulasi udara di kabin saat parkir ditempat panas. Ya, saat parkir ditempat panas, akan terasa sangat riskan jika kita membiarkan kaca mobil terbuka sedikit tanpa ada penutup. Selain itu, menutup seluruh kaca mobil saat parkir di tempat panas juga akan menyebabkan suhu udara dalam kabin menjadi semakin panas.

Nah, dengan adanya talang air mobil ini, terlebih untuk model talang air yang sedikit lebih lebar dan tebal, maka kita dapat membuka sedikit kaca jendela mobil (tidak melebihi talang air) agar udara dalam kabin bisa bersirkulasi sehingga dapat mengurangi suhu panas di dalam kabin.

Dengan begitu, maka udara dalam kabin juga tidak terlalu panas dan kita tidak terlalu khawatir dengan kaca jendela yang sedikit terbuka karena tidak terlalu terlihat akibat terhalang oleh talang air tersebut.
Daftar isi
    SHARE