27 Contoh Mobil Penggerak Roda Belakang - OMBRO

27 Contoh Mobil Penggerak Roda Belakang

Jika pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang ciri-ciri dan contoh mobil penggerak roda depan, maka kali kita akan membahas contoh mobil penggerak roda belakang berikut ciri-ciri umum yang bisa kita ketahui dengan mudah.

Mobil penggerak roda belakang adalah mobil yang roda bagian belakangnya digunakan sebagai satu-satunya sumbu penggerak agar mobil bisa bergerak dan melaju dijalan. Mobil penggerak roda belakang kerap di sebut dengan mobil RWD (Rear Wheel Drive).

Pada mobil penggerak roda belakang, roda bagian belakang terhubung dengan mesin dan transmisi sehingga ia memiliki kekuatan puntir dan kecepatan putar sehingga mampu memberikan dorongan bagi mobil untuk berjalan.

contoh mobil penggerak roda belakang

Mobil penggerak roda belakang memiliki ciri-ciri yang juga bisa kita ketahui dengan memperhatikan mobil tersebut, berikut ciri-ciri umum mobil penggerak roda belakang
  • Posisi mesin mobil penggerak belakang umumnya dipasang segaris / lurus dengan badan mobil.
  • Terdapat Poros kopel yang kerap disebut dengan Propeller Shaft dibagian bawah mobil yang memanjang dan terhubung dengan gardan dan roda belakang. Jadi anda bisa menemukan gardan dibagian belakang mobil.
  • Mobil penggerak roda belakang memiliki nilai minimum turning radius yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil penggerak roda depan akibat sudut belok yang tidak terbatas oleh drive shaft.
  • Umumnya digunakan untuk mobil-mobil yang memiliki kapasitas besar ( > 2000cc), karena lebih tangguh dan unggul untuk medan jalan tanjakan. Oleh karena itu mobil penggerak belakang lebih banyak digunakan oleh mobil jenis pick-up, sebaian MPV, SUV, bahkan hingga truck-truck besar.


Contoh mobil penggerak roda belakang


Untuk lebih jelasnya, berikut contoh mobil penggerak roda belakang yang ada di Indonesia dari beberapa merek mobil yang sudah Ombro rangkumkan dari berbagai sumber.
  1. Daihatsu Xenia (2004 - November 2021)
  2. Daihatsu GrandMax
  3. Daihatsu Terios
  4. Daihatsu Taruna
  5. Daihatsu Luxio
  6. Isuzu Panther
  7. Isuzu ELF
  8. Mazda MX-5 Miata
  9. Mazda Vantrend
  10. Mazda RX-7 FC3S, FD3S
  11. Mazda RX-8 SE3P
  12. Mitsubishi Colt T120ss
  13. Mitsubishi Colt L300
  14. Mitsubishi Pajero Sport
  15. Mitsubishi Strada Triton
  16. Suzuki Carry
  17. Suzuki APV
  18. Suzuki Sidekick
  19. Suzuki Escudo
  20. Toyota Avanza (2003 - November 2021)
  21. Toyota Kijang Innova
  22. Toyota Fortuner
  23. Toyota Hilux
  24. Toyota Rush
  25. Wuling Confero
  26. Semua Mercedes-Benz kecuali A-class, B-Class, dan beberapa R-Class
  27. Semua mobil BMW kecuali pada tipe-tipe tertentu yang mengadopsi platform FAAR
*Catatan: Khusus Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, per November 2021 sudah mulai menggunakan penggerak roda depan (FWD)

Baca juga

Nah, itulah contoh mobil penggerak roda belakang yang umumnya ada di Indonesia, meskipun belum mencakup semuanya, namun ombro harap informasi ini bisa berguna untuk sobat-sobat sekalian, terima kasih.
Daftar isi
    SHARE