Mengenal Jenis Sikring Mobil [Fuse] - OMBRO

Mengenal Jenis Sikring Mobil [Fuse]

Sikring yang dalam bahasa inggrisnya disebut Fuse, merupakan salah satu komponen kelistrikan. Berfungsi untuk membatasi jumlah arus listrik yang mengalir sekaligus menjadi pengaman komponen elektronik lainnya pada suatu rangkaian listrik.

Ini artinya, jika arus listrik yang mengalir di dalam sebuah rangkaian melebihi batas kapasitas arus yang dimiliki oleh sikring, maka sikring akan memutuskan arus listrik tersebut dengan cara meleburkan kawat pelebur di dalam sikring itu sendiri.

Dengan begitu maka arus listrik yang mengalir akan segera terputus sehingga komponen listrik dalam rangkaian tersebut bisa terhindar dari kerusakan karena terbakar.

Setiap rangkaian kelistrikan di wajibkan menggunakan sikring [fuse], dan ini juga berlaku untuk penggunaan komponen kelistrikan didalam mobil. Berikut akan kami informasi terkait seputar fuse/ sikring mobil yang umum di pakai saat ini. .


Jenis - jenis fuse / Sikring mobil


Berdasarkan standard industri otomotif internasional (SAE international) sikring mobil dibedakan menjadi 4 jenis yaitu sikring tabung kaca, sikring pisau [Blade], sikring fusible link dan sikring jenis yazaki dengan rata-rata maksimal tegangan yang digunakan adalah 32 V.


Sikring Tabung Kaca


Sikring Tabung Kaca merupakan sikring bertipe cartridge, terbuat dari tabung kaca berwarna bening dan transparan. Memiliki penutup pada kedua ujungnya yang terbuat dari tembaga atau kuningan berlapis chrome nikel.

sikring mobil tabung kaca

Diameter sikring tabung kaca ini umumnya berdiameter 1/4 inchi atau sekitar 6.35 mm, sedangkan untuk panjangnya bervariasi tergantung desain dan kebutuhan pada kendaraan.

Berikut adalah tabel ukuran dan jenis sikring tabung kaca yang umum digunakan


Ampere Panjang (inchi) Diameter (inchi)
4 A 5/8 1/4
6 A 3/4 1/4
7.5 A 7/8 1/4
9 A 7/8 1/4
14 A 11/16 1/4
20 A 11/4 1/4
30 A 17/16 1/4

Untuk mengetahui ukuran dan kapasitas kekuatan maksimal arus listrik yang bisa dilewati oleh sikring tabung kaca ini bisa Anda baca pada bagian penutup di salah satu ujungnya.



Sikring Pisau [Blade]


Sikring Pisau [Blade] umumnya berbentuk kotak yang umumnya terbuat dari bahan semacam plastik transparan yang bersifat non konduktif serta tidak mudah terbakar.

Untuk jenis dan ukuran, sikring pisau [Blade] ini terbagi lagi menjadi 6 tipe yaitu

sikring mobil tipe pisau blade

Keterangan :
  1. Tipe Micro2
  2. Tipe Micro3
  3. Tipe Low Profile Mini Fuse (LP Mini)
  4. Tipe Mini
  5. Tipe Regular
  6. Tipe Maxi
Umumnya, pada bagian atas sikring ini terdapat cetakan angka yang akan menunjukkan batas maksimal arus listrik yang bisa dilewati oleh sikring tersebut. Namun begitu, sering pula ditemukan jenis sikring pisau [blade] yang tidak memiliki cetakan angka diatasnya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui batas arus maksimal yang bisa dilewati sikring jenis pisau ini maka dibuatlah pengkodean melaui warna bodi sikring. Seperti contohnya, sikring 15A (Ampere) diberi warna Biru (blue), dan sikring 10A akan berwarna Merah (red).

Berikut adalah daftar kode warna sekring tipe pisau [blade] beserta kapasitas Ampere ratingnya

Warna Rate Arus Micro2 Micro3 LP Mini Mini Reg Maxi
Dark Blue 0,5 A - - - - -
Black 1 A - - - - -
Gray 2 A - - -
Violet 3 A - - -
Pink 4 A - - -
Tan 5 A -
Brown 7,5 A -
Red 10 A -
Blue 15 A -
Yellow 20 A -
Clear 25 A - Gray
Green 30 A -
Blue-green 35 A - - Brown
Orange 40 A - -
Red 50 A - - - - -
Blue 60 A - - - - -
Amber/Tan 70 A - - - - -
Clear 80 A - - - - -
Violet 100 A - - - - -
Purple 120 A - - - - -



Sikring jenis fusible link


Sikring jenis Fusible links ini adalah sikring yang desainnya terdiri dari dua strip dari logam yang disolder bersama. Titik solderan pada dua strip logam tersebu dirancang untuk meleleh pada suhu tertentu, sehingga memungkinkan kedua bagian untuk putus dan terpisah.

Bentuk sikring jenis fusible link pada mobil ini diketahui ada 2 tipe yaitu tipe kabel dan tipe box. Berikut gambar contoh sikring tipe fusible link tersebut.

sikring jenis fusible link



Sikring tipe Yazaki


Dikenal dengan sebutan Yazaki Battery Fuse Terminal (BFT), sikring jenis ini merupakan pengembangan sikring jenis fusible link yang di desain secara kompleks untuk melindungi wiring kabel aki.

Desainnya dirancang khusus untuk pengaman yang lebih baik serta untuk meringkas pemasangan harness dan kabel-kabel yang berarus besar seperti contohnya sikring Alternator untuk pengisian aki (60-100A) dan starter motor. Berikut contoh sikring tipe Yazaki

Yazaki Battery fuse  terminal

Demikianlah jenis-jenis sikring yang umumnya ada di mobil-mobil jaman sekarang, meskipun begitu, terkadang kita juga menemukan jenis-jenis sikring selain dari yang sudah di jelaskan pada artikel ini. terima kasih semoga bermanfaat
Daftar isi
    SHARE