37 Contoh Mobil Penggerak Roda Depan - OMBRO

37 Contoh Mobil Penggerak Roda Depan

Mobil penggerak roda depan adalah mobil yang roda bagian depannya digunakan sebagai satu-satunya sumbu penggerak. Ini artinya hanya roda bagian depan yang memiliki tenaga puntir dan kecepatan serta terhubung langsung dengan putaran mesin sehingga mobil bisa bergerak dan melaju dijalan.

Pada sebagian orang, ada yang menyebut mobil penggerak roda depan ini dengan sebutan FWD yang merupakan singkatan dari Front Wheel Drive, sedangkan sebagian lagi ada yang menyebutnya kendaraan FF yang merupakan singkatan dari Front Engine Front Drive. Perhatikan gambar contoh mobil penggerak roda depan dibawah berikut ini.

contoh mobil penggerak roda depan

Meskipun begitu, apapun nama sebutannya, mobil penggerak roda depan tetap mengacu pada mobil yang mengeluarkan tenaga puntirnya hanya pada roda bagian depan saja. Berikut beberapa ciri mobil yang menggunakan penggerak roda depan
  • Ruang mesin umumnya ada di bagian depan mobil dengan posisi mesin yang dipasang melintang (tidak sejajar) lurus dengan bodi mobil.
  • Memiliki nilai Minimum Turning Radius (jarak sumbu putar) yang besar akibat keterbatasan ruang gerak belok pada roda depan sehingga membutuhkan ruang yang cukup untuk putar balik.
  • Menggunakan mesin dengan kapasitas kecil, umumnya tidak lebih dari 2000cc. Hal ini menyebabkan mobil penggerak depan banyak kita temukan pada mobil-mobil LCGC, sedan, Hatchback, MPV, dan beberapa medium SUV.


37 Contoh Mobil Penggerak Roda depan


Untuk lebih jelasnya, berikut 37 contoh mobil penggerak roda depan di Indonesia dari beberapa merek mobil yang sudah Ombro rangkumkan dari berbagai sumber.
  1. Chevrolet Aveo
  2. Chevrolet Captiva FWD
  3. Chevrolet Orlando
  4. Chevrolet Spin
  5. Chevrolet Trax
  6. Daihatsu Ayla
  7. Daihatsu Sigra
  8. Daihatsu Xenia (November 2021 - sekarang)
  9. Datsun Go
  10. Datsun Go +
  11. Honda Brio
  12. Honda BRV
  13. Honda HRV
  14. Honda Jazz
  15. Honda Mobilio
  16. Mazda 2
  17. Mazda CX-3
  18. Mazda CX-5
  19. Mazda Biante
  20. Mitsubishi Mirage
  21. Mitsubishi Xpander
  22. Mitsubishi Lancer
  23. Mitsubishi Outlander Sport
  24. Nissan Grand Livina
  25. Nissan Juke
  26. Nissan March
  27. Suzuki Baleno
  28. Suzuki Ertiga
  29. Suzuki Ignis
  30. Suzuki Karimun wagon
  31. Suzuki Swift
  32. Toyota Agya
  33. Toyota Avanza (November 2021 - sekarang)
  34. Toyota Calya
  35. Toyota Yaris
  36. Toyota Vios
  37. Wuling Cortez
*Catatan: Khusus Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, per November 2021 sudah tidak menggunakan penggerak roda belakang. DIganti dengan penggerak roda depan (FWD)


Baca juga :

Demikianlah 37 contoh mobil penggerak roda depan yang banyak di temukan di Indonesia. Jumlah ini belumlah mencakup semua. Apalagi untuk seluruh dunia, maka akan lebih banyak lagi ditemukan contoh mobil penggerak depan lainnya. Demikianlah informasi yang bisa Ombro sampaikan, semoga bisa bermanfaat
Daftar isi
    SHARE